Kuliner Segar yang Terbuat dari Pisang, Buka Puasa Makin Kenyang

Advertisement

Pisang bisa diolah menjadi makanan ataupun juga pelengkap minuman. Tapi saat bulan puasa tiba, paling enak jika pisang ini dijadikan sebagai kuliner segar untuk takjil berbuka puasa. Apalagi segar-segar ini dipadukan dengan yang manis-manis sehingga tenaga akan kembali terisi. Berikut ini kuliner segar dari pisang yang bisa jadi rekomendasi takjil.

Pisang Ijo

Es Pisang Ijo, Via Instagram demenbaking
Es Pisang Ijo, Via Instagram demenbaking

Kuliner segar pertama yang bisa jadi rekomendasi untuk takjil yang berbahan dasar pisang adalah Es Pisang Ijo. Ini merupakan dessert yang sangat populer dari Makassar. Pisangnya dibalut dengan tepung warna hijau. Rasa dari es pisang ijo ini sangat nikmat. Apalagi ditambah dengan bubur sumsum gurih, susu kental manis, sirup cocopandan dan tak lupa es serut, buka puasa makin lengkap rasanya.

Pallu Butung

Pallu Butung, Via Instagram hanhanny
Pallu Butung, Via Instagram hanhanny

Hampir mirip dengan es pisang ijo, namanya adalah Pallu Butung. Bedanya, pisang di sini tidak dibalut tepung dan disajikan dalam bentuk potongan. Bubur sumsum ditambah sirup cocopandan dan di atasnya baru diletakkan potongan pisang yang telah direbus sebelumnya. Ada variasi yang ditambahi dengan rumput laut serta mutiara. Rasanya sangat enak, teksturnya lembut, cocok sekali untuk jadi menu buka puasa.

Kolak Pisang

Kolak Pisang, Via Instagram perutbuncitwithkokocici
Kolak Pisang, Via Instagram perutbuncitwithkokocici

Hidangan yang tak pernah absen saat bulan puasa, Kolak Pisang. Citarasa legit dan gurih perpaduan antara kuah santan dan juga gula. Bisa disajikan dalam bentuk hangat ataupun juga dingin, sesuai selera. Untuk menambah citarasa, biasanya diberi daun pandan pada kuahnya. Menu yang sederhana tapi terlihat begitu istimewa kala puasa tiba.

Puding Pisang

Puding Pisang, Via Instagram anik.fauzia
Puding Pisang, Via Instagram anik.fauzia

Buat kamu pecinta puding, pisang juga menjadi bahan yang sangat oke lho. Perpaduan antara agar-agar yang memiliki tekstur kenyal dengan pisang akan menciptakan rasa yang lembut dan creamy. Langsung terbayang kenikmatan pisang dijadikan puding? Sepertinya kamu perlu untuk membuatnya dalam waktu yang segera. Tak perlu menunggu lama ya.

Smoothies Pisang

Smoothies Pisang, Via Instagram theloft2018
Smoothies Pisang, Via Instagram theloft2018

Jika ingin kuliner yang lebih modern, kamu bisa mengolah pisang menjadi smoothies yang manis. Untuk membuat rasanya jadi tambah istimewa, masukkan pisang ke dalam mesin pendingin. Setelah waktu berbuka sudah dekat, haluskan pisang lalu tambah dengan susu ataupun juga yogurt. Langsung terbayang kelezatannya bukan?

Itulah olahan pisang untuk kuliner yang segar-segar. Biar menu buka puasa lebih beragam dan tetap mengenyangkan. Yuk bisa coba buat sendiri ataupun membelinya. Semoga puasamu mendapatkan pahala yang besar dari Tuhan Yang Maha Esa ya.

Advertisement
Tags
kuliner segar dari pisang pisang
Share