Deretan Kuliner Semarang 10 Ribuan, Bikin Kenyang Seharian

Berkunjung ke Semarang, memang tak lengkap rasanya kalau tidak mencoba kulinernya. Kali ini Travelingyuk rekomendasikan deretan kuliner Semarang 10 ribuan spesial untuk Teman Traveler. Mulai dari makanan berat, hingga camilan, perut dan lidahmu tinggal pilih saja kok!

Soto Kudus Mbak Lien

Soto Kudus Mbak Lien via Instagram/@elisabethjessicca

Kuliner Semarang 10 ribuan pertama yang wajib dicoba adalah Soto Kudus Mbak Lien. Soto ini merupakan salah satu kuliner terkenal di Semarang. Lokasinya berada di Jln. Ki Mangunsarkoro. Soto Kudus Mbak Lien ini sangat cocok untuk sarapan.

Soto Kudus Mbak Lien via Instagram/@maxmillmom

Selain hangat, rasanya yang khas juga menggoyang lidah. Soto ini juga akan semakin nikmat jika ditambahkan tempe, sate kerang, dan sate paru. Terbilang murah, Soto Kudu Mbak Lien dihargai sekitar Rp 8.500 saja.

Mie Kota Kembang

Mie Kota Kembang via Instagram/@semarangfood

Meski namanya Kota Kembang, bukan berarti kuliner ini berada di Bandung. Mie Kota Kembang ini merupakan kuliner andalan Semarang. Lokasinya terletak di Jl MT Haryono 405 dan Jl Tambak Mas no 73.

Mie Kota Kembang via Instagram/ miekotakembang_semarang

Selain mie pangsit, menu yang ditawarkan ada kwetiau dan bihun. Untuk harganya sendiri dibanderol sekitar Rp 17 ribu per mangkok. Terjangkau banget kan?

Es Krim Marry Anne

Es Krim Marry Anne’s via Instagram/@ekahadi

Es krim memang paling cocok dimakan saat sinar matahari sedang terik-teriknya. Es Krim Marry Anne’s ini dikenal menyajikan es krim beragam rasa dan rasanya yang lezat. Letaknya sendiri berada di kawasan Jalan Rinjani. Untuk harga satu scoop es krim di Marry Anne dibandrol sekitar Rp 15 ribu. 

Es Krim Marry Anne’s via Instagram/@febbsculinary

Nasi Ayam Bu Nyoto

Nasi Ayam Bu Nyoto via Instagram/@horizonhoman

Jika ingin makan makanan berat, kamu bisa mencoba makan Nasi Ayam Bu Nyoto. Kuliner ini merupakan kuliner legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1970-an. Satu porsi nasi ayam berisi nasi, telur rebus bumbu bacem, potongan tahu, suwir ayam labu siam, krecek, dan siraman kuah opor.

Nasi Ayam Bu Nyoto via Instagram/@kokodemenkuliner

Nasi Ayam Bu Nyoto ini berlokasi di Jl. MT. Haryono, Peterongan, Semarang Selatan. Harga makanannya pun dibanderol seharga Rp 18 ribu. 

Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur via Instagram/@semarangfoodmates

Mie Kopyok Pak Dhuwur merupakan salah satu kuliner populer di Semarang. Meski tak memakai kaldu daging, namun mie kopyok terkenal karena kelezatannya yang tiada dua.

Mie Kopyok Pak Dhuwur via Instagram/ putritaruno

Mie Kopyok ini merupakan kuliner legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1970. Tempat makan yang berlokasi di Jl. Tanjung No. 18A, Sekayu, Semarang Tengah ini memberikan satu porsi mie seharga Rp 13 ribu. 

Ayam Geprek Nori

Ayam Geprek Nori via Instagram/@explore_kotasolo

Setelah kuliner legendaris, ada juga kuliner kekinian yaitu Ayam Geprek Nori. Seporsi Ayam Geprek Nori ini berisi nasi dengan ayam goreng yang digeprek dengan sambal. Level kepedasannya juga bisa memilih sesuai selera.

Ayam Geprek Nori via Instagram/@andypranata88

Untuk harga satu porsinya berkisar Rp 18 ribu. Jika tertarik mencoba kamu bisa datang ke Jalan DI Panjaitan 35 Semarang. 

Pecel Bu Sumo

Pecel Bu Sumo via Instagram/@mrvahn

Ada banyak pilihan sarapan murah yang bisa kamu coba di Semarang. Salah satunya adalah Pecel Bu Sumo yang sudah berjualan sejak 1965. Warung pecel ini bisa kamu temukan di Jalan Kyai Saleh, Mugassari, Semarang.

Pecel Bu Sumo via Instagram/@kokodemenkuliner

Lauk yang disajikan pun beragam mulai dari ayam goreng, paru, iso, limpa, telor ceplok, dan banyak lagi. Untuk satu porsi pecel dihargai sekitar Rp 9 ribu. 

Nasi Glewo

Nasi Glewo via Instagram/@ny.rempong

Nasi Glewo merupakan nasi yang ditemani dengan lauk berupa bagian koyoran (otot) sapi yang direbus kemudian dimasak dengan bumbu halus dan kuah santan. Nasi Glewo ini merupakan kuliner legendaris karena sudah berdiri sejak 1970-an. 

Nasi Glewo via Instagram/@kuliner.ria

Meski terbilang langka, namun kamu masih bisa menikmati Nasi Glewo di warung Rika di Jalan Seteran Miroto No.4. Kuliner satu ini akan semakin nikmat jika ditambahkan taburan bawang goreng dan emping mlinjo. Seporsi menu ini di warung Rika hanya dibanderol dengan harga Rp 15.000.

Pisang Plenet Pasar Semawis

Pisang Plenet via Instagram/@semarangfoodmatters

Pasar Semawis merupakan salah satu pusat jajanan paling populer di Semarang. Di pasar ini kamu akan menemukan jajanan legendaris yang bernama Pisang Plenet. Bahkan saking legendarisnya sejak tahun 1960, pemiliknya masih memasak dengan tungku pembakaran arang.

Pisang Plenet via Instagram/@hendysanjaya888

Hal itulah yang membuat rasa Pisang Plenet menjadi semakin nikmat. Selain itu kamu juga bisa menambahkan varian rasa seperti rasa cokelat, kacang, keju, selai nanas, dan tepung gula, ataupun kombinasinya. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp8.000 per porsi.

STMJ Karang Doro

STMJ Karang Doro via Instagram/@tri_ssqe

Setelah mencoba berbagai kuliner yang mengenyangkan, saatnya mencoba minuman hangat dari Semarang. Kali ini ada STMJ Karang Doro yang selalu ramai dengan pengunjung. Racikan wedangan susu telur madu jahe di sini benar-benar menghangatkan tubuh dan rasanya yang bikin ketagihan. 

STMJ Karang Doro via Instagram/@raflinaim

Hanya berjalan selama 10 menit dari kota lama, kamu bisa sampai di warung yang berada di Jalan Raden Patah ini. Untuk harga STMJ serta jajanannya dimulai dari Rp5.000-Rp13.000. Badan jadi hangat, perut juga pun juga kenyang sangat.

Itu dia kuliner Semarang 10 ribuan yang wajib dicoba para pecinta kuliner. Selain harganya yang murah, dijamin perutmu jadi kenyang. Bagaimana, tertarik coba?

Tags
10 ribuan Indonesia kuliner kuliner Semarang semarang
Share