Kuliner Pagi Murah Meriah di Jogja, Sarapan Kenyang dan Bahagia

Salah satu kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari traveling adalah mencicipi berbagai makanan enak di daerah yang dikunjungi. Selain budaya dan wisata yang menarik, kuliner Jogja juga menjadi salah satu daya tarik yang mengundang berbagai wisatawan untuk datang. Jangan khawatir kelaparan, ada deretan kuliner enak dan murah yang bisa jadi menu sarapan kamu saat traveling ke Kota Gudeg. Apa saja, ya?

1. Ketoprak Bakso

Ketoprak Bakso
Ketoprak Bakso [image source]
Ketoprak adalah makanan khas Indonesia yang berisi ketupat dengan campuran saus kacang dan ditaburi dengan bawang goreng. Namun, Ketoprak Warung Pak No Kumis yang berlokasi di Jl. Kesehatan UGM, Jogja berbeda karena ada campuran baksonya. Pembeli bisa memilih bakso kering atau basah, maupun bakwan. Dengan harga kisaran 10 ribu rupiah, makanan enak ini bisa dinikmati sejak pukul 9.30 WIB.

2. Soto Daging Sapi Gumyak

SOTO SAPI GUMYAK KANG KASIDI
Soto Sapi Gumyak Kang Kasidi [image source]
Yang punya hobi jalan pagi, bisa nih sekalian mampir ke Soto Sapi Gumyak Kang Kasidi di Jalan Imogiri Timur Km.9. Warung yang sudah buka sejak pukul 6 pagi ini tidak boleh dilewatkan. Kuahnya sangat segar, ditambah dengan wangi khas dari daun kemangi sebagai salah satu campurannya. Semangkuk hanya 10 ribu rupiah.

3. Tongseng Kambing Munggur Indah

Tongseng Kambing Munggur Indah
Tongseng Kambing Munggur Indah [image source]
Tak perlu menunggu momen Idul Adha untuk bisa menikmati kuliner serba kambing. Mampir saja ke Tongseng Kambing Munggur Indah yang ada di Jl. Godean Km.7 Sidoarum Godean. Rasakan sendiri empuknya daging dengan kuah sedap menggoda di warung yang sudah buka sejak pukul 8 pagi ini. Menu ini tetap mantap disantap untuk makan siang ataupun malam. Seporsinya hanya dibandrol 16 ribu rupiah.

4. Mie Ayam Bandung 59

Mie Ayam Bandung Pasar Pathuk
Mie Ayam Bandung Pasar Pathuk [image source]
Pecinta mie wajib banget mencicipi enaknya Mie Ayam Bandung 59 yang buka sejak pukul 6 pagi di depan Pasar Pathuk Jogja. Jangan datang terlalu siang kalau tak mau kehabisan. Saking enaknya, warungnya sudah tutup hanya dalam waktu beberapa jam. Kamu bisa memilih kuah sesuai selera, dari yang asin hingga pedas manis. Harga per porsinya berkisar 18 ribu rupiah saja.

5.Lupis Mbah Satinem

Lupis Mbah Satinem
Lupis Mbah Satinem [image source]
Makanan tradisional enaknya memang tak ada dua. Salah satunya adalah lupis yang terbuat dari ketan dengan siraman gula merah. Setiap jam 6 pagi, Lupis Mbah Satinem sudah bisa dibeli di Pertigaan Bumijo, Jl. Diponegoro Barat Tugu. Serunya lagi, dengan harga 5000 rupiah sudah bisa dapat banyak. Kenyang dan bahagia, nih.

6. Sate Pak Turut

Sate Pak Turut Wonosari
Sate Pak Turut Wonosari [image source]
Pecinta makanan pedas wajib mencoba Sate Kambing Pak Turut yang ada di Ksatrian No.17 Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Warungnya sudah buka sejak pukul 8 pagi, dan siap menjadi menu sarapanmu. Keunikan rasa sate Pak Turut terletak di bumbu kecap yang ditaburi merica. Kebayang enaknya, kan?

7. Kopi Lotok Seturan

Kopi Lotok Seturan
Kopi Lotok Seturan [image source]
Pagi hari memang nikmatnya dibuka dengan secangkir kopi panas, apalagi sekalian sarapan. Mampir saja ke Kopi Lotok di Jl. Seturan Raya Yogjakarta, sudah buka di jam 9 pagi. Mau cemilan seperti pisang goreng, hingga makanan berat dengan garang asem juga ada. Apalagi di sini biasanya ada promo makan sepuasnya tapi bayar setengah. Kurang hemat apa, nih?

Wah, ternyata Jogja tak hanya punya gudeg, ya. Ada banyak pilihan kuliner enak lainnya yang bisa jadi menu sarapan. Bagaimana, kamu sudah pernah coba yang mana?

Tags
Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia Jogja kuliner sarapan murah
Share