Hand Sanitizer atau Cuci Tangan, Lebih Efektif Mana Sih?

Advertisement

Berbagai macam cara mudah dilakukan dalam mencegah tertularnya virus corona, dua diantaranya adalah mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Dari dua langkah tersebut, tindakan mana yang lebih efektif untuk digunakan? Simak ulasannya agar lebih optimal dalam memutuskan langkah apa yang akan Teman Traveler gunakan.

Hand Sanitizer

Hand Sanitizer via Shutterstock
Hand Sanitizer via Shutterstock

Barang langka ini kini menjadi incaran banyak orang karena dirasa efektif untuk membersihkan tangan. Namun, tahukan Teman Traveler bahwa hand sanitizer hanya digunakan saat darurat? Beberapa alasan penggunaannya ketika dalam perjalanan jauh, kesulitan dalam mencuci tangan, dan tidak menemukan atau kesulitan dalam menemukan air bersih. Apa saja efek positif dan negatif penggunaan hand sanitizer?

Positif

  1. Efektif Digunakan ketika tangan tidak tampak kotor
  2. Mengandung 70% alkohol membuat hand sanitizer mudah menguap

Negatif

  1. Pada sebagian orang mengalami iritasi pada kulit
  2. Kuman yang mati setelah penggunaan hand sanitizer akan tetap berada di tangan

Saran : Setelah menggunakan hand sanitizer 5 kali berturut-turut, cucilah tangan Teman Traveler menggunakan air bersih untuk mencegah resistensi antiseptik.

Cuci Tangan dengan Sabun dan Air

Wash Your Hands via Shutterstock
Wash Your Hands via Shutterstock

Mencuci tangan dengan manggunakan sabun dan air bersih kini menjadi tren akibat efeknya yang sangat bermanfaat. Namun, kegiatan ini kerap menjadi halangan ketika Teman Traveler dalam perjalanan jauh yang tidak memungkinkan untuk kerap bertemu dengan air bersih maupun sabun. Tapi, kegiatan ini dirasa sangat efektif dari pada hanya menggunakan hand sanitizer. Mengapa?

Positif

  1. Sangat ramah digunakan oleh semua orang
  2. Kandungan yang terdapat di dalam sabun tidak berubah di segala kondisi
  3. Dapat digunakan berulang kali
  4. Kuman yang sudah mati, ikut terbawa air yang mengalir setelah mencuci tangan dengan sabun
  5. Efektif digunakan ketika tangan dalam keadaan tidak kotor maupaun terlihat kotor

Negatif

  1. Tidak bisa selalu dilakukan, apalagi saat perjalanan jauh

Saran : Sempatkanlah mencuci tangan meski dalam keadaan mendesak dan perjalanan panjang walaupun tidak sering

Itulah dampak positif dan negatif dalam menggunakan hand sanitizer dan sabun serta air mengalir yang bisa Teman Traveler gunakan untuk membersihkan tangan. Usahakanlah tetap mencuci tangan karena memang memiliki dampak positif yang lebih banyak jika dibandingkan dengan hand sanitiser. Jika dirasa tidak dimungkinkan untuk mencuci tangan, Teman Traveler bisa menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif. Tetap waspada dan tetaplah di rumah untuk Indonesia bebas corona!

 

Advertisement
Tags
Dampak Negatif Hand Sanitizer Dampak Negatif Mencuci Tangan Dampak Positif Hand Sanitizer Dampak Positif Mencuci Tangan Hand Sanitizer atau Cuci Tangan
Share