Kuliner Khas Labuhanbatu, Daerah Asal Paskibraka yang Batal Berangkat!

Pernah mendengar tentang Labuhanbatu? Kawasan ini memiliki sedereta wisata alam yang memukau. Di antaranya adalah Puncak Hoza, Pulo Bisky, dan lain-lain. Ternyata, kuliner khas Labuhanbatu yang tak bisa dianggap remeh. Ada apa saja, ya?

1. Gulai Asam Ikan Baung

Gulai Ikan Baung Khas Labuanbatu via Instagram @stanzazone

Gulai asam dari Labuhanbatu khas dengan adanya Ikan Baung sebagai olahan utamanya. Sajian ini bisa dengan mudah ditemukan di warung di sekitar pinggiran sungai Kualuh. Harga berkisar sekitar 30 ribuan dan sudah mendapatkan nasi.

2. Terubuk

Olahan Ikan Terubuk via Instagram @cjshen77

Kuliner khas Labuhanbatu lainnya adalah Terubuk. Masakan ini menggunaka ikan sebagai bahan dasarnya. Jadi sangat spesial karena disajikan bersamaan dengan telur ikan terburuk.

Telur ikan terubuk dikeringkan terlebih dahulu sebelum diolah. Selanjutnya, ikan akan dipanggang dan diolesi dengan bumbu yang pedas dari cabai, tomat dan sayuran lain. Bahan untuk kuliner ini harganya yang cukup mahal, hingga mencapai 200-250 ribuan per kilogram. Harga yang cukup mahal untuk ukuran ikan, bukan?

3. Anyang Ayam

Anyang Ayam Khas Labuhanbatu via Instagram @qmunklubis

Anyang ayam adalah masakan khas Labuhanbatu yang menggunakan sayuran sebagai campuran ayam. Hampir sama dengan urap yang ada di Jawa, namun Anyang menggunakan tambahan ayam. Tambahan ayam di ‘urap’ khas Labuhanbatu ini bisa menambah rasa sedap untuk santap siang Teman Traveler.

4. Anyang Buas-buas

Anyang buas-buas khas Labuhanbatu via Facebook Syamsul Qodri

Anyang buas-buas mempunyai bentuk seperti urap namun menggunakan pucuk daun buas-buas yang berada di sekitaran Labuhanbatu. Rasa daun ini lembut, sehingga cocok untuk dipadukan dengan sayuran seperti urap.

Kalau Teman Traveler bermain ke Labuanbatu, jangan ragu-ragu untuk mencicipi kuliner khas yang mempunyai racikan unik. Karena Kulineran khas Labuhanbatu punya khas yang jarang ditemukan di tempat lain.

Tags
Indonesia kuliiner indonesia Kuliner labuhanbatu makanan khas labuanbatu paskibra labuhanbatu
Share