Mulai dari Selingkuh Sampai Bom Atom, Ini Kuliner Unik dari Kepulauan Seribu

Setiap daerah memiliki kuliner khas yang membuatnya orang ingin kembali berkunjung. Seperti halnya di Kepulauan Seribu, ada ragam makanan dengan nama nyentrik yang mungkin baru kamu tahu. Kawasan ini sangat terkenal dengan wisata baharinya. Namun, tidak sedikit kuliner yang menyita perhatian banyak orang. Berikut ini jajaran kuliner unik dari Kepulauan Seribu yang sayang jika tidak dicoba. Apa saja, ya.

Selingkuh

Kue selingkuh, Via Instagram indrawati_sugianto_angir
Kue selingkuh, Via Instagram indrawati_sugianto_angir

Kuliner unik dari Kepulauan Seribu yang pertama bernama Selingkuh. Ini merupakan jajanan yang bisa dibilang mirip lemper. Bedanya, ini dibuat dari bahan dasar beras yang dipadu dengan santan kelapa, lalu bagian tengahnya diisi abon ikan dan dibungkus dengan daun pisang. Jika dilihat sekilas, penampilannya menyerupai kue nagasari dari Jawa yang terkenal.

Kue Maco

Kue Maco, Via Instagram catherinnryann
Kue Maco, Via Instagram catherinnryann

Dikenal dengan nama kue maco di Kepulauan Seribu. Namun, kue ini disebut onde-onde di daerah lainnya. Bahan dasar pembuatannya juga sama dengan onde-onde pada umumnya. Bedanya, jika biasanya berisi kacang hijau atau bahan-bahan manis lainnya, kue maco ini diisi dengan ikan. Sudah menjadi rahasia umum jika Kepulauan Seribu memang terkenal dengan hasil ikannya. Ini merupakan salah satu kuliner unik dari Kepulauan Seribu yang wajib dicoba.

Sengkulun

Sengkulun, Via Instagram zikriyahya
Sengkulun, Via Instagram zikriyahya

Ada kue khas Kepulauan Seribu lainnya yang disebut dengan sengkulun. Ini merupakan kue yang memiliki permukaan berbintil kasar berwarna cerah. Tekstur dari jajanan ini adalah kenyal tapi lembut saat digigit. Bahan baku utama pembuatan kue yang sangat unik dari Kepulauan Seribu ini adalah tepung ketan. Sangat mantap dinikmati bersama dengan yang hangat-hangat saat sore hari.

Pu Cue

Pucue, Via Instagram rptra.tanjungelang
Pucue, Via Instagram rptra.tanjungelang

Palembang punya pempek, Kepulauan Seribu memiliki Pu Cue yang kurang lebih bahan pembuatnya sama. Antara lain adalah daging ikan, sagu, dan juga terigu. Pu Cue ini bisa dikudap secara langsung atau jadi teman makan bahan berat. Misalnya saja jadi tambahan mie. Dinikmati dengan sambal kacang saja juga sudah enak.

Bom Atom

Kue Bom Atom berwarna pink, Via Website Adira.com
Kue Bom Atom berwarna pink, Via Website Adira.com

Selanjutnya ada kuliner lain yang sangat unik bernama Bom Atom. Merupakan kudapan yang terbuat dari tepung terigu, telur dan mentega. Adonan tersebut dibentuk lonjong lalu digoreng. Setelah matang lalu dicelupkan ke dalam karamel gula yang sebelumnya sudah diberi pewarna. Penampilannya sangat cantik dan membuat orang-orang tertarik.

Itulah ragam kuliner dari Kepulauan Seribu yang nyentrik dengan nama yang unik. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk menjajal berbabagi kuliner yang sudah disebutkan di atas?

Tags
Indonesia Kepulauan Seribu kuliner kuliner unik kepulauan seribu
Share