Tong Sampah Gunung Rinjani Tuai Pro dan Kontra, Begini Keadaannya!

Gunung adalah tempat yang indah, lalu mengapa harus ternoda dengan yang namanya sampah? Masalah tersebut sudah menjadi perhatian banyak orang. Tidak hanya para pendaki, pengelola pun juga turut memutar otak bagaimana mengatasinya. Salah cara yang bisa diterapkan adalah menyediakan tong sampah. Seperti yang terjadi di Gunung Rinjani. Sekilas memang menjadi solusi yang ampuh. Namun tunggu dulu, sosial media berkata lain.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani [image source]
Akun twitter @InfoRinjani  mengunggah sebuah foto disertai keterangan yang menyita perhatian warganet. Postingan beberapa hari yang lalu tersebut menampilkan sebuah foto tong sampah dengan bungkus makanan yang tercecer. Sebuah keadaan yang miris karena dengan tong sampah harusnya lingkungan sekitar jadi lebih bersih. InfoRinjani juga melempar pertanyaan, apakah setuju jika di Gunung Rinjani disediakan tong sampah. Ternyata hal tersebut menuai pro dan kontra.

Sampah di Gunung Rinjani
Sampah di Gunung Rinjani [image source]
Tidak sedikit yang menolak upaya tersebut karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kekhawatiran terjadi penumpukan sampah. “Lbh baik tong sampah yg dibongkar, dgn adanya tong sampah para pendaki pasti buang sampah di situ & tdk mau bw turun sampahnya, tp klu tong sampah tdk ada mau tdk mau pendaki pasti bw turun sampahnya, & berikanlah peringatan & denda bagi para pendaki yg sampahnya gk dibawa turun” balas akun @rochmat_nugraha. 

Sampah di Gunung Rinjani
Sampah di Gunung Rinjani [image source]
Akun @dodiwibowo punya pendapat lain. Menurutnya Rinjani akan bagus jika diberi tong sampah, asalkan ada syaratnya. “Rinjani bagus diberi tong sampah jika sistemnya sudah bagus. Dlm arti ada petugas rutin dibayar secara profesional yg mengurus penurunan sampah. Juga setiap grup pendaki harus didampingi 1 guide yg dikelola TN. Jika belum maka kesadaran pendaki lah yg hrs dibangun” kata Dodi.

Tanda Peringatan Gunung Rinjani
Tanda Peringatan Gunung Rinjani [image source]
Ditelisik dari InfoRinjani, ternyata memang belum ada petugas khusus yang mengambil sampah secara rutin. Lebih Lanjut, akun tersebut juga menjelaskan jika adanya tong sampah sangat kontradiksi dengan palang-palang peringatan agar pendaki membawa turun sampahnya.

Begitulah keadaan di Rinjani yang mungkin juga menjadi masalah di tempat lain. Kalau menurut kamu sendiri bagaimana? Setuju atau tidak jika ada tong sampah di gunung?

Tags
Gunung Indonesia Lombok NTB rinjani
Share