Kuliner Serba Bakaran yang Unik, Wanginya Bikin Ngiler

Banyak yang tak bisa menolak godaan dari masakan goreng-gorengan. Dari ayam, ikan, hingga camilan gorengan kriuk yang bikin kita susah berhenti makan. Namun, wangi dari masakan bakaran juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Di bawah ini adalah kuliner serba bakaran yang unik. Ternyata tak hanya sate dan ayam bakar. Apa saja, ya?

1. Kepiting Bakar

Kepiting bakar
Kepiting bakar via Instagram/@ladysphotostory

Tak hanya daging sapi atau ayam saja yang enak dimasak dengan cara dibakar. Ternyata kepiting pun juga cukup mengundang selera. Pengolahannya dengan cara dibungkus dengan daun, lalu dibakar di bara arang. Dengan begitu, bara tak akan membuat warna cantik kepiting menjadi gosong. Kamu bisa mencoba masakan satu ini di berbagai kedai seafood. Kalau malas keluar rumah, kamu bisa memesan di Seafood Arjuna lewat telepon, lho. Praktis dan langsung kenyang.

Kepiting bakar asap
Kepiting bakar asap via Instagram/@seafoodarjuna

2. Bakso Bakar

Bakso bakaran
Bakso bakaran via Instagram/@nyobaindoang_

Kuliner merakyat, bakso, memang memiliki banyak penggemar. Bola-bola daging ini biasanya disajikan dengan kuah gurih. Ternyata, bakso yang dibakar rasanya jauh lebih nikmat. Dengan lapisan bumbu, wanginya sudah sangat menggoda selera saat dibakar. Coba kuliner satu ini di kota asalnya, yaitu Malang. Bukan bakso biasa, di Kota Apel tersebut ternyata ada juga bakso bakar dengan isi keju. Sekali gigit, kejunya langsung lumer di mulut. Kamu lebih suka bakso biasa atau yang dibakar, nih?

Bakso bakar
Bakso bakar via Instagram/@amazingindonesiafood

3. Cumi Bakar

Cumi bakaran
Cumi bakaran via Instagram/@what.to.eat.what.to.cook

Selain kepiting, ada lagi seafood yang makin enak ketika dimasak dengan cara dibakar. Cumi biasanya disajikan dalam bentuk goreng tepung atau asam manis. Ternyata, saat dibakar wanginya semakin kuat dan mengalahkan niat diet siapapun. Bumbu yang dioleskan di badan cumi semakin menempel saat dibakar. Disantap dengan nasi hangat saja sudah cukup nikmat. Cicipi kuliner ini saat mampir ke Aroma Seafood Muara Karang, Jakarta.

Cumi bakar
Cumi bakar via Instagram/@bowinies11

4. Kerang Bakar

Kerang bakaran
Kerang bakaran via Instagram/@foodnotestories

Satu lagi kuliner bakaran yang sayang banget untuk dilewatkan adalah kerang bakar. Setelah diberi bumbu, kerang dan cangkangnya dibakar di atas arang. Masakan apapun yang dibakar dengan menggunakan arang pasti mempunyai aroma wangi yang khas, begitu pun dengan kerang bakar. Tak perlu saus tambahan lagi, karena cairan yang diproduksi kerang itu sendiri justru yang paling enak. Rasanya seporsi tidak akan cukup. Saat liburan ke Bali, mampirlah ke Warung Mami Jimbaran untuk mencicipi langsung menu yang satu ini.

Kerang bakar
Kerang bakar via Instagram/@banu_takuaki

Daripada gorengan, masakan yang dibakar jauh lebih sehat, lho. Apalagi rasanya juga tak kalah enak. Bagaimana, menu mana yang jadi favoritmu?

Tags
bakaran Indonesia kuliner
Share