Kuliner Khas Kalimantan Timur, Rasanya Bikin Ketagihan!

Nggak cuma Soto Banjar, kuliner khas Kalimantan Timur juga berani diadu dengan makanan dari daerah lain. Karena kurang kurang terekspos membuat keberadaannya tidak terlalu populer di kalangan wisatawan. Jika Teman Traveler sedang berencana ke sini dalam waktu dekat, sejumlah daftar makanan berikut bisa kalian masukkan ke dalam bucket list nanti. Simak ya!

Sate Payau

Sate Payau
Sate Payau, via Instagram/rindacakeandsteakhouse

Kuliner ini cukup sulit ditemukan dan tak banyak warung yang menjual Sate Payau. Salah satu faktornya ialah keterbatasan bahan dasar karena menggunakan daging rusa. Seperti sate pada umumnya, daging payau (rusa) tersebut disiram dengan campuran bumbu kacang dan kecap. Rasanya khas dan memiliki tekstur empuk. Hidangan ini terkadang muncul di sejumlah festival tertentu saja. Sehingga beruntung sekali bagi Teman Traveler yang pernah mencicipinya.

Pisang Gapit

Pisang Gapit
Pisang Gapit, via Instagram/ika_esthriani

Salah satu camilan khas Kalimantan Timur yang tak boleh dilewatkan ialah Pisang Gapit. Bahan dasarnya terdiri dari pisang yang telah dipipihkan lalu dibakar dan disiram saus gula merah di atasnya. Saus terdiri dari air, santan, tepung, dan gula merah. Rasanya manis dan cocok dijadikan sebagai hidangan penutup. Pisang kepok merupakan jenis yang paling sering digunakan.

Nasi Bekepor

kuliner kalimantan timur
Nasi Bekepor, via Instagram/You Kaltim

Telah ada sejak zaman kerajaan Kutai Kartanegara, dahulu Nasi Bekepor merupakan makanan yang hanya disajikan bagi keluarga kerajaan saja. Kuliner tradisional ini terdiri dari beras yang dicampur dengan minyak sayur, rempah-rempah, dan potongan ikan asin.

Biasanya disajikan bersama enam macam sambal yang dicampur menjadi satu. Namun semakin berkembangnya zaman, membuat hidangan ini cukup sulit ditemukan. Tapi jika Teman Traveler ingin sekali mencobanya, kalian bisa mampir ke Warung Selera Acil Inun yang terletak di Jl. Kadrie Oening, Samarinda.

Amplang

Kuliner kalimantan timur
Camilan tradisional Amplang, via Instagram/cemilan_putsyah

Nah, makanan satu ini kerap dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan sehabis berkunjung ke Kalimantan. Amplang merupakan makanan sejenis kerupuk bercita rasa khas. Camilan tersebut terbuat dari daging ikan yang telah digiling halus dicampur dengan tepung sagu.

Jenis ikan yang sering digunakan yakni tenggiri, gabus (haruan), atau belida (pipih). Bentuknya berbeda-beda dan rasanya gurih. Bahkan beberapa toko oleh-oleh juga ada yang menjual berbagai varian amplang seperti rasa barbekyu, ayam bawang, lada hitam, dan lain-lain.

Kuliner khas Kalimantan Timur unik juga kan? Kapan nih mau liburan ke sini? Jangan lupa untuk jajal wisata alamnya juga ya!

Tags
Indonesia kalimantan kuliner
Share