Laguna Cantik Pulau Bawean Gresik Yang Tak Berpenghuni

Advertisement

Berbicara tentang tempat wisata tentu selalu membuat kita bersemangat. Mengapa tidak, mengetahui tempat-tempat wisata yang indah membuat kita kagum akan kekayaan alam yang negara kita miliki. Nah, salah satu destinasi wisata keren yang sayang jika dilewatkan yaitu Pulau Bawean. Pulau Bawean merupakan salah satu pulau yang berlokasi di kabupaten Gresik. Sekitar 80 mil atau 120 km lokasinya di utara kabupaten Gresik.

Pulau cantik Noko selayar dan bawean yang menakjubkan. Foto via Kompas.com

Pulau Bawean adalah destinasi wisata bahari yang masih terbilang baru sehingga tidak banyak orang yang tahu. Pulau Bawean dijuluki sebagai Bali Van Java oleh masyarakat Bawean. Pasalnya keindahan pulau ini tidak kalah dari Pulau Bali. Disisi lain, pulau ini sering dijuluki dengan pulau Putri, mengingat para kaum adam sebagian besar merantau keluar pulau dan kaum adam lebih mendominasi tinggal di Pulau Bawean ini.

Di sini, wisatawan bisa melihat rusa Bawean. Rusa Bawean termasuk binatang langka yang hanya ada di pulau ini. Meskipun rusa bawean merupakan hewan yang dibiarkan liar di alam terbuka, wisatawan tetap tidak bisa memberi makan tanpa izin. Yang menjadi daya tarik lainnya dari Pulau Bawean adalah Danau Kastoba. Danau ini berlokasi tepat di tengah-tengah pulau, sangat menawan.

Danau Kastoba salah satu danau air tawar yang segar ditengah pulau Bawean. Foto via boyanzz.blogspot.com

Lalu, Pulau Bawean juga punya pantai yang bernama Pantai Gili. Karena tidak sering dikunjungi banyak orang, pantai ini benar-benar bersih dan sangat cocok untuk dijadikan tempat melihat sunset atau sunrise. Gradasi langit yang jingga membiru membuat atmosfer pantai Bawean sungguh menakjubkan. Uniknya lagi jarang ditemui wisatawan yang dmendatangi tempat ini. Seperti surga tersembunyi yang jauh dari tangan tangan jail para perusak alam.

Pulau Bawean yang menawan. Foto via Tripadvisor.com and boyantravel.com

Selain danau dan pantai, ada juga air terjun di Pulau Bawean yang bernama Air terjun Laccar. Air terjun ini berlokasi tepat di Desa Kebun Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura. Yang menarik dari tempat ini adalah adanya tebing yang bisa melihat pemandangan sekeliling serta kondisi alamnya yang masih asri. Meskipun belum banyak wisatawan yang datang ke sini, Pulau Bawean tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Senja di Pulau Bawean Yang menakjubkan. Fot via beritagresik.com

Sisi lain dari pulau Bawean ini tersuguhinya pulau noko selayar dan noko bawean. Keindahan Pulau Noko Bawean dan Selayar memiliki hamparan pasir putih nan bersih. Para wisatawan akan disuguhkan keindahan bunga karang serta aneka jenis dan warna ikan laut. Selain memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, Pulau Noko Selayar juga memiliki pasir pantai yang lembut dan putih. Tidak hanya itu saja, Pulau Noko Selayar diketahui memiliki laguna di sisi pantainya.

Advertisement
Tags
alam indonesia Pesona alam indonesia pesona alam nusantara Pulau Bawean Senja Nusantara
Share