Ragam Kuliner Renyah Khas Padang, Kriuknya Bikin Ketagihan

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram/novalina171717 Via Instagram/novalina171717

Kuliner khas Padang selama ini terkenal dengan rasa gurih, pedas, dan juga lemaknya. Misalnya saja nasi padang yang berisi beragam lauk bersantan, kandungan lemak jahat tapi nikmat kala disantap. Selain nasi padang, ibu kota dari provinsi Sumatra Barat ini memiliki banyak jenis yang bisa dipilih. Misalnya saja kuliner renyah khas Padang yang kriuknya bikin ketagihan. Apa saja daftarnya?

Keripik Sanjai

Keripik Sanjai, Via Instagram/titipbalanjo
Keripik Sanjai, Via Instagram/titipbalanjo

Keripik Sanjai atau yang biasa disebut dengan Karupuak Sanjai merupakan kuliner yang terbuat dari singkong yang diparut tipis lalu digoreng dan dibumbui garam sebagai penyedapnya. Kerupuk ini jadi salah satu oleh-oleh khas Padang. Untuk pilihan rasanya sendiri, ada tiga yang bisa diambil. Karupuak Sanjai Tawar, Karupuak Sanjai Saka yang diberi olesan gula merah, dan Karupuak Balado yang diberi bumbu balado.

Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek, Via Instagram/ralakumma
Kerupuk Jangek, Via Instagram/ralakumma

Kerupuk Jangek merupakan salah satu kuliner renyah khas Padang yang terbuat dari bahan dasar kulit sapi atau kulit kerbau. Di Jawa Timur, kerupuk ini disebut juga dengan rambak. Biasanya, kerupuk jangek ini hadir dalam rasa original, namun juga tersedia dalam beraneka rasa seperti halnya balado ataupun juga pedas manis. Cara mendapatkan kerupuk kulit khas Padang ini sangat udah, Teman Traveler hanya perlu datang ke pusat oleh-oleh saja.

Arai Pinang

Arai Pinang, Via Instagram/sigadih_minang
Arai Pinang, Via Instagram/sigadih_minang

Lalu ada Arai Pinang yang menggunakan cetakan alami dari bunga pohon pinang, sehingga bentuknya tipis bulat pipih dengan tekstur garis-garis. Di Sumatra Barat, kuliner renyah khas Padang satu ini seringkali disediakan pada acara perkawinan. Namun dalam perkembangannya, arai pinang ini jadi salah satu oleh-oleh khas Padang. Rasanya renyah dan juga gurih, cocok untuk kamu yang suka kuliner garing.

Karak Kaliang

Karak Kaliang, Via Instagram/deena_hp
Karak Kaliang, Via Instagram/deena_hp

Selanjutnya ada kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar ubi kayu yang memiliki bentuk warna kuning. Tepung ubi kayu ditambahkan bumbu-bumbu seperti hanya bawang putih, garam, dan lain-lain. Lalu dibentuklah adonan ini menjadi angka delapan yang digoreng pada minyak panas. Sangat nikmat jadi camilan ataupun juga pelengkap kuliner lain seperti nasi goreng ataupun bakso.

Kerupuak Kuah

Kerupuak Kuah, Via Instagram/agnesakmal
Kerupuak Kuah, Via Instagram/agnesakmal

Ada pula namanya karupuak kuah yang juga populer di Padang. Ini merupakan jajanan yang cukup digemari. Citarasa dari kuliner ini adalah renyah, gurih namun lama kelamaan akan lembek jika kena kua. Sering jadi kuliner yang banyak diburu saat Ramadhan tiba. Masuk salah satu kuliner yang bisa banget dicoba saat berada di Padang.

Yang renyah-renyah dan garing memang begitu bisa dinikmati ya Teman Traveler. Bisa untuk jadi camilan ataupun sebagai teman makan. Jadi, sudah pernah mencoba kuliner yang mana saja?