Liang Teh Ayong, Minuman Legendaris Medan yang Hangatkan Tenggorokan

Minuman yang paling sering diburu ketika bulan puasa yakni es campur, es dawet, atau minuman dingin lainnya. Tak harus es, Teman Traveler bisa mencoba minuman hangat yang menyegarkan dan bagus untuk tubuh. Seperti yang dihidangkan di Liang Teh Ayong.

Terletak di Medan, warung satu ini sudah tersohor dan melegenda hingga kini. Penasaran seperti apa rasanya? Yuk kulik lebih dalam!

Berdiri Sejak Tahun 1948

Berdiri sejak tahun 1948, via Instagram/medanfoodblog

Dua tahun setelah merdeka, tepatnya tahun 1948 Liang Teh Ayong telah berdiri bahkan digadang menjadi pelopor teh liang di Medan. Saat ini usianya telah mencapai 71 tahun. Lebih dari setengah abad, tempat yang tampak sangat sederhana ini masih bertahan hingga sekarang.

Saking terkenalnya, banyak dari pelanggan yang datang menggunakan mobil untuk sekedar menyeruput sajian Medan legendaris ini. Tentu saja, mereka dapat menikmati minuman ini dengan membawa pulang.

Tersedia Dua Jenis Rasa

Rasa teh yang manis dan pahit, via Instagram/penjajahmakanan

Teh yang disajikan hadir dalam dua jenis rasa yakni manis dan pahit. Walaupun namanya manis, tapi rasanya tidak terlalu manis bahkan memiliki wangi yang khas. Rasanya pun tidak bisa didapatkan di teh-teh kebanyakan karena terdapat ramuan Tiongkok. Tak butuh waktu lama, kuliner Medan ini bisa Teman Traveler nikmati dengan kurun waktu kurang dari 5 menit.

Namun jangan berharap bisa menikmatinya sambil duduk manis, karena di sini hanya terdapat kursi dan meja dengan jumlah seadanya. Dan nampaknya hanya diperuntukkan bagi para peracik saja untuk beristirahat.

Bermanfaat Bagi Tubuh

Bermanfaat bagi tubuh, via Instagram/coffoodstory

Liang teh sendiri merupakan minuman tradisional khas Tiongkok yang terbuat dari rebusan bunga Krisan (Chrysanthemum) dan herbal lainnya. Diyakini dapat meredakan panas dalam. Sehingga jangan heran, Teman Traveler akan menemui rasa rempah dan aroma bunga yang didapat ketika meminumnya.

Minuman satu ini cocok diminum sehabis makan makanan berminyak seperti gorengankarena dapat melegakan tenggorokan. Selain itu, teh liang juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dan darah tinggi.

Lokasi dan Harga

Liang Teh Ayong, via Instagram/penjajahmakanan

Untuk menikmati segelas teh, Teman Traveler cukup mengeluarkan budget sebesar Rp4000an saja. Liang Teh Ayong buka setiap hari mulai dari jam 17.00 hingga pukul 23.00 malam dan tutup pada hari raya Idul Fitri. Alamat lengkapnya berada di Jl. Perniagaan. Tempat ini juga telah membuka cabang yang berada di Brastagi Supermarket & Kopitiam Manggala.

Bulan puasa nggak melulu soal berburu minuman dingin untuk berbuka. Teman Traveler bisa mencoba Liang Teh Ayong yang hangat sekaligus bermanfaat bagi tubuh. Tertarik untuk mengonsumsi teh legendaris ini?

Tags
Indonesia kuliner kuliner medan Liang Teh Ayong
Share