Tak Melulu Ayam Betutu, Tiga Kuliner Tradisional Bali Ini Juga Wajib Dicoba

Tak hanya kaya akan panorama alam, ada sederet kuliner Bali yang wajib Teman Traveler coba. Tak melulu ayam betutu, Pulau Dewata juga punya sajian makanan khas lainnya, seperti tipat blayag, sop kaldu ikan, dan masih banyak lagi.

Sate lilit ikan (c) Rosita/Travelingyuk

Penasaran? Yuk, simak deretan rekomendasi kuliner tradisonal Bali yang pantang Teman Traveler lewatkan, lengkap beserta informasi di mana menemukannya.

Tipat Blayag

Tipat Blayag (c) Rosita/Travelingyuk

Bila sedang bepergian ke Bali utara, khususnya Singaraja, sempatkan
untuk mencicipi Tipat Blayag. Kuliner tradisional Bali ini bisa dengan mudah kalian temukan di sekitar sana. Namun, bagi kalian yang berada di Denpasar, jangan khawatir. Sajian ini masih bisa dicicipi di sekitar Jalan Tukad Yeh Aya.

Tipat merupakan sebutan untuk ketupat dalam Bahasa Bali. Seporsi Tipat Blayag biasanya terdiri dari tipat, telur, ayam suwir, serta sambal. Semua bahan tersebut lantas disiram dengan kuah santan gurih. Sebagai pelengkap biasanya ditaburi kacang kedelai goreng untuk menambah rasa gurih Bagaimana, penasaran mencicipi?

Tipat Tahu Gerenceng

Tipat Tahu Gerenceng (c) Rosita/Travelingyuk

Pernah makan ketupat dan tahu dalam satu piring? Jika di daerah sekitar Jakarta kuliner semacam ini biasa disebut ketoprak, di Bali justru dikenal dengan nama Tipat Tahu. Salah satu yang cukup terkenal adalah Tipat tahu Gerenceng di Denpasar. Kalian wajib mampir ke tempat kuliner legendaris Bali ini yang ada di Jalan Sutomo.

Namun beda dengan Ketoprak, dalam proses pembuatan Tipat Tahu bumbu justru diracik lebih dulu. Istilahnya dijadikan sebagai ‘alas’ untuk tahu dan bahan lain seperti kecambah segar, bawang goreng, dan kerupuk udang. Uniknya lagi, bumbu Tipat Tahu diracik manual di atas piring, sesaat sebelum disajikan.

Sate Lilit, Pepes dan Sop Kaldu Ikan

Sate Lilit (c) Rosita/Travelingyuk

Belum lengkap rasanya berlibur ke Pulau Bali tanpa mencoba Sate Lilit yang khas. Teman Traveler bisa mencicipi kuliner ini di Warung Ari. Kedai mereka ada di Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar. Tak sulit menemukannya, mengingat lokasi warung berada di tepi jalan.

Di sini Teman Traveler bisa mencicipi tiga kuliner tradisionala Bali sekaligus. Selain Sate Lilit, ada juga pepes dan sop kaldu ikan laut. Beda dengan sate biasa, Sate Lilit di sini menggunakan daging ikan yang dicincang halus dan dicampur bumbu. Setelah dikepal-kepal di batang serai atau bambu, sate lantas dibakar. Aroma yang tercipta benar-benar khas, membuat kuliner khas Pulau Dewata ini terasa begitu nikmat.

Itulah sekilas ulasan kuliner tradisional Bali yang wajib Teman Traveler cicipi. Yuk, segera wujudkan rencana liburan ke Pulau Dewata dan jangan
lupa mampir ke tempat-tempat di atas untuk mencicipi rasa uniknya, ya. 

Tags
Bali Indonesia kontributor kuliner bali Travelingyuk
Share