Kuliner Pengganti Ketupat dari Berbagai Daerah di Indonesia, Lebaran Makin Istimewa

Lebaran sepertinya kurang lengkap tanpa opor dan juga ketupat. Menu lebaran satu ini benar-benar membuat banyak orang ketagihan. Rasa opor yang sangat lezat dikombinasikan dengan kenyalnya ketupat, membuat banyak orang menantikan kuliner ini saat Hari Kemenangan tiba. Di daerah lainnya di Indonesia, ada beberapa kuliner pengganti ketupat yang juga disajikan kala lebaran tiba.

Pali-pali, Ternate

Disebut juga nasi jaha atau pali-pali, Via Instagram dapurfoody
Disebut juga nasi jaha atau pali-pali, Via Instagram dapurfoody

Pali-pali merupakan kuliner khas Ternate yang sekilas mirip dengan ketupat. Tapi perbedaanya yang sangat mencolok dengan ketupat adalah penggunaan daun lontar sebagai pembungkusnya. Daun lontar dianyam lalu jadi kemasan dari pali-pali ini. Karena penggunaan daun lontar inilah, dibandingkan dengan ketupat rasanya juga cukup berbeda. Di Ternate, pali-pali ini dimakan dengan gohu ikan ataupun kuliner khas lainnya.

Lemang, Sumatera

Lemang, Via Instagram izwana.ismail
Lemang, Via Instagram izwana.ismail

Lemang atau lamang merupakan kuliner khas Sumatera yang merupakan pengganti ketupat. Bahan baku untuk membuat lemang adalah beras ketan yang dimasak pada seruas bambu ang sebelumnya sudah digulung selembar daun pisang. Cara pengonsumsian lemang ini berbeda-beda di setiap daerah, ada yang dinikmati dengan cara manis dengan menambahkan kinca ataupun selai. Ada pula yang mengosumsinya dengan cara asin dengan rendang, telur dan juga lauk pauk lainnya.

Sekubal, Lampung

Sekubal, Via Instagram kuliner_lampung
Sekubal, Via Instagram kuliner_lampung

Sekubal adalah kuliner dari Lampung yang selama ini identik menjadi sajian Hari Raya. Kuliner satu ini berasal dari beras ketan putih yang diolah dengan daun pisang yang kemudian dikukus. Sekubal biasanya disajikan dengan opor ayam, sayur lodeh ataupun juga rendang. Rasa sekubal ini sangat gurih, pasalnya beras ketan dimasak dengan air santan dan diberi garam secukupnya.

Burasa, Makassar

Burasa, Via Instagram hanhanny
Burasa, Via Instagram hanhanny

Sementara itu ada kuliner lainnya yang bernama burasa yang bisa menjadi pengganti ketupat. Bentuknya menyerupai lontong, namun agak pipih. Burasa merupakan makanan wajib bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang biasa dijasikan bersama dengan coto Makassar dan juga opor ayam. Kuliner ini terbuat dari beras yang terlebih dahulu dimasak dengan santan sehingga menjadi lembek lalu dibungkus daun pisang. Di luar Makassar, kuliner ini juga mudah ditemui di Gorontalo dan juga Kalimantan.

Itulah kuliner yang bisa digunakan sebagai pengganti ketupat. Rasanya juga tidak kalah nikmat, teksturnya juga kenyal dan membuat penikmatnya ketagihan.

Tags
kuliner lebaran kuliner pengganti ketupat
Share