5 Kuliner Selat Solo yang Enak Banget

Siapa yang paling suka makan steak? Kamu pasti tahu jika kuliner ini berasal dari Barat dan tidak ada Indonesia-Indonesia-nya. Namun negeri kita punya steak versinya sendiri. Tidak kalah enak dan rasanya lebih bersahabat dengan lidah orang Nusantara. Apalagi kalau bukan Selat Solo, kuliner yang berisi olahan sapi dengan siraman kuah encer dari bawang putih, cuka hingga kecap. Tampilannya jadi lebih menggiurkan karena ada tambahan sayur seperti  buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli hingga wortel. Sesuai nama, tempat berburu hidangan ini adalah Kota Solo. Berikut daftar rekomendasi yang bisa kamu coba.

1. Warung Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies [image source]
Nikmatnya kuah Selat Solo yang disantap dengan irisan daging sapi bisa kamu nikmati di Warung Mbak Lies. Enak sudah pasti, dan harga terjangkau sekali. Kuliner Jawa yang biasanya menggunakan mustar dan mayones ini tersaji dengan tampilan yang menggiurkan. Ada dua menu pilihan yaitu bistik dan galantine.

Selat Solo Mbak Lies [image source]
Datang saja langsung ke lokasinya di Jalan Veteran, tepatnya masuk ke Gang 2. Memang tidak berada di pinggir jalan besar, tapi menemukannya juga bukan hal yang sulit. Interiornya terlihat antik, kamu akan menemukan nama yang unik seperti meja payung hingga meja parkir untuk menandai tempat makan pembeli. Puas menikmati selat yang nikmat, cukup berkendara sejauh 2 km kamu bisa jalan-jalan ke objek wisata Solo seperti Alun-alun dan Keraton.

Nama tempat : Warung Selat Mbak Lies
Lokasi : Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : (0271) 653332

2. Selat Kusumasari

Selat Solo Kusumasari [image source]
Masih di Jalan Slamet Riyadi, ada destinasi kulineran selat Solo lain yang nikmatnya parah. Selain itu, keberadaannya juga termasuk legendaris karena sudah berdiri sejak 1990. Pemilik pertama bernama Menggung dan resepnya masih eksis hingga saat ini. Cara penyajiannya cukup unik dengan daging paha sapi yang dikelilingi olah sayuran pelengkap. Tak ketinggalan siraman kuah selat yang khas.

Selat Solo Kusumasari [image source]
Yang memuatnya semakin enak tentu saja adalah mayones buatan Rumah Makan Kusuma Sari sendiri. Datanglah ke sana dan kamu akan menjumpai rasa yang tak pernah ada di tempat lain. Masih ingin jalan-jalan setelah kenyang? Kamu bisa melewati Jalan Slamet Riyadi menuju Pusat Grosir di samping Alun-alun Utara Solo.

Nama tempat : Rumah Makan Kusumasari
Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.111, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : (0271) 656406

3. Selat Tenda Biru

Selat Tenda Biru Solo [image source]
Selat segar dan enak ala Warung Tenda Biru paling pas disandingkan dengan es teh lemon. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, sama meyakinkannya dengan tempatnya yang luas dan bersih. Untuk satu porsinya cukup keluarkan uang sekitar sepuluh ribu rupiah, kamu sudah kenyang dengan penuh perasaan senang. Tentu saja, Tenda Biru tidak harus jadi tujuan satu-satunya. Entah sebelum atau sesudah makan, berkunjunglah ke Solo Grand Mall. Perjalanannya hanya memakan waktu 7 menit, lho.

Selat Tenda Biru [image source]

Nama Tempat : Warung Tenda Biru
Lokasi : Jl. K.H. Samanhudi No.1, Bumi, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : 0812-1539-3845

4. Omah Selat

Omah Selat Solo [image source]
Sejak berdirinya pada tahun 2008 lalu, Omah Selat sudah jadi perhatian banyak pecinta kuliner. Terutama yang khas seperti selat Solo. Berbeda dengan hidangan di empat tempat sebelumnya, Omah Selat sengaja menyuguhkan menu yang rasanya lebih Eropa tapi tidak meninggalkan sentuhan ala Jawa. Harganya juga terjangkau yaitu sekitar Rp25.000,00 cukup sepadan dengan apa yang kamu dapatkan. Apalagi kamu bisa sekalian berwisata ke Benteng Vastenburg yang jaraknya hanya sejauh 2 km.

Omah Selat Solo [image source]

Nama tempat : Omah Selat
Lokasi : Jl. Gotong Royong No.13, Jagalan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : (0271) 656205

5. Selat Adem Ayem

Selat Solo Warung Adem Ayem [image source]
Sekali makan langsung bikin hati adem dan ayem, begitulah sensasi makan di warung ini. Sebenarnya yang diandalkan bukan cuma selat saja, ada beberapa hidangan lain yang patut dicoba. Namun jika ke sini tidak mencoba kuliner khas Solo rasanya kurang lengkap dan sayang banget. Dari sayuran hingga daging sapi dalam satu wadah berkuah, adalah kenikmatan yang tiada duanya.

Gudeg Warung Adem Ayem [image source]
Jika kamu ingin variasi lain, cobalah gudeg Solo yang rasanya lebih manis dibanding gudeg Jogja. Namun tidak membosankan karena disandingkan dengan sambal goreng krecek pedas. Untuk sampai di Warung Adem Ayem, kamu bisa naik becak sejauh 550 meter atau menggunakan transportasi online hingga taksi. Jika kamu kebetulan sedang santai di Taman Sriwedari, sempatkan mampir ya, jaraknya hanya sekitar 450 meter, kok.

Nama tempat : Warung Adem Ayem
Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.271, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : (0271) 712891

Meski termasuk perpaduan antara Eropa dan Jawa, namun selat Solo pantas jadi kebanggaan kita. Rasanya enak serta istimewa. Sebenarnya masih banyak kuliner Solo lain yang menggiurkan. Jangan sampai kelewatan, ya!

Tags
kuliner kuliner Solo Wisata Solo
Share