Pertama dan Satu-satunya di Kediri, Kuliner Unik Bakso Kelapa Muda

Rasanya tidak akan ada habis-habisnya jika mengupas kekayaan kuliner Nusantara. Terutama jika bicara soal bakso, makanan yang rasa-rasanya sudah menjadi favorit hampir semua warga Indonesia. Beberapa tahun belakangan, kuliner bakso terus mengalami perkembangan sesuai zaman dan selera pasar. Mulai ada yang berani mencampurnya dengan bahan-bahan baru seperti keju. Ada juga yang menyajikan bakso dengan beragam isian seperti daging dan cabai.

Namun di Kediri, Jawa Timur, belum lama ini muncul hidangan bakso yang begitu unik. Namanya Bakso Kelapa Muda dan konon kuliner ini merupakan pertama dan satu-satunya di Kota Tahu tersebut. Penasaran seperti apa uniknya Bakso Kelapa Muda di Kediri? Berikut TravelingYuk sajikan penjelasan lengkapnya.

1. Menggunakan wadah unik

Bakso Kelapa Muda di Kediri via Instagram Yanidadwifitriana

Zaman sekarang pengusaha kuliner tidak hanya semata mengandalkan rasa untuk menarik perhatian konsumen, namun juga penampilan. Hal tersebut disadari betul oleh pengelola Bakso Kelapa Muda. Alih-alih menggunakan mangkok biasa untuk menyajikan hidangan, para pengunjung bakal diberi kejutan khusus ketika melihat bakso pesanan mereka dihidangkan dalam mangkok yang dibuat dari kelapa muda.

Kelapa tersebut sudah dipotong bagian atasnya dan kemudian langsung disiram kuah plus diisi bakso serta tambahan lainnya. Sensasinya mirip seperti meminum es kelapa muda, namun alih-alih degan kamu justru akan menyantap bakso.

2. Rasa yang tiada dua

Perpaduan air kelapa dan bakso ciptakan rasa unik via Instagram donie_pilossa

Kombinasi kuah bakso, yang dibuat dari kaldu daging sapi, dan air kelapa muda menciptakan kombinasi tiada duanya. Rasa gurih dari kaldu berpadu sempurna dengan air kelapa yang sedikit manis. Selain menyantap empuknya bakso bulat dan berbagai pelengkapnya, para konsumen juga bisa menikmati daging kelapa muda yang masih menempel di bagian dalam tempurung. Sensasi petualangan kuliner unik di Bakso Kelapa Muda akan semakin lengkap jika Anda memesan Es Campur sebagai minuman penutup.

3. Pertama dan satu-satunya

Bakso disajikan dalam kelapa muda yang dikupas via Instagram mario.prayogo

Bakso Kelapa Muda di Kediri diklaim sebagai pertama dan satu-satunya di Kota Tahu. Setidaknya demikian menurut penuturan salah satu staff yang ada di tempat ini. Sepintas, menyajikan bakso di dalam buah kelapa muda memang bukan sesuatu yang lazim. Namun nyatanya keunikan ini justru mendapat sambutan positif dari warga Kediri.

Buktinya kedai Bakso Kelapa Muda sudah buka selama kurang lebih dua tahun. Meski begitu, harus diakui bahwa bakso dengan penyajian unik ini bukan pertama di Indonesia. Sebelumnya sudah ada kedai yang mengusung konsep serupa di Yogyakarta.

4. Harga cukup terjangkau

Bakso Kelapa Muda lebih nikmat disantap dengan Es Campur via Instagram taufiikk_24

Selain dari faktor rasa, harga yang terjangkau sepertinya juga menjadi salah satu alasan mengapa kuliner unik ini begitu digemari. Satu porsi Bakso Kelapa Muda ditawarkan dengan bandrol 20 ribu rupiah, cukup murah dan tentunya tak membikin kantong bolong.

5. Lokasi

Depot Sumber Sambel Mak Sri via Instagram Achmadikurnianto

Bagi Anda yang tertarik untuk menjajal kuliner unik di Kediri ini, langsung saja meluncur ke Jl HOS Cokroaminoto 199. Di kawasan tersebut Anda akan mendapati Depot Mak Sri, yang menjajakan Bakso Kelapa Muda sebagai salah satu menu andalannya. Depot yang konon dikunjungi hingga 50 orang per hari ini buka antara pukul 09.00 hingga 01.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat. Sementara di akhir pekan, kedai Mak Sri buka 24 jam penuh.

Itulah beberapa keunikan dan hal-hal menarik yang bisa Anda dapatkan ketika menyantap kuliner Bakso Kelapa Muda di Kediri. Bagaimana, sudah ada yang tertarik untuk datang ke sana dalam waktu dekat?

Tags
bakso kelapa muda bakso kelapa muda kediri Jawa Timur Kediri kuliner unik Wisata Kuliner
Share