Kuliner Pinggir Jalan di Kudus, Bisa Kenyang Dengan Uang Saku 15 Ribuan

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia

Kudus, kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang menawarkan berbagai destinasi wisata mulai dari alam seperti Bukit Ternadi, wisata religi diantaranya makam sunan, hingga wisata makan-makan dengan adanya beberapa pusat kuliner sebut saja di Desa Getaspejaten. Bagi Teman Traveler yang suka berkeliling untuk berwisata penganan juga bisa menemukan sejumlah kuliner pinggir jalan di Kudus yang tersebar di daerah ini. Nah berikut beberapa makanan yang bisa Teman Traveler santap.

Kembang Tahu

Kembang Tahu via Instagram @jakulkudus

Saat merebus kedelai yang akan dijadikan tahu, terjadi endapan di permukaan rebusannya. Nah itulah yang disebut kembang tahu bercitarasa gurih dan bertekstur empuk. Bisa dikatakan penganan ini merupakan camilan di masa sepulang sekolah, biasanya dijual di gerobak sederhana. Kalau di Kudus, bisa singgah pada Minggu pagi di Perempatan Sawah Pasuruhan, Jati Kulon, Kudus. Satu porsi di dalam bungkus plastik dibanderol harga Rp2 ribu saja loh.

Lentog

Lentog via Instagram @jakulkudus

Lentog adalah sebutan untuk campuran lontong, lodeh nangka, dan lodeh tahu. Biasanya disajikan dengan sate telur puyuh. Lentog merupakan singkatan dari pulen dan montog, menggambarkan tekstur lontong yang disajikan pada olahan ini. Teman Traveler bisa menyantap kuliner pinggir jalan di Kudus ini tepatnya Jalan Tanjung Karang, kedai Lentog Tanjung Pak Saekan. Satu porsi lentog dihargai Rp4 ribu saja, kalau mau nambah sate telur puyuh bisa keluarkan budget tambahan.

Jagung Bakar Bu Paini

Jagung Bakar Bu Paini via Instagram @jakulkudus

Kuliner pinggir jalan di Kudus satu ini cocok untuk menu camilan yang cukup mengenyangkan loh. Di warung Jagung Bakar Bu Paini Belakang Taman Krida, Teman Traveler bisa menemukan beberapa menu seperti jagung bakar, bakwan bakar, sate usus, dan sate jeroan lain. Nah biasanya bakwan bakar, sate jeroan, dan jagung bakar yang sudah diambil bijinya ini dimakan barengan lebih nikmat. Rasanya gurih dengan sedikit rasa seperti gosong. Menu di sini masing-masing berada di kisaran harga Rp1000 sampai Rp5 ribu saja.

Kerang

Kerang via Instagram @jakulkudus

Nah siapa sangka kerang yang biasanya dijual di restoran seafood bisa berharga puluhan ribu, sedangkan di kedai Kerang Perempatan Sucen Jalan Menara, Kudus, satu porsi hanya Rp5 ribuan. Teman Traveler bisa memilih kerang dara atau kerang hijau, bisa direbus saja atau digoreng pedas.

Membahas kuliner pinggir jalan memang tidak pernah ada habisnya, banyak pilihan serta harganya terjangkau. Seperti yang bisa ditemukan di Kabupaten Kudus. Jadi Teman Traveler sudah pernah mencicip makanan yang mana, nih?