Kulineran Sego Tempong di Banyuwangi, Enak Sekali

Banyuwangi baru-baru ini cukup menyita perhatian dengan destinasi patai khusus muslimah yang dikenalkan pada wisatawan. Jauh sebelumnya, bumi Blambangan ini memang telah populer karena alam dan tentu saja kulinernya. Kebanyakan sih unik-unik seperti rujak soto atau rawon pecel dan satu lagi adalah sego tempong. Seperti apa dan di mana kamu bisa menemukan menu ini di Banyuwani? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Sego Tempong Mbok Nah

Sego Mbok Nah [image source]
Dalam satu porsi, bukan hanya sambal tempong yang gurih, tapi nasi hingga lauk seperti tempe pun enak sampai gigitan terakhir. Seenak itulah kuliner di Warung Mbok Nah. Kamu bisa datang ke lokasi dari pukul 12 saiang hingga menjelang tengah malam. menu ala warung sederhana yang legendaris ini tersaji menggunakan resep sendiri mengandalkan cabe hingga tomat ranti. Usai mampir mengisi perut di sana, kamu bisa lanjut santai sambil menikmati Kota Banyuwangi dari Taman Blambangan yang berjarak hanya 2 km.

Taman Blambangan [image source]
Lokasi : Jl. Kolonel Sugiono, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Telepon : 0852-3272-1222

2. Sego Tempong Mbok Wah

Tempong Mbok Wah [image source]
Liburan di objek wisata Banyuwangi makin seru dengan mencicpi kolaborasi sambal ranti dengan gurihnya ikan asin dalam satu porsi sego tempong di Warung Mbok Wah. Untuk sampai di lokasi, kamu harus sabar karena masuk ke dalam gang sempit. Meski begitu, terbayar lunas dengan kelezatannya. Sepiring nasi tempong dengan beragam lauk hanya dihargai sekitar Rp7.000,00. Cukup murah untuk rasa lezat dan kenyang yang kamu dapatkan. Jika berangkat dengan kereta api, berhenti di Stasiun Karangasem kemudian naik angkutan sejauh 1,5 km. Desa Wisata Osing juga bisa didatangi setelah makan di Mbok Wah, hanya butuh berkendara selama 9 menit.

Desa Wisata Osing [image source]
Lokasi : Jalan Gembrung No. 220, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Telepon : 0822-3163-1493

3. Sego Tempong Mbok Tien

Ilustrasi sego tempong [image source]
Menu di Warung Mbok Tien termasuk legendaris dan letaknya dekat dengan jalur menuju Pantai Boom. Bahkan sepulang dari Bali paling enak melepas lelah di tempat ini. Dari pelabuhan jaraknya hanya sekitar 8,5 km atau bisa ditempuh selama 18 menit perjalanan. Tempatnya tidak terlalu luas, namun cukup untuk menampung satu rombongan kecil. Nikmati selagi nasinya masih hangat, dengan begitu sambal yang disiramkan pada lauk jika lebih menggigit di lidah. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

Pantai Boom [image source]
Lokasi : Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

Telepon : (0333) 420657

4. Sego Tempong Sukowidi

Ilustrasi Sego Tempong Banyuwangi [image source]
Tempong sebenarnya berarti tamparan, mengacu pada rasa  kuliner yang nampar banget di lidah alias terasa pedas. Meski begitu, yang ada di Warung Sukowidi bisa pedasnya bisa dipesan sesuai selera. Bahkan tanpa sambal tetap enak namun kurang lengkap. Lauk sayuran dan hidangan pelengkapnya juga mantap. Ada pecel lele, nasi lodeh, serta ayam goreng. Nasi tempong Sukowidi ini bisa jadi pilihan sebelum kamu melanjutkan perjalanan ke Bali karena dari Pelabuhan Ketapang hanya berjarak sekitar 7 km sekaligus berdekatan dengan Pantai Cacalan.

Pantai Cacalan [image source]
Lokasi : Jl. Yos Sudarso, Klatak, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Itulah beberapa kuliner Banyuwangi berupa sego tempong yang bisa kamu cicipi. Jangan memaksakan diri, minta saja tingkat kepedasan yang sesuai dengan seleramu. Karena sejatinya, mencicipi kuliner asli di suatu daerah bakalan jadi pengalaman yang terkenang seumur hidup.

Tags
kuliner kuliner banyuwangi wisata banyuwangi
Share