Kuliner Sekitar Sante Commune Jogja, Pas Buat Buka Puasa

Advertisement

Berencana buat liburan di Jogja? Soal tempat menginap tidak usah bingung, tinggal cari yang harganya terjangkau dan berada di tempat strategis. Salah satunya yang terbaru bernama Sante Commune Jogja yang bergaya industrial, berlokasi tidak jauh dari Alun-alun Utara. Selain harganya murah, ada banyak kuliner sekitar Sante Commune Jogja pas buat buka puasa. Apa saja, ya?

Pendopo Lawas

Serba Sate di Pendopo Lawas via Instagram @jogjafoodhunter
Serba Sate di Pendopo Lawas via Instagram @jogjafoodhunter

Pendopo Lawas merupakan angkringan yang dikemas dalam bentuk lebih modern. Kalau angkringan identik dengan lokasinya yang berada di pinggir jalan, maka tempat kuliner sekitar Sante Commune Jogja ini berada di sebuah pendopo dengan halaman yang luas. Teman Traveler bebas mau duduk di pendopo atau area outdoornya.

Pendopo Lawas menjual beragam kuliner layaknya angkringan pada umumnya, namun menunya lebih variatif. Teman Traveler bisa pilih mulai dari nasi kucing, aneka sate, oseng-oseng, sampai jajanan pasar. Harga makanan di sini juga terjangkau, mulai dari Rp5 ribuan. Keistimewaan lain tempat ini adalah punya latar belakang Alun-alun Utara.

Bakmi Jowo&Nasi Goreng Pak Pele

Kuliner Sekitar Sante Commune Jogja
Bakmi Jowo&Nasi Goreng Pak Pele via Instagram @nakamyuk

Kuliner sekitar Sante Commune Jogja selanjutnya adalah Bakmi Jowo&Nasi Goreng Pak Pele. Tempat makan satu ini termasuk yang legendaris karena telah eksis semenjak tahun 1983an. Wah, lama juga! Salah satu keistimewaan gerai ini adalah, mienya dimasak di atas anglo alias tungku.

Teman Traveler bisa pilih beragam menu selain bakmi goreng dan bakmi godog, di antaranya nasi goreng, magelangan, capcay, sop, dan ayam rica-rica. Mie yang digunakan dalam bakmi Jowo sendiri jenis kuning dan bihun putih. Pengin cobain? Langsung saja melipir ke pojokan Alun-alun utara. Siapkan budget kurang lebih Rp20 ribuan.

Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad

Kuliner Sekitar Sante Commune Jogja
Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad via Instagram @zaldiansyah

Berada di Jogja, tentunya baru terasa lengkap setelah menyantap gudeg. Teman Traveler yang menginap di Sante Commune Jogja, bisa mampir ke tempat kuliner bertajuk Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad. Lokasinya berada di pojokan Alun-alun Utara dan ada beberapa cabang lainnya.

Teman Traveler bisa memilih dari sekitar 20 paket yang disediakan. Kalau mau dimakan sendiri coba pesan paket yang berisi nasi gudeg, paha, dan krecek. Harganya Rp20 ribuan. Kurang kenyang? Iya sudah pesan saja yang berisi nasi gudeg, paha, telur, dan krecek. Cukup rogoh kocek Rp25 ribuan.

Teman Traveler juga bisa pesan untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Nantinya akan dibungkus dengan besek atau kardus kotakan. Jenis gudeg di sini cenderung lebih awet karena mengutamakan sajian gudeg kering.

Pendopo Sop

Pendopo Sop via Instagram @kulineralun2utara
Pendopo Sop via Instagram @kulineralun2utara

Ada juga Pendopo Sop dengan menu andalan steambot. Jadi sajian sopnya disajikan di dalam steambot yang dilengkapi kompor kecil, ia menyala selama 15 menitan. Sehingga Teman Traveler tetap bisa menyantap sop dalam kondisi hangat.

Varian steamboatnya adalah ayam, daging sapi, seafood, dan cakar ayam. Menu lainnya ialah aneka sop mulai dari ceker ayam sampai iga sapi. Harga makanan di sini mulai dari Rp25 ribuan. Pendopo Sop berada di kawasan Ngupasan, dekat Alun-alun utara.

Sante Commune Bergaya Industrial via Instagram @ssantecommune
Sante Commune Bergaya Industrial via Instagram @santecommune

Tidak perlu khawatir kelaparan kalau menginap di Sante Commune Jogja, ya. Banyak tempat kuliner di sekitarnya. Teman Traveler mau icip yang mana?

Advertisement
Tags
DIY Indonesia Jogja kuliner Sante Commune Jogja
Share