Liburan di Desa Wisata Malasari Bogor, Indah dan Segarnya Nggak Bohong

Teman Traveler yang sering mengunjungi wisata Bogor, mana suaranya? Kota Hujan satu ini memang tidak pernah membosankan. Ada banyak wisata alam yang menarik hati, beragam kuliner Bogor pun bikin selalu rindu untuk kembali. Ada lagi nih yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Desa Wisata Malasari. Tidak tanggung-tanggung, kawasan yang mulai dibuka pada 2015 ini luasnya membentang dari Taman Nasional Halimun Bogor sampai ke kawasan sekitar Taman Nasional Kabandungan Sukabumi. Penasaran? Yuk lihat lebih dekat.

1. Bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun

Desa Wisata Malasari, Bagian dari Taman Nasional Halimun
Desa Wisata Malasari, Bagian dari Taman Nasional Halimun via Instagram/moeaerial

Luas Desa Wisata Malasari secara administratif adalah 6.470 hektare. Ia menjadi bagian paling besar dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun. Berada dan menjadi bagian paling luas di wilayah pegunungan, kekayaan alam yang dimiliki kawasan ini tidak main-main. Teman Traveler akan menemukan banyak flora dan fauna yang membuat liburan bertambah seru dan menyenangkan.

2. Terdapat Keanekaragaman Hayati

Desa Wisata Ini Punya Banyak Keanekaragaman Hayati
Desa Wisata Ini Punya Banyak Keanekaragaman Hayati via Instagram/kikidzikrulloh

Sebanyak 78% kawasan Taman Nasional Gunung Halimun adalah bagian dari Desa Wisata Malasari. Dengan kekayaan flora dan faunanya, Malasari menjadi kawasan dengan macam-macam ekosistem yang ada di hutan hujan tropis. Beragam endemik hutan hujan dataran rendah juga berkumpul semua di kawasan ini. Seperti Macan Tutul, Elang Jawa, Owa Jawa dan Kukang.

3. Tambah Asri dengan Perkebunan Teh Nirmala Agung

Melepas Sejenak Beban di Atas Perkebunan Teh Nirmala Agung
Melepas Sejenak Beban di Atas Perkebunan Teh Nirmala Agung via Instagram/afip_fle23

Di Desa Wisata Malasari, Teman Traveler juga bisa menikmati sensasi berdingin-dingin di kawasan Perkebunan Teh Nirmala Agung. Kawasan perkebunan ini dibentuk sedemikian rapi sejak zaman Belanda oleh para leluhur kampung. Hamparan hijau daun teh yang luas, terlihat eksotis saat sore datang. Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa air terjun dan sungai. Keberadaan mereka semakin mendukung keistimewaan kawasan ini.

4. Kampung Ekowisata

Meraih Penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award 2017
Meraih Penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award 2017 via Instagram/jiselajisel

Konsep desa wisata ini adalah Wisata Ramah. Yaitu, sebuah konsep yang menjadi landasan perilaku para pelaku wisata di Desa Malasari untuk menjunjung tinggi kelestarian alam dan keberlangsungan lingkungan. Konsep yang dijunjung pengelola kawasan ini membuahkan penghargaan.

Pada 2017 lalu, Desa Wisata Malasari mendapatkan penghargaan dari Indonesia Sustainable Tourism Award 2017. Kampung Ekowisata Halimun Salak Desa Wisata Malasari memenangi perunggu hijau dalam kategori Pelestarian Lingkungan. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada September 2017 lalu. Wah bisa dibayangkan ya, betapa kawasan ini sangat dijaga keasriannya.

Bogor dengan karakteristik alamnya yang luar biasa, menyimpan banyak pesona. Desa Wisata Malasari adalah salah satu yang siap mengesankan Teman Traveler semua. Jadi kapan mau menikmati sejuk dan asrinya kawasan ini?

Tags
Bogor Desa Wisata Malasari Indonesia Jawa Barat Wisata
Share