Cocok untuk Vegetarian, Ini Kuliner Populer Indonesia Berbahan Sayur

Indonesia memiliki ragam kuliner yang bisa dibilang tidak ada habisnya. Ada saja kuliner yang bikin orang kembali untuk datang, baik itu kuliner asli ataupun hasil dari akulturasi. Hampir semua daerah memiliki kuliner khas yang rasanya memiliki ciri masing-masing yang bikin orang-orang kembali datang. Misalnya saja di Jogja ada Gudeg ataupun juga di Malang ada Bakso.

Bahan pembuat kuliner khas Indonesia juga bermacam-macam. Ada daging, sayur mayur, buah, dan lain sebagainya. Buat kamu para vegetarian yang sangat cinta dengan makanan Indonesia, ada enam kuliner populer yang bisa jadi pilihan nih. Apa saja? Mari intip daftarnya di bawah ini.

1. Pecel

Seporsi pecel sayur lengkap Via Instagram marialuciasafitriveni

Siapa yang tidak kenal dengan pecel? Kuliner populer di Tanah Air yang memiliki banyak sekali penggemar. Untuk pecel sendiri ada beragam jenisnya, tapi yang paling terkenal di antara yang lainnya adalah Pecel khas Madiun. Rasanya cenderung pedas manis dan cocok untuk sebagian besar lidah orang Indonesia.

Nikmatnya pecel Via Instagram stevanitan.blessed

Buat para vegan tak perlu khawatir, pecel ini biasanya hanya memanfaatkan sayur mayur yang diguyur dengan sambel pecel saja. Jadi, masih masuk dalam menu yang bisa kamu konsumsi kan? Untuk sayurnya bisa menyesuaikan selera masing-masing. Karena bisa dibilang hampir semua sayur mayur bisa digunakan untuk pecel.

2. Karedok

Karedok yang nikmat Instagram dewi_widya

Kuliner berbahan sayur selanjutnya yang bisa jadi pilihan adalah karedok. Ini merupakan makanan yang berasal dari Sunda. Dalam seporsi karedok ini bisanya akan ada kacang panjang, daun kemangi, terong, mentimun, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Ditambah kerupuk di atasnya juga akan membuat semakin kriuk. Hampir mirip sama pecel tapi yang bikin beda adalah jenis sayurnya.

3. Plecing Kangkung

Plecing kangkung dipadu dengan kacang panjang Via instagram yscooking

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini berbahan dasar kangkung. Dan ini merupakan kuliner populer yang berasal dari Lombok. Meskipun juga banyak plecing kangkung di daerah lainnya, tapi yang dari Lombok memiliki rasa yang berbeda dan khas. Kangkungnya memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki rasa cenderung manis. Sangat cocok dipadukan dengan sambal bahan plecing kangkung ini.

4. Urap-urap

Urap warna warni Via Instagram samadibali

Jika makanan sebelumnya dipadukan dengan sambal kacang, beda dengan urap-urap ini. Kuliner ini adalah sayur yang direbus lalu dicampur dengan kelapa parut yang sebelumnya sudah dibumbui. Untuk sayurnya sendiri bisa apa aja. Mulai dari bayam, kangkung, sawi, kubis, dan lain sebagainya. Bisa jadi selingan menu buat para vegetarian ya.

5. Lotek

Lotek Via Instagram kulinerbandung

Selain karedok, Jawa Barat juga punya lotek. sepintas memang mirip dengan gado-gado dan juga pecel tapi rasanya lebih manis. Isinya sendiri ada kacang panjang, labu siam, kangkung, touge kemudian disiram dengan bumbu kacang. Jangan lupa, supaya rasanya makin nikmat beri tambahan kerupuk dan bawang goreng.

6. Bubur Manado

Bubur Manado Via Instagram nccbali

Bubur Manado atau yang juga disebut dengan Tinutan terbuat dari beras, jagung, ubi kayu yang dikombinasikan dengan sayur mayur seperti halnya bayam, kemangi, kangkung lalu ditambah dengan bumbu dapur. Perpaduan antara karbohidrat dan serat yang memberikan sensasi kenyang dobel.

Jadi Indonesia punya banyak pilhan menu populer yang enak untuk para vegetarian ya. Mana yang paling kamu suka dari makanan yang sudah disebutkan?

Tags
makanan khas Indonesia makanan populer Indonesia makanan vegetarian
Share