Mulai Gula Jengkol Hingga Jendral Mabok, Uniknya Kuliner Penajam dan Kutai

Setiap daerah memiliki kuliner khas yang bisa membuat seseorang ingin berkunjung kembali. Tak terkecuali dengan kuliner ibu kota baru, Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Selain lokasinya luas dan strategis, juga kaya akan kuliner, pantas jika dua kota ini menjadi destinasi liburanmu selanjutnya. Berikut ini jajaran kuliner Penajam dan Kutai. Apa saja ya?

1. Sate Payau

Sate Payau via Instagram/@addepe.eat

Berbeda dengan sate biasa yang memakai daging sapi atau ayam, Sate Payau ini menggunakan daging rusa. Sate Payau ini berasal dari Kutai, Kalimantan Timur. Teksturnya yang lembut akan membuat ketagihan saat menggigit. Sayangnya kuliner ini hanya bisa kamu temukan saat upacara adat Kalimantan Timur dan festival kesenian.

2. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor via Instagram/@pawonlena

Selain Sate Payau, ada juga rekomendasi kuliner khas Kutai yang harus dicoba, namanya Nasi Bekepor. Penampilan dan rasanya sama seperti nasi uduk. Namun yang berbeda adalah lauknya yang berupa ikan asin, rempah-rempah dan minyak sayur.

Selain itu, biasanya Nasi Bekepor ini juga ditemani dengan sayur gangan asam kukar. Sejenis sayur asem yang di dalamnya terdapat ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur. Untuk menambah cita rasa, bisa tambahkan sambal biar semakin nikmat.

3. Gula Jengkol

Gula Jengkol via Facebook/@nursalim

Pasti sebagian dari kalian bingung dengan nama kuliner satu ini. Apakah jengkol yang dibumbu manis atau gula yang dicampur jengkol?

Sebenarnya gula jengkol adalah gula aren yang dicetak seperti jengkol. Penajam memang dikenal sebagai produsen gula berkualitas. Jika ingin mencoba gula jengkol ini kamu bisa menemukannya di pasar tradisional.

4. Jenderal Mabok

Jenderal Mabok via Facebook/Ilva Noor Alvianty

Memiliki warna hijau yang menarik, tak jarang membuat sebagian orang penasaran mencoba Jenderal Mabok ini. Kue ini dibuat dari campuran susu, telur, dan gula. Teksturnya yang lembut dan manis membuatnya menjadi cocok sebagai cemilan bersama teh hangat. Biar makin cantik dan wangi, biasanya Jenderal Mabok ini diberi tambahan daun suji dan daun pandan.

Nah itu dia kuliner Penajam dan Kutai Kartanegara yang bisa kamu coba. Manis dan bikin penasaran, ya. Bagaimana, adakah yang pernah Teman Traveler coba?

Tags
Indonesia Kalimantan Timur kuliner kutai kertanegara penajam
Share