Serba Gulai, Ini Kuliner Khas Padang yang Sama-sama Bikin Gagal Diet

Membahas Padang, kuliner yang identik di sana adalah rendang. Semua orang mengakui kelezatan dan kenikmatan rendang. Bahkan, dunia juga sudah mengakuinya sebagai salah satu makanan terlezat. Karena hal itulah banyak wisatawan yang datang ke Padang untuk mencicipi rendang. Padahal, banyak juga kuliner khas Padang lain yang bisa dicoba saat berkunjung, misalnya saja gulai. Ibu Kota Sumatra Barat ini menawarkan banyak jenis gulai dengan rasa nikmat yang bisa disantap. Apa saja, ya?

Gulai Kapau

Gulai Kapau, Via Instagram/cheche_kitchen
Gulai Kapau, Via Instagram/cheche_kitchen

Gulai kapau juga merupakan kuliner khas Padang yang tidak kalah lezat. Gulai kapau ini sendiri merupakan aneka ragam lauk yang dimasak dengan bumbu dan juga rempah racikan khas orang Kapau. Untuk ragam lauk sendiri, mulai dari daging, sayur mayur, dan beberapa jenis lainnya. Gulai ini begitu nikmat disantap dengan nasi yang uapnya masih mengepul.

Gulai Tambusu

Gulai Tambusu, Via Instagram/minangkayo
Gulai Tambusu, Via Instagram/minangkayo

Tidak kalah lezat dari gulai kapau ada gulai tambusu yang sangat unik. Gulai ini merupakan gulai berkuah kental dengan bahan utama usus sapi yang telah diisi dengan telur kocok berbumbu. Ada juga beberapa orang yang memasukkan tempe ataupun juga tahu ke dalam usus sapi. Jika dilihat sekilas, gulai tambusu ini menyerupai sosis namun ada kuah gulai yang kental dan khas.

Gulai Sayur Paku

Gulai Paku, Via Instagram/budekus
Gulai Paku, Via Instagram/budekus

Selanjutnya ada gulai sayur paku yang juga memiliki rasa yang tidak kalah enak dari jenis yang sebelum-sebelumnya. Seperti namanya, gulai ini berbahan dasar sayur paku yang dipadu dengan beragam bumbu. Sayur paku atau yang lebih familiar dengan daun pakis ini kemudian diberi bumbu berupa rempah-rempah dan dibumbui santan. Biasanya, gulai paku ini disantap dan disajikan dengan ketupat, memang nikmat.

Gulai Banak (Otak)

Gulai Banak, Via Instagram/aras_galeri
Gulai Banak, Via Instagram/aras_galeri

Gulai banak atau gula otak juga kuliner enak dari Padang yang tebuat dari bahan dasar santan dan otak sapi yang dipotong-potong. Buat para pecinta olahan otak, gulai banak ini sangat perlu sekali buat dicoba kenikmatannya. Bahan utama dimasak lalu dibumbi gulai dengan kuah yang kental. Citarasa gulai banak ini sangat khas karena terdapat daun mangkok sebagai salah satu bumbunya.

Jika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Padang, jangan sampai melewatkan kuliner gulai yang telah disebutkan di atas. Rasanya enak perpaduan gurihnya santan dan lezatnya daging ataupun sayuran. Ada yang jadi favorit Teman Traveler?

Tags
kuliner khas padang makanan khas padang Padang
Share