Kuliner Populer Pontianak, Ada yang Makin Laris Berkat Nex Carlos

Pontianak memang dikenal punya beragam kuliner yang populer dan legendaris, terutama yang peranakan Tionghoa Teman Traveler yang mudik ke Pontianak, tidak akan kehabisan referensi untuk wisata kulineran, deh. Seperti yang dilakukan oleh food vlogger Nex Carlos yang mudik ke kampung halamannya sekalian berburu makanan. Eh, di mana saja kuliner populer itu?

Mie Tiaw Apollo

Mie Tiaw Apollo via Instagram @myfooddirection
Mie Tiaw Apollo via Instagram @myfooddirection

Mie Tiaw Apollo Pontianak merupakan salah satu kuliner populer yang berlokasi di Jalan Patimura Nomor 63, Darat Sekip. Teman Traveler harus cobain menu andalannya yaitu mie tiaw daging sapi kuah maupun goreng. Soal harga, sih, aman! Teman Traveler cukup siapkan modal Rp15 ribuan.

Kalau mau coba varian lain juga boleh, ada babat dan telur. Gerai Mie Tiaw Apollo termasuk salah satu yang legendaris, ia telah berdiri semenjak tahun 1968an. Mie Tiaw sendiri menjadi ikon kuliner pontianak.

Rumah Makan Ayong 999

Nasi Telur di Rumah Makan Ayong 999 via Instagram @kulinerkotapontianak
Nasi Telur di Rumah Makan Ayong 999 via Instagram @kulinerkotapontianak

Rumah Makan Ayong 999 sendiri sudah cukup dikenal di kalangan penduduk lokal maupun pecinta kuliner. Tempat makan ini semakin populer setelah didatangi oleh Nex Carlos. Teman Traveler yang mampir ke Pontianak jangan lewatkan cobain menu andalan Rumah Makan Ayong 999 yaitu nasi telur. Terdengar sederhana, kan? Tapi larisnya luar biasa.

Bukan cuma nasi telur, tempat makan ini juga menyajikan menu lain seperti tumis tauge dan kwetiau. Bumbu khas masakan di sini adalah sang penjual menggunakan ebi. Kalau kulineran di sini, sekalian traktir teman yang lain. Soalnya harganya super terjangkau, nasi telurnya saja Rp10 ribuan. Langsung meluncur saja ke Gang Gajah Mada Nomor 15.

Bubur Ikan Ahian

Kuliner Populer Pontianak
Bubur Ikan Ahian via Instagram @dapattraktiran

Kuliner populer Pontianak selanjutnya adalah Bubur Ikan Ahian yang berada di Jalan WR. Supratman A3/ 27. Kalau bubur biasanya adalah nasi lembek dicampur bahan-bahan lain. Berbeda dengan sajian di sini yang menggunakan nasi biasa lalu diberi potongan ikan fillet plus kuah kaldu ikan.

Tersedia beragam ikan segar, di antaranya napoleon, kakap merah, dan alu-alu. Teman Traveler harus menyiapkan biaya Rp35 ribuan demi semangkuk bubur ikan napoleon. Satu porsi sudah bikin kenyang, loh. Jadi kalau pengin lagi, mending dibungkus saja.

Nasi Goreng Iin

Kuliner Populer Pontianak
Nasi Goreng Iin via Instagram @julioalfonso

Selanjutnya ada Nasi Goreng Iin yang bertempat di Jalan Johar Nomor 65. Teman Traveler yang datang ke sini, bisa dibuat kaget karena mereka memasak nasi goreng langsung untuk sekitar 40an porsi di satu wajan besar.

Makanan ini tidak menggunakan kecap, namun pakai bumbu cabai tersendiri. Satu porsi nasi goreng ditaburi ayam suwir rempah dan bisa tambah telur ceplok, dadar, atau ati ampela. Harganya Rp15 ribuan.

Teman Traveler sudah pernah cobain yang mana? Kalau ke Pontianak lagi, pengin kulineran apa lagi?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat kuliner Pontianak
Share