Kuliner Serba Duren, Enaknya Nagih dan Malas Bagi-bagi

Siapa nih yang pecinta durian? Buah dengan aroma menyengat tapi membius ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Meski banyak yang tergila-gila dengan ‘Raja dari Segala Buah’ ini, namun tak sedikit pula yang tak tahan dengan baunya yang super tajam. Meski demikian, hal ini tak menghalangi para kreatif kuliner untuk melakukan eksplorasi. Nah, kuliner serba duren di bawah ini bisa dicicipi. Siapa tahu, ini yang akan membuatmu jatuh cinta dengan durian. Apa saja, ya?

1. Martabak Duren

Martabak Durian
Martabak Durian via Instagram/@the.lucky.belly

Tak hanya memakannya dalam bentuk buah langsung, kamu juga bisa mencoba buah durian dengan campuran camilan favorit. Salah satunya adalah martabak manis atau yang juga dikenal dengan sebutan terang bulan. Biasanya, kue bundar dengan adonan tepung ini menggunakan meses coklat, keju, dan kacang sebagai topping. Ternyata, menggunakan durian sebagai campuran isian terang bulan juga membuat makanan ini memiliki kenikmatan yang berkali-kali lipat. Kamu bisa mencoba martabak duren di Martabak Koko di Beji. Ada juga Martabak Pandan dengan isian keju dan duren di The Martabux di Supermall Karawaci.

Martabak Durian di Jogja
Martabak Durian di Jogja via Instagram/@jogjafoodhunter

2. Roti Maryam Duren

Roti Maryam Duren
Roti Maryam Duren via Instagram/@durenmadu

Beberapa negara, seperti India dan Singapura menyebut roti maryam dengan roti canai. Camilan ini banyak dijual dengan topping keju dan coklat. Bahkan di Indonesia, roti maryam kadang disajikan dengan kari kambing. Kini kamu juga bisa mencicipinya dengan durian sebagai pemanis. Tak hanya itu, rotimu akan ditambah dengan lelehan susu kental manis dan parutan keju. Hmm, jadi penasaran bagaimana rasanya, ya. Untuk mencoba kuliner serba duren yang satu ini, mampir saja ke Pohon Durian yang ada di Bandung.

Roti Maryam dengan duren
Roti Maryam dengan duren via Instagram/@durenmadu

3. Duren Bakar

Durian Bakar
Durian Bakar via Instagram/@bicarasehatyuk

Bukan hanya ayam dan ikan saja yang bisa dibakar. Ternyata duren bakar juga bisa menjadi kuliner enak yang bikin nagih. Ada yang membakar durian langsung dengan kulitnya. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah membuka kulitnya. Tak hanya itu, aromanya yang menyengat pun hilang. Cocok nih bagi yang ingin coba buah ini namun tak kuat dengan aromanya. Ada juga yang membakar daging durian yang ditutup alumunium foil. Dari wanginya saja sudah sangat menggoda, apalagi sensasi ala kuliner bakaran yang membuatnya semakin semerbak. Mampir saja ke Pohon Durian, juga Tahu Susu Lembang, untuk mencoba kuliner jenis ini.

Durian Bakar enak
Durian Bakar enak via Instagram/@miftah.fadly

4. Sus Duren

Sus Duren
Sus Duren via Instagram/@belahdoeren

Pernah tahu kue sus? Kue asal Belanda ini berbentuk bundar dengan rongga di dalamnya. Biasanya kue sus diisi fla atau daging. Terbaru, ada sus duren di Bandung. Rasa asin dan gurih dari sus akan berpadu dengan manis khas dari durian. Kamu bisa mencoba jajanan ini di Belah Doeren, Bandung. Bisa juga membungkusnya untuk oleh-oleh. Sekali gigit, durennya meleleh dan membuatmu tidak bisa berhenti ngunyah. Adonan luarnya pun terdiri dari dua pilihan, mau yang original atau kenyal. Yakin tak ingin coba?

Sus Durian
Sus Durian via Instagram/@belahdoeren

5. Brownies Duren

Brownies Duren
Brownies Duren via Instagram/@belahdoeren

Mana nih suaranya pecinta coklat? Pasti kenal dong dengan kue brownies yang identik dengan coklat padat? Jajanan yang satu ini memang tidak susah dicari. Topping-nya pun sudah beragam, ada yang pandan, keju, hingga tiramisu. Paling baru nih, sudah coba brownies durian? Di tengah kue coklat yang memikat, ada durian yang manisnya langsung meleleh dalam mulut. Belum lagi kacang yang menjadi topping gurihnya. Kalau penasaran bagaimana rasanya, mampir saja ke Belah Doeren saat liburan ke Bandung.

Brownies Durian
Brownies Durian via Instagram/@belahdoeren

Bagi yang mengaku pecinta buah ini, wajib mencicipi berbagai kuliner serba duren di atas. Olahan seperti ini cocok juga untuk yang penasaran dengan rasa raja dari segala buah. Bagaimana, kamu mau coba yang mana?

Tags
Indonesia kuliner serba duren
Share