Jelajah Kuliner di Raja Ampat, Ada yang Ekstrem

Kalau berbicara tentang Raja Ampat, pasti tak jauh-jauh dari keindahan alamnya. Tapi, kalian juga perlu tahu kalau sebenarnya di tanah Papua ini ada kuliner yang bisa kalian cicipi. Mulai dari yang biasa hingga kuliner ekstrem. Untuk lebih lengkapnya, Teman Traveler bisa simak beragam kuliner di Raja Ampat berikut ini.

Sagu Lempeng

kuliner raja ampat
Sagu Lempeng (c) Rosita/Travelingyuk

Salah satu makanan yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan adalah Sagu Lempeng. Ini adalah sagu namun dibentuk menjadi sebuah lempengan. Kalau kalian mencobanya, rasanya cukup hambar. Namun, untuk melengkapinya, Teman Traveler bisa memakan kudapan ini bersama teh atau kopi. Sehingga Sagu Lempeng tidak begitu kentara rasa hambarnya.

Sate Ulat Sagu

kuliner raja ampat
Sate Ulat Sagu (c) Rosita/Travelingyuk

Untuk Teman Traveler yang suka dengan kuliner ekstrem, bisa coba menu satu ini. Yaitu Sate Ulat Sagu yang cara makannya pun juga cukup unik. Pertama-tama, kalian harus memegang bagian kepala si cacing, kemudian gigit bagian tubuhnya agar terlepas dari badannya.

Ketika ulat sudah masuk ke mulut, kalian akan merasakan tekstur yang kenyal dari tubuhnya. Kemudian untuk rasanya, ada manis dan asin yang bercampur menjadi satu. Meski begitu, sate dari ulat sagu ini ternyata mempunyai manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa menjaga stamina.

Cacing Laut

kuliner raja ampat
Cacing Laut (c) Rosita/Travelingyuk

Tak kalah esktrem dengan Sate Ulat Sagu, Cacing Laut ternyata juga banyak peminat di Raja Ampat. Hewan satu ini diolah menjadi berbagai macam menu masakan. Seperti rica-rica balado, sate dan goreng kering. Untuk kesan pertama, Cacing Laut ini agak terasa alot, tapi itu tidak menghilangkan kenikmatannya sama sekali.

Itulah tadi kuliner di Raja Ampat yang bisa kalian nikmati. Ada jajanan biasa sampai dengan yang ekstrem. Jadi, kalian ingin mencoba yang mana nih?

Tags
Indonesia kontributor kuliner kuliner raja ampat Papua raja ampat
Share