Kulineran Rujak di Banyuwangi yang Enak dan Bikin Nagih

febri rama

febri rama

On Indonesia
Rujak Banyuwangi Rujak Banyuwangi

Bumi Blambangan punya banyak makanan istimewa dengan kelezatan tiada tara. Begitu berkunjung ke Banyuwangi, akan ada banyak menu yang bikin kamu kangen dan tak rela melewatkan. Salah satunya adalah rujak. Di sini, kamu akan menemukan beberapa varian rujak yang pastinya lezat dan istimewa. Selain Rujak Soto yang bikin penasaran, ada juga rujak kecut yang akan membuatmu bergidik keenakan. Langsung saja, berikut ini adalah empat kuliner rujak di Banyuwangi.

1. Rujak Cingur Desa Gendoh

Ilustrasi Rujak Cingur
Ilustrasi Rujak Cingur via Foody.id

Desa Gendoh berada di Kecamatan Sempu. Tempat ini terkenal dengan kuliner rujak cingurnya. Bumbu kacang yang dikolaborasikan dengan berbagai macam sayuran menjadi menu andalan. Tidak heran jika penikmatnya tidak hanya berasal dari Banyuwangi, tapi juga kota-kota lainnya. Puas menikmati rujak, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh seperti Batik Banyuwangi dengan motif khas.

Ilustrasi Rujak Cingur
Ilustrasi Rujak Cingur via Resep Sedapku

2. Rujak Kuah Pindang

Ilustrasi Rujak Pindang di Banyuwangi
Ilustrasi Rujak Pindang di Banyuwangi Via Kata.co.id

Rujak Pindang umumnya populer di Bali, tapi kamu juga bisa menemukannya di Banyuwangi. Datanglah langsung ke Jalan Wijaya Kusuma, Kecamatan Giri. Ada warung milik Suriana yang sudah lama menjualnya. Bumbu-bumbu seperti terasi, garam, gula dan cabai digerus dulu, baru setelah itu disiram dengan kuah olahan pindang segar.

Ilustrasi Rujak Pindang di Banyuwangi
Ilustrasi Rujak Pindang di Banyuwangi via sportourism.id

3. Rujak Kecut

Rujak Kecut Banyuwangi
Rujak Kecut Banyuwangi via Instagram/@gundul_dolet

Rujak ini menyerupai rujak serut atau gobet, lengkap dengan kuah berbumbu asam gurih. Berbagai macam buah seperti mangga muda, bengkuang, jambu air merah, hingga pepaya muda diparut dalam bentuk memanjang. Selain itu, ada juga tambahan ubi ketela rambat. Bahan ini menjadi daya tarik yang menambah kelezatannya.

Rujak Kecut Banyuwangi
Rujak Kecut Banyuwangi via Instagram/@siska_rushita

4. Rujak Soto

Rujak Soto Mbok Mbret
Rujak Soto Mbok Mbret Via Instagram/@nininzandrea

Banyuwangi identik dengan rujak soto, kuliner yang dibuat dari dua menu berbeda. Meski begitu, rasanya sangat enak dan membuat banyak orang ketagihan. Bumbu kacang dengan aneka sayuran kemudian disiram dengan kuah soto segar lengkap dengan daging. Sebagian penjual bahkan juga memadukan bahan lain seperti babat dan ceker ayam. Untuk mencicipi hidangan ini kamu bisa datang ke Rujak Soto Mbok Mbret di Cluring.

Rujak Soto
Rujak Soto Via Instagram/@srengengewetan

Itulah empat rujak yang menjadi kuliner Banyuwangi andalan. Paling nikmat disantap saat siang dikombinasikan dengan minuman menyegarkan. Selamat mencoba!