Kuliner Papua Berbahan Ikan, Cita Rasa Khas Timur Indonesia

Papua dikaruniai keindahan alam menakjubkan, salah satunya Raja Ampat yang mendunia. Nggak cuma populer dengan wisata, makanannya juga oke banget. Kekayaan laut yang melimpah membuat kuliner Papua berbahan ikan diminati wisatawan. Biar nggak penasaran, simak daftar berikut yuk!

Ikan Bungkus

Ikan Bungkus Papua via Facebook Chikha Annisa Arpy
Ikan Bungkus Papua via Facebook Chikha Annisa Arpy

Mirip dengan pepes, ikan bungkus termasuk salah satu kuliner yang cukup populer. Bahan dasar dari penganan lezat ini berupa ikan seperti bandeng, yang sering digunakan sebab setelah dimasak pun dagingnya nggak hancur. Kalau pepes dibungkus daun pisang, maka ikan bungkus menggunakan daun talas.

Beragam rempah-rempah digunakan untuk membuat ikan bungkus, di antaranya daun salam yang membuatnya menjadi harum, bawang, cabai, asam, batang serai, dan lainnya. Nah bumbu wajib lainnya adalah garam, selain menambah rasa gurih, ia juga berguna untuk menghilangkan getah daun talas. Setelah dibungkus, ia dimasak dengan cara dibakar.

Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari via Instagram/ivannie293

Manokwari termasuk salah satu kota di Papua. Daerah ini terkenal akan kuliner khas berupa Ikan Bakar Manokwari. Tongkol termasuk salah satu jenis ikan yang kerap dipilih untuk kemudian dibakar dan disantap.

Keistimewaan Ikan Bakar Manokwari terletak pada bumbu yang digunakan, yakni berupa sambal yang telah digiling kasar dan nggak dimasak alias mentah. Itulah yang membuat kuliner ini terasa istimewa.

Ikan Kuah Kuning

Kuah Kuning dari Papua
Ikan Kuah Kuning dari Papua, via Instagram/lisdawuisan

Masakan ikan kuah kuning dimasak dengan campuran bumbu seperti daun kemangi, lengkuas, ketumbar sangrai, kunyit, dan serai. Biasanya kuliner Papua berbahan ikan ini disantap dengan papeda. Karena dapat menciptakan rasa yang gurih serta berguna untuk menghilangkan bau dari sagu.

Keunikan lainnya terletak dari cara menyantapnya. Teman Traveler dapat mengambil papeda menggunakan sumpit yang diputar-putar, untuk dicampur ke piring berisi kuah ikan.

Aunu Senebre

Makanan papua dari ikan
Aunu Senebre, via Instagram/apiaward

Aunu Senebre ialah masakan yang terdiri dari ikan teri, nasi, dan daun talas beserta batangnya yang telah diberi garam. Ikan teri cukup mudah ditemui di Papua dan dijual dengan harga murah. Selain itu, gizinya juga tinggi.

Aunu Senebre dimasak dengan cara dikukus dan bisa disantap bersama nasi panas atau papeda. Saking enaknya, kuliner ini terpilih menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017, dalam kategori makanan tradisional terpopuler.

Itulah sejumlah kuliner Papua berbahan dasar ikan. Jadi nggak sabar untuk mencicipinya, kan? Teman Traveler dapat menjajal makanan seafood tersebut di Jayapura, seperti  Duta Cafe Lesehan Atas Laut dan Rumah Laut Restaurant.

Tags
Indonesia kuliner Kuliner Papua Berbahan Ikan Papua
Share