10 Kuliner Unik dari Ciamis yang Bikin Jalan-jalan Makin Eksis

Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Selain menyuguhkan destinasi wisata, daerah ini juga menawarkan banyak kuliner khas yang unik dan enak. Buat Teman Traveler yang berencana jalan-jalan ke Ciamis, ada banyak kuliner khas yang bisa untuk dicicipi kenikmatannya. Berikut ada setidaknya 10 kuliner unik dari Ciamis yang bikin jalan-jalan makin eksis.

1. Galendo merupakan kuliner yang terbuat dari sari kelapa yang diendapkan selama beberapa waktu. Rasanya sekarang sudah beragam, ada lemon, apel, stroberi, cokelat, susu, dan lain-lain.

Galendo, Via Instagram eka.oct
Galendo, Via Instagram eka.oct

2. Kuliner khas Ciamis selanjutnya yang unik adalah cocorot. Ini merupakan kuliner tradisional yang terbuat dari bahan beras, gula aren yang kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda yang dibentuk mirip terompet.

Cocorot, Via Instagram enyjse
Cocorot, Via Instagram enyjse

3. Saroja merupakan camilan yang bentuknya menyerupai bunga seroja. Rasanya gurih dan teksturnya garing, membuat mulut tak berhenti mengunyah. Saroja ini menyerupai kembang goyangnya orang Betawi.

Kue saroja, Via Instagram evi_evai
Kue saroja, Via Instagram evi_evai

4. Ciamis juga memiliki kuliner bernama kecimpring yang merupakan kudapan yang berbahan dasar singkong yang dipadukan dengan rempah-rempah khas Indonesia. Rasanya cenderung gurih dan sudah enak dimakan begitu saja.

Kecimpring, Via Instagram bdgsociety
Kecimpring, Via Instagram bdgsociety

5. Kuliner unik lainnya yang berasal dari Ciamis adalah teng-teng. Ini merupakan kuliner yang berbahan dasar dari beras. Citarasanya sendiri adalah manis. Cocok buat Teman Traveler pecinta kudapan manis.

Tengteng, Via Instagram bogorsnack
Tengteng, Via Instagram bogorsnack

6. Selanjutnya ada gurandil, kuliner khas Ciamis yang terbuat dari tepung tapioka dan memiliki warna-warna yang menggugah selera. Misalnya saja ada warna pink atau merah muda ataupun juga hijau. Rasanya cenderung gurih manis karena tambahan parutan kelapa.

Gurandil, Via Instagram chieandriyani
Gurandil, Via Instagram chieandriyani

7. Selanjutnya ada gulampo yang memiliki citarasa manis. Rasa legit ini berasal dari baluran gula di dalam tape atau peuyeum. Lengket-lengket saat disentuh. Kuliner yang cocok dikudap untuk Teman Traveler pecinta rasa manis.

Gulampo, Via Instagram ranimae28
Gulampo, Via Instagram ranimae28

8. Sagon adalah kuliner khas orang Ciamis yang cukup populer menjelang Lebaran tiba. Sagon merupakan kudapan yang terbuat dari kelapa yang dicampur dengan gula. Teksturnya keras tapi banyak yang suka. Enak dikudap dengan teh ataupun kopi hangat.

Sagon, Via Instagram dapoersikoko
Sagon, Via Instagram dapoersikoko

9. Awug juga merupakan salah satu kuliner unik dari Ciamis yang perlu untuk dinikmati rasanya. Maka dari itulah, jangan segan-segan untuk mencobanya.

Awug, Via Instagram tukangjajanid
Awug, Via Instagram tukangjajanid

10. Kuliner unik dari ciamis lainnya adalah dodol wajit yang terbuat dari banyak bahan. Mulai dari beras ketan, kacang hijau, kacang merah, labu dan lain-lain. Ini merupakan kuliner dengan citarasa manis. Bisa dicicipi ya.

Dodol wajit, Via Instagram dinar.nurna
Dodol wajit, Via Instagram dinar.nurna

Itulah 10 kuliner khas Ciamis yang unik dan bisa Teman Traveler cicipi kenikmatnya jika berkunjung ke Tatar Galuh ya. Semoga Teman Traveler bisa berkesempatan untuk mencicipi satu per satu kuliner yang disebutkan di atas. Semoga beruntung ya.

Tags
alam indonesia Ciamis Jawa Barat kuliner kuliner unik dari ciamis
Share