Kupat Tahu & Lontong Kari Gempol, Legendaris di Bandung Sejak 1975

Advertisement

Selain wisata yang bejibun jumahnya, Bandung juga menawarkan ragam kuliner enak. Contohnya saja Kupat Tahu & Lontong Kari Gempol yang legendaris, telah ada sejak berpuluh-puluh tahun lamanya. Kupat tahu memang terkenal menjadi kuliner khas Magelang, tapi yang ada di Bandung ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Kenapa? Yuk kita bahas lebih mendalam seperti berikut ini.

Kuliner Bandung Legendaris Sejak Tahun 1975

Kupat tahu, via Instagram/the.lucky.belly
Kupat tahu, via Instagram/the.lucky.belly

Kupat Tahu & Lontong Kari Gempol atau yang biasa disebut dengan Kupat Tahu Gempol saja telah ada sejak tahun 1975. Dengan demikian, kiprahnya dalam kuliner Tanah Air telah ada kurang lebih 43 tahun lamanya. Ini merupakan warung sederhana yang hampir selalu disesaki oleh para pembeli.

Rekomendasi kuliner, via Instagram/renibean
Rekomendasi kuliner, via Instagram/renibean

Ibu Yayah yang merupakan sang penjual telah memulai usaha ini sejak tahun 1975. Ia ternyata meneruskan usaha kakanya, Ibu Hajar yang telah berjualan sejak tahun 1965. Tidak sendiri, Ibu Yayah dibantu oleh suaminya yang bernama H. Achdan dan Nuraeni yang merupakan anak perempuannya.

Kenikmatan Dalam Satu Porsi Kupat Tahu dan Lontong Kari

Menu yang mantap, via Instagram/eatandleisure
Menu yang mantap, via Instagram/eatandleisure

Menu utama yang laku keras di sini adalah kupat tahu. Biasanya, dalam satu porsi akan ada kupat/lontong, tahu, taoge, dan juga saus kacang. Ditambah dengan kerupuk kanji merah dan gendar sebagai ciri khasnya. Salah satu rahasianya adalah tahunya berasal dari Cibuntu yang memang menjadi pusat industri tahu rumahan. Istimewanya di sini, sausnya kental halus dengan bercak minyak berwarna oranye.

Sang penjual memberikan saus kacang dengan begitu royal. Sehingga, seringkali sausnya masih tersisa meskipun lontong dan tahunya sudah habis. Saus kacang di sini dibuat dari perpaduan santan, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Citarasanya gurih halus dan sedikit pedas dan segar dari asam Jawa.

Lontong Kari Gempol, via Instagram/ririnmakan
Lontong Kari Gempol, via Instagram/ririnmakan

Selain kupat tahu, ada pula lontong kari yang bisa dicoba. Ini memang merupakan menu yang terbilang baru, tapi sudah berhasil merebut perhatian para pengunjung. Lontong disajikan dengan kuah kari yang encer, kemudian ditambah dengan telur rebus dan taburan gorengan bawang merah dan kerupuk kanji. Kuahnya memiliki rasa rempah yang enak ditambah dengan tekstur daging yang empuk, cocok untuk sarapan.

Alamat Kupat Tahu & Lontong Kari Gempol

Kuliner mantap, via Instagram/lets.go.eat
Kuliner mantap, via Instagram/lets.go.eat

Kupat Tahu & Lontong Kari Gempol ini berada di Jl. Gempol Kulin No. 53 Citarum, Bandung. Lokasinya berada di kawasan Pasar Gempol. Untuk mencapai lokasi ini, Teman Traveler bisa masuk dari Jl. Bahureksa di belakang kawasan Jl. Riau. Jam bukanya mulai dari 06:00 sampai dengan pukul 12:00 WIB. Selain di Pasar Gempol, ada yang di Setiabudi, Dago, dan Lapangan Gasibu. Harga kupat tahunya Rp15.000 saja.

Bisa masuk dalam list kuliner yang dikunjungi saat traveling ke Bandung. Lebih nikmat lagi jika dalam kondisi yang masih hangat. Mau coba?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat kari gempol kuliner bandung Kupat Tahu & Lontong Kari Gempol kupat tahu gempol
Share