Menu Sarapan di Jember, Murah dengan Porsi Melimpah

Traveling memang satu paket dengan berburu kuliner di kota atau negara yang dikunjungi. Tak hanya terkenal dengan wisata Pantai Papuma, Jember juga memiliki sederetan makanan enak yang bikin kangen untuk berkunjung kembali. Jangan khawatir, ada banyak kuliner pagi Jember yang bisa menjadi bahan bakar sebelum menjelajah kota. Selain murah, menu-menu di bawah ini juga disajikan dalam porsi yang lumayan banyak. Apa saja, ya?

1. Pecel Gudeg Lumintu

Pecel Gudeg Lumintu, Jember
Pecel Gudeg Lumintu, Jember via Instagram/@hobimakanenak

Salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jember adalah Pecel Gudeg Lumintu. Jika di Jogja kamu bisa menikmati Gudeg yang nikmat dengan sensasi rasa manisnya, di kota ini lain cerita. Di sini kamu akan disuguhi kolaborasi dari gudeg dan pecel yang ternyata sangat cocok di lidah. Gudegnya sudah disesuaikan dengan cita rasa warga lokal, sehingga bisa menyatu dengan pecel. Lokasi Pecel Gudeg Lumintu yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu ini berada di Jalan Kertanegara No. 33, Jember. Kamu sudah bisa mencicipi kuliner satu ini sejak pukul 8 pagi, kecuali hari Sabtu, ya. Harga per porsinya Rp20 ribu, namun kenyang untuk dua orang.

Pecel Gudeg Lumintu
Pecel Gudeg Lumintu via Instagram/@ayas_lusi

2. Soto Dahlok

Soto Dahlok
Soto Dahlok via Instagram/@miki.richa.h

Kuliner pagi Jember lainnya yang cocok untuk sarapan adalah Soto Dahlok yang ada di daerah Kepatihan, Kaliwates, Jember. Berbeda dengan soto lainnya, kuahnya terasa sangat segar karena dicampur dengan potongan tomat merah. Dagingnya pun menggunakan ayam kampung yang juga membuat kaldu untuk kuah semakin gurih. Untuk satu mangkok Soto Dahlok biasa, harganya hanya Rp13 ribu. Porsi yang disuguhkan pun sangat melimpah. Daripada tidak sanggup menghabiskan, lebih baik pesan setengah porsi atau berbagi dengan teman. Soto ini sudah turun-temurun dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Tenang saja, rasanya masih sesegar dulu. 

Soto Dahlok Jember
Soto Dahlok Jember via Instagram/@winda_tan

3. Bubur Hj. Sundari

Bubur Hj. Sundari Jember
Bubur Hj. Sundari Jember via Instagram/@makananjember

Pagi-pagi enaknya memang menyantap semangkuk bubur ayam yang hangat. Jika berkunjung ke Jember, jangan lupa mampir ke Bubur Ayam Hj. Sundari yang membuka warung sederhananya di Jalan Teuku Umar No. 30, Tegal Besar, Kebonsari, Jember. Meski kedainya tidak besar, namun rasa dari bubur ayam yang disajikan luar biasa enak dan bikin nagih. Seporsi dari bubur ayam biasa milik Hj. Sundari ini dibanderol dengan harga Rp12 ribu. Namun kamu juga bisa memesan dengan tambahan lauk spesial. Kamu bisa memulai petualangan menjelajah kota Jember dengan sarapan bubur karena warungnya sudah siap melayani para pelanggannya sejak pukul 6 pagi.

Bubur Hj. Sundari
Bubur Hj. Sundari via Instagram/@makananjember

4. Mie Mangkok Pak Ndut

Mie Mangkok Pak Ndut
Mie Mangkok Pak Ndut via Instagram/@mie_pak.ndut

Satu lagi juaranya kuliner murah di Jember. Mie Mangkok Pak Ndut sudah terkenal menyediakan berbagai pilihan mie dengan harga yang ramah di kantong. Lokasinya berada di Jalan Belimbing Barat, Jember. Tempatnya nyaman dan memiliki beragam pilihan menu makanan dan minuman. Mie-mie di sini dibanderol dengan harga kisaran Rp10 ribu saja. Sudah murah, kamu juga dapat bonus mangkok kerupuk yang juga bisa dimakan. Siap-siap mencicipi beragam suguhannya sejak pukul 9 pagi hingga jam 8 malam, ya.

Mie Mangkok Pak Ndut di Jember
Mie Mangkok Pak Ndut di Jember via Instagram/@mie_pak.ndut

Nah, kini tak perlu bingung harus sarapan apa, kan? Berbagai pilihan kuliner pagi Jember siap mengenyangkanmu sebelum mulai mengeksplor wisata-wisata keren di kota ini. Bagaimana, kapan ke Jember?

Tags
Indonesia Jawa Timur Jember kuliner menu sarapan pagi
Share