Rayakan Idul Fitri di Negeri Jalur Sutera? Jangan Lewatkan Mencoba Kuliner Uzbekistan Ini

Uzbekistan selama ini kondang memiliki tambang emas terbuka terbesar di dunia. Karena hal itulah, banyak juga orang-orang yang menjadikan Uzbek sebagai destinasi wisata. Buat Teman Traveler yang menghabiskan lebaran Idul Fitri di Uzbekistan, jangan lupa mencoba berbagai kuliner yang ada di sana. Berikut ini ada kuliner Uzbekistan yang bisa dijajal kelezatannya.

Palov

Palov, via Instagram/escape_in_central_asia
Palov, via Instagram/escape_in_central_asia

Palov merupakan hidangan utama yang terbuar dari nasi basmati yang dicampur dengan potongan daging kambing ataupun domba. Kemudian ditambah dengan bahan-bahan seperti halnya potongan wortel, kismis, buncis, dan tak ketingalan bawang. Hidangan ini kerap jadi santapan saat Hari Raya, seperti halnya Idul Fitri, jangan sampai melewatkan kuliner mengenyangkan ini.

Dolmas

Dolmas dan hidangan lain, via Instagram/novysf
Dolmas dan hidangan lain, via Instagram/novysf

Kuliner Uzbekistan memang banyak dipengaruhi oleh makanan Turki dan Asia Tengah. Jangan kaget jika nanti kamu menemukan dolmas. Yakni hidangan yang berbahan dasar daging giling yang dicampur dengan bawang, garam, dan juga lada hitam. Kemudian dibungkus dengan lembaran daun anggur muda yang memberikan sensasi rasa yang memikat.

Dolmas, via Instagram/globalfoodtraveler
Dolmas, via Instagram/globalfoodtraveler

Supaya gulungan tidak terlepas, bisanya diikat. Dan dolmas dimasak di dalam panci, tambahkan air, mentega, dan tentunya rempah supaya rasanya makin mewah.

Shurpa

Shurpa, via Instagram/restoran_shurpa
Shurpa, via Instagram/restoran_shurpa

Ada lagi kuliner lainnya yang disebut dengan shurpa atau shorva. Ini merupakan kuliner yang terbuat dari potongan daging kambing dipotong cukup besar. Bisanya dicampur dengan bahan sayuran segar seperti halnya lobak, kentang, wortel, kacang polong, dan lain-lain. Cocok sekali disantap saat udara sedang dingin.

Uzbek Samsa

Uzbek Samsa, via Instagram/mugaddi
Uzbek Samsa, via Instagram/mugaddi

Tidak hanya menu berat, kamu juga bisa menyantap samsa. Ini merupakan kuliner khas Uzbekistan yang terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan daging domba, daging sapi, jamur, sampai deengan labu. Nah, bentuk samsa ini adalah segitiga yang rasanya renyah di luar namun lembut di dalam. Disajikan bersama dengan teh juga tambah nikmat saja.

Uzbekistan memang merupakan salah satu negara yang cukup menggiurkan buat dieskplore ya Teman Traveler. Semoga kita memiliki kesempatan untuk berkunjung dan mencicipi berbagai makanannya.

Tags
kuliner uzbek kuliner uzbekistan makanan uzbekistan
Share