Mie Tiaw Apollo Pontianak, Bertahan Sampai Setengah Abad

Pontianak punya kuliner peranakan legendaris yang dikenal dengan sebutan Mie Tiaw Apollo. Teman Traveler yang mampir ke kota ibu kota Provinsi Kalimantan Barat ini wajib mampir buat mencicip kelezatannya, yang telah bertahan sampai setengah abad. Apa sih keistimewaannya?

Mie Tiaw Apollo Bertahan Semenjak 1968an

Mie Tiaw Goreng Daging Sapi via Instagram @gunawanbobby
Mie Tiaw Goreng Daging Sapi via Instagram @gunawanbobby

Mie Tiaw Apollo Pontianak memang termasuk salah satu kuliner legendaris yang setia menemani para pelanggannya semenjak tahun 1968an. Mie tiaw sendiri bisa dikatakan telah menjadi ikon kuliner Pontianak, yang memang kental dengan budaya peranakan Tionghoa.

Tempat makan mie legendaris ini memang sederhana, bukan model kekinian yang sering dicari milenial zaman sekarang. Namun tempatnya cukup nyaman dan serasa nostalgia kalau sedang di sana.

Rasa Tetap Sama Lezatnya

Kuliner Legendaris Dimaska dengan Wajan Kuno via Instagram @nina_epicure
Kuliner Legendaris Dimaska dengan Wajan Kuno via Instagram @nina_epicure

Teman Traveler jangan meragukan kepopuleran dan kelezatan olahan Mie Tiaw Apollo Pontianak. Tentunya mereka punya rahasia tersendiri sampai bisa bertahan hingga setengah abad. Salah satunya bisa jadi karena cita rasanya tetap sama lezatnya semenjak dahulu.

Mie tiaw ini menggunakan jenis yang pipih dan lebar dengan dominasi warna coklat. Kalau dipikir mungkin rasanya manis, namun ternyata cenderung gurih dan rasa daging sapinya begitu terasa. Teman Traveler yang Muslim juga bisa menyantap mie tiaw. Hidangan peranakan Tionghoa satu ini halal, loh.

Sekilas Tentang Mie Tiaw Apollo dan Polo

Lokasi Mie Tiaw Apollo via Instagram @benediktus_gouzali
Lokasi Mie Tiaw Apollo via Instagram @benediktus_gouzali

Teman Traveler yang datang ke lokasi tempat makan ini mungkin bisa jadi agak bingung. Karena terdapat dua penjual dengan nama Mie Tiaw Apollo dan Mie Tiau Polo. Terdapat beberapa versi cerita mengenai keduanya. Salah satunya adalah konon dua warung tersebut punya kakak beradik yang sama-sama ingin mewarisi bisnis kuliner keluarga.

Cerita lain, mengatakan bahwa orang dibalik Mie Tiau Polo dulu pernah mengelola Mie Tiaw Apollo. Namun bagaimanapun keduanya tetap memiliki pelanggan setia masing-masing dan menyajikan kuliner yang lezat.

Icip Mie Tiaw Apollo

Mie Tiaw Kuah Daging Sapi via Instagram @chaysusan
Mie Tiaw Kuah Daging Sapi via Instagram @chaysusan

Mie Tiaw Apollo berlokasi di Jalan Patimura Nomor 63, Darat Sekip. Terdapat beberapa sajian mie tiaw yaitu kuah, babat, daging sapi, dan telur. Harga mienya cukup terjangkau, sekitar Rp15 ribuan satu porsi. Wah, bisa sekalian dibungkus buat di rumah, nih.

Teman Traveler jadi tertarik buat ke sana? Kira-kira mau cobain mie tiaw varian yang mana?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat kuliner Mie Tiaw Apollo Pontianak
Share