Kuliner Tradisional khas Batam, Gurihnya Bikin Ketagihan

Batam merupakan kota terbesar terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Ada banyak wisata, termasuk pantai buatan yang nggak kalah indah dengan wisata bahari alami. Lebih dikenal sebagai tempat transit jika ingin ke Singapura, Batam memiliki kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah beberapa kuliner tradisional khas Batam yang gurihnya bikin ketagihan. Catat daftarnya, ya.

Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam via Instagram @agita_ouw

Jika biasanya lebih sering mengetahui ikan dimasak dengan santan, sop ikan Batam ini berbeda. Ikan tenggiri digunakan sebagai bahan utama masakan sop dengan kuah bening. Bagi sebagian orang mungkin menganggap bahwa sop ikan memiliki bau dan rasa amis. Namun Sop Ikan Batam ini bercitarasa gurih dan menyegarkan. Ikan tenggiri dalam sop ini memiliki tekstur empuk. Kurang lengkap rasanya kalau Teman Traveler tidak mencicipi Sop Ikan Batam ketika berkunjung ke kota ini.

Luti Gendang

Luti Gendang via Instagram @mrollieid

Luti gendang merupakan roti goreng bercitarasa gurih berisi abon ikan tongkol. Masyarakat Batam biasa menyebut isian roti ini sebagai sambal lumat. Camilan ini sebenarnya bernama Roti Gendang, lebih dikenal dengan sebutan luti konon karena dahulu penjual roti ini sebagian besar penduduk keturunan Tionghoa yang cadel. Jadilah roti disebut luti. Sebenarnya kuliner tradisional khas Batam satu ini tidak hanya bisa ditemui di Batam tapi hampir di setiap sudut Kepulauan Riau. Namun memang lebih populer di Batam daripada di kawasan lain di Kepulauan Riau.

 

Sotong Masak Hitam

Sotong Masak Hitam via Instagram @sbsresort

Sotong masak hitam merupakan salah satu masakan khas Melayu. Pecinta seafood bisa menjajal panganan yang banyak dijajakan oleh warung hingga restoran di Batam ini. Sotong dipotong – potong kemudian dimasak bersama dengan tintanya, menimbulkan warna hitam legam. Jangan khawatir, walau berwarna hitam namun masakan ini memiliki citarasa gurih dan sedap cocok dimakan dengan nasi hangat.

Gulai Kepala Ikan Asam Pedas

Gulai Kepala Ikan Asam Pedas via Instagram @adityapriyah

Kuliner khas Melayu memang terkenal dengan asam pedasnya. Salah satu bahan yang biasa diolah asam pedas adalah ikan, baik ikan laut maupun tawar. Bagian ikan yang nikmat dijadikan olahan ini adalah kepala. Citarasa asam pedas gurih didapat dari perpaduan asam Jawa dan cabai kering, juga ditambah lada hitam agar pedasnya lebih terasa.

Wah, ternyata ada banyak kuliner tradisional khas Batam yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan Teman Traveler mencicipi deretan kuliner tradisional khas Batam di atas saat berkunjung ke kota ini. Bagaimana, kapan nih mau liburan lagi?

Tags
batam Indonesia kuliner Kuliner Tradisional khas Batam
Share