Mencicipi Lezatnya Warung Tegal Langsung dari Asalnya

Warteg identik dengan kalangan menengah ke bawah. Menunya yang beragam dan harga terjangkau menjadi daya tarik yang membuatnya tetap eksis hingga saat ini. Di Jakarta saja ada banyak yang tersebar dan memiliki langganan sendiri-sendiri. Lalu seperti apa warteg di daerah asalnya yaitu Tegal? Cari tahu sendiri dengan datang ke beberapa tempat berikut ini:

1. Warteg Selera

Ilustrasi menu di Warteg [image source]
Mungkin banyak yang penasaran dengan rahasia di balik kesuksesan warteg yang ada di mana-mana layaknya Rumah Makan Padang. Kamu akan menemukan jawabannya saat mampir ke Warung Selera. Meski nampak sederhana di pinggir jalan, rasanya mantap jiwa. Jika kamu melwati Jalan Banjaranyar-Tegal bisa langsung belok mesuk Jalan Werkodoro, letaknya ada di depan Pasar Langon.

Ilustrasi menu di Warteg [image source]
Lokasi : Jl. Werkudoro, Slerok, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah

2. Warteg Bu Supri

Ilustrasi Warteg Bu Supri [image source]
Nasi dengan berbagai macam lauk seperti mie dan tumis hampir selalu ada di setiap warteg, termasuk milik Bu Supri. Saat siang dan dilanda lapar, mampirlah untuk mencoba resep-resep asli Tegal lengkap dengan minuman yang menyegarkan. Harga per porsi juga hampir sama dengan tempat lain, keluarkan sekitar puluhan ribu rupiah, kamu akan kenyang dan puas banget. Jika masih kurang, kamu bisa datang ke kedai Sate Kembing Muda Sari Mendo. Jaraknya hanya 280 meter dari Warung Bu Supri, tentu bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Ilustrasi Warteg Bu Supri [image source]
Lokasi : Jl. Kapten Sudibyo, Randugunting, Tegal Sel., Kota Tegal, Jawa Tengah

3. Warteg Ibu Atun

Ilustrasi Warung Tegal [image source]
Krandon merupakan area yang terkenal sebagai salah satu tempat cikal bakal warteg. Di sana ada warteg bernama Warung Barokah Ibu Atun dengan menu beragam dan pastinya lezat. Lokasinya tak jauh dari Tol Pejagan di jalur Pantura, jadi saat mudik nanti kamu bisa sekalian mampir ke warung ini. tempatnya juga nyaman digunakan sebagai lokasi istirahat setelah perjalanan jauh.

Makan di Warung Tegal [image source]
Lokasi : Krandon, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah

Telepon : 0857-4208-9000

4. Warteg Moncer

Ilustrasi warteg [image source]
Berniat ingin jalan-jalan ke objek wisata Tegal seperti Alun-alun? Jangan cuma menikmati kesejukan taman kotanya saja. Rugi banget kalau tidak sekalian kulineran. Jatuhkan pilihan pertama pada Warteg Moncer. Jika berangkat dari arah Brebes, letaknya ada di jalur utama sebelum Alun-alun. Jika kamu kebetulan menginap di Primebiz Tegal juga bisa ke sini saat makan siang. Jaraknya sekitar 350 meter, cukup dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Ilustrasi warteg [image source]
Lokasi : Jl. Kolonel Soegiono No.36, Pekauman, Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah

Telepon : 0852-2774-1225

5. Warteg Japasun

Ilsutrasi Warteg [image source]
Pasti ada keseruan tersendiri saat mencicipi menu yang dibuat oleh orang Tegal asli, di tempat asalnya pula. Jika kamu jeli pasti akan menemukan sedikit perbedaan dari kuliner serupa di kota lain. Untuk rasa yang otentik, cobalah memilih Warteg Japasun. Nasi dengan sayur-sayuran serta sambal pasti jadi sandingan yang nikmat saat liburan atau sekadar melintas. Dari Stasiun Tegal, Warung Japasun ini bisa ditempuh hanya dengan perjalanan 3 menit saja.

Ilsutrasi Warteg [image source]
Lokasi : Kejambon, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah

Masih banyak Warteg lain yang menjual makanan enak. Bahkan ada beberapa tempat yang menjual  spesial seperti sate dan gulai. Mudik lewat Tegal? Pasti seru sekali.

Tags
kuliner kuliner tegal wisata tegal
Share