Kuliner Khas yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan di Malang

Alfri

Alfri

On Kuliner

Kita akui bahwa tempat wisata Malang memang beragam. Tetapi yang bikin betah wisatawan saat berkunjung ke sana bukan hanya karena pilihan destinasi wisatanya yang seru saja namun daerah ini juga memiliki pilihan kuliner Malang yang lezat dan mengenyangkan. Seperti kita ketahui bahwa traveling kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan atau kuliner khas daerah tujuan. Berikut ini aneka jajanan khas yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Malang.

1. Mie Iblis Malang

Mie Iblis [image source]
Bagi traveler yang sudah pernah berlibur di Malang pasti familiar dengan nama kuliner yang satu ini. Mie Iblis Malang adalah sajian lezat yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota ini. Menu sajian ini akan menjadi pelengkap liburanmu selama disana terutama buat traveler yang suka sekali dengan makanan pedas sebab mie yang disajikan disini akan menggoyang lidahmu.

Mie Iblis [image source]
Mie Iblis memiliki dua makna, arti aslinya adalah sebuah akronim dari Ini Baru Lezat dan Istimewa sedangkan arti yang kedua berhubungan dengan rasa pedasnya yang wow. Jadi calon pembeli ditawarkan pada beberapa varian level pedas saat memesan mie ini. Mie Iblis tidak hanya memikat para traveler saja, banyak mahasiswa yang menuntut ilmu di Malang rela balik lagi kesana setelah lulus hanya gara-gara kangen dengan pecahnya rasa Mie Iblis.

Lokasi : Jalan Bromo No. 1, Kauman, Klojen, Kota Malang

2. Mie Gajah Mada Malang

Mie Gajah mada [image source]
Kawasan Jalan Pasar Besar, Malang juga terdapat tempat kuliner yang menyajikan menu khas yang wajib kamu cicipi. Adalah Mie Gajah Mada Malang, tempat kulineran yang begitu terkenal dengan menu andalannya aneka olahan dengan bahan dasar mie. Lokasinya sangat strategis karena terletak di kawasan pasar modern yang merupakan pusat perdagangan di Malang.

Mie Gajah mada [image source]
Setiap traveler yang datang diberikan banyak pilihan menu yang semuanya memakai bahan dasar mie. Dua menu andalan yang paling banyak disukai pembeli adalah mie ayam jamur serta mie pangsit. Meski menu yang dijual ini sebenarnya adalah menu-menu yang banyak dijumpai di kota lain namun penyajian dan cita rasa yang disuguhkan sangat berbeda dan yang pasti memanjakan lidah pembeli. Dijamin deh sekali mencoba kamu bakal nambah lagi.

Image Source : Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Klojen, Malang

3. Surabi Gendut

Surabi Gendut [image source]
Pernah makan kuliner khas dari Solo yang bernama Srabi Notosuman? Nah Malang ternyata juga punya kuliner sejenis namanya Surabi Gendut. Sebenarnya jenis makanan ini sudah sangat populer di tanah Jawa namun cita rasa dan penyajian surabi di Malang ini berbeda dari yang lainnya sehingga menghasilkan kekhasan yang banyak disukai pembeli.

Surabi Gendut [image source]
Bedanya Surabi Gendut dengan surabi-surabi yang lain terletak pada ukurannya dan juga aneka topping yang digunakan. Surabi Gendut memiliki ukuran yang lebih besar dengan topping aneka rasa yang bisa dipilih oleh pembelinya. Umumnya pembeli menyukai surabi dengan topping durian di atasnya. Membayangkannya saja rasanya sudah pengin ngiler. Langsung saja kalau kamu penasaran dan tertarik membeli, datang ke alamat Jalan Mayjend Panjaitan 205 Malang.

Lokasi : JL. Mayjend Panjaitan, Penanggungan, Klojen, Kota Malang

4. Bakso President

Bakso Presiden [image source]
Bakso Malang begitu terkenal di kota-kota di Jawa, nah mumpung liburan di kota asalnya jangan melewatkan untuk mencicipi bakso Malang di kota aslinya, pasti rasanya beda. Salah satu tempat yang menjadi rekomendasi untuk mencicipi bakso adalah di Bakso President yang terletak di pinggiran rel kereta api yang ada di Jalan Batanghari No.5.

Bakso Presiden [image source]
Tempat kulineran satu ini sudah sangat terkenal di Malang terlebih tercatat beberapa artis yang liburan disana juga selalu menyempatkan diri untuk makan bakso di tempat ini. Selain rasa bakso yang disajikan sangat lezat, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Mungkin itulah salah satu alasan traveler memilih untuk makan baksi di sana.

Lokasi :  Jl. Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malan

5. Angsle Ronde Titoni

Ronde Titoni [image surce]
Sebagian besar dari kita mungkin masih asing dengan nama makanan Angsle. Namun bagi warga Malang ini adalah makanan favorit mereka. Angsle adalah makanan manis berkuah yang di dalamnya terdapat roti tawar, kacang hijau, agar-agar dan juga kuah kental yang memiliki rasa manis gurih. Cara makannya pun beragam bisa dengan es atau dimakan saat masih hangat.

Ronde Titoni [image surce]
Sulit memang untuk mendiskripsikan rasa dan isi makanan ini. Langsung saja berkunjung ke Malang tepatnya di Jalan Zainul Arifin untuk mencicipi sendiri seperti apa sih rasanya Angsle itu. Yang pasti menurut cerita orang yang pernah mencicipinya, rasa makanan ini sangat lezat. Di Angsle Ronde Titoni ini juga dijual wedang ronde, minuman hangat dengan kacang dan kuah jahe yang lezat.

Lokasi :  Jl. Zainal Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

6. Burger Buto

Burger Buto [image source]
Pernah makan burger? Burger yang ditawarkan di Malang ini sangat berbeda dan dijamin membuat perutmu penuh sesak. Burger Buto, sesuai dengan namanya Buto dalam bahasa Jawa berarti raksasa, jelas saja burger yang disajikan ini ukurannya tidak biasa. Satu porsi saja cukup untuk mengenyangkan 2-3 orang.

Burger Buto [image source]
Burger memang bukanlah jenis kuliner asli Indonesia. Namun burger yang dijual di Jalan Sarangan, Malang ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Tapi bukan itu yang jadi perhatian pembeli, ukurannya lah yang membikin kita geleng-geleng kepala. Ada burger jumbo, ada pula yang berbentuk panjang tapi jangan khawatir bagi traveler yang porsi makanannya sedikit bisa memesan ukuran mini kok.

Lokasi : Jalan Sarangan No.27, Lowokwaru, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

7. Pia Mangkok Malang

Pia Mangkok [image source]
Bakpia adalah jajanan khas dari Yogyakarta, sedangkan di Malang memiliki pia yang lain namanya Pia Mangkok. Sepintas tidak ada yang berbeda dari Bakpia dan Pia Mangkok. Ini adalah semacam kue basah dengan isi kacang hijau di dalamnya. Banyak juga yang bilang jika antara keduanya hampir tidak memiliki perbedaan.

Pia Mangkok [image source]
Dari pada penasaran kamu beli saja Pia Mangkok yang berada di Jalan Semeru No. 25 Malang ini. Rasakan dan coba bandingkan dengan Bakpia Pathok yang ada di Jogja. Mungkin kamu bisa menganalisa perbedaan antara keduanya? Selain kacang hijau, Pia Mangkok dari Malang ini juga menawarkan rasa lainnya seperti durian, keju, cokelat dan kopi.

Lokasi : Jalan Semeru No.25, Kauman, Klojen, Kota Malang

8. Bakpao Boldy

Bakpao Boldy [image source]
Bakpao adalah jenis makanan yang umum kita temui. Namun Bakpao Boldy yang berasal dari Malang ini tetap layak untuk kamu cicipi lantaran ini adalah salah satu jajanan legendaris di kota tersebut. Bakpao ini dibuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Bakpao Boldy [image source]
Rasa Bakpao Boldy memang khas dan lezat yang memanjakan lidah setiap pembeli. Ada beberapa varian rasa yang ditawarkan antara lain rasa kacang hijau, rasa ayam, rasa kacang tanah, dan masih banyak lagi. Jajanan ini bisa kamu beli di alamat Jalan Mangun Sarkoro No. 25 atau di Jalan Boldy No. 25 Malang.

Lokasi : Jl. Mangun sarkoro No.25, Jodipan, Blimbing, Kota Malang.

9. Bakso Cak Kar

Bakso Cak Kar[image source]
Kuliner Malang saat ini sudah semakin beragam. Namun hebatnya, masih ada beberapa yang khas dan legendaris. Terutama bakso dengan cita rasa khas Kota Apel, kamu bisa mencoba Bakso Cak Kar yang menyuguhkan berbagai olahan bakso dengan keunikan tersendiri.  Sekali coba dijamin susah berpaling. Lokasinya ada di kawasan Singosari, jika melakukan perjalanan ke luar Malang lewat jalur utara bisa mampir ke warung Cak Kar Ini.

Bakso Cak Kar[image source]
Menu andalan Warung Cak Kar adalah bakso mercon. Gigitan pertama langsung memberikan rasa yang meledak. Bagaimana tidak, bakso itu ditambah dengan cincangan cabai, jamur dan lain sebagainya. Dengan kata lain, baksonya memiliki rasa pedas. Namun jangan khawatir, kamu yang tidak suka dengan sensasi cabai, bisa mencoa menu bakso lain di sini.

Lokasi : Jalan Kartanegara Barat III, Candirenggo, Singosari, Malang 

Masih ada rekomendasi kuliner Malang lainnya yang belum disebutkan Travelingyuk? Yuk share dengan mengisi kolom komentar.