Kuliner Malang Legendaris dan Favorit

Kota Apel memang memiliki sejuta pesona. Wisata alam yang indah, berbagai tempat hiburan seru, hingga aneka kuliner Malang yang lezat, semua bisa kamu temukan di sini. Kota Malang sendiri memiliki beberapa kedai makanan legendaris yang telah berdiri hingga puluhan tahun lamanya. Dan Travelingyuk merekomendasikan 10 tempat makanan ini untukmu

1. Ronde Titoni

Warung Ronde Titoni [image source]

Merupakan warung dengan sajian ronde paling enak di Malang. Namanya pun telah meluas hingga keluar kota. Telah berdiri sejak tahun 1948 silam, awalnya dijajakan dengan berkeliling dan sering mangkal di depan toko jam Titoni. Dari situlah asal muasal pemberian nama bagi kedai yang kini berada di kawasan Pasar Besar tersebut. Selain ronde, warung Titoni juga menyediakan berbagai hidangan hangat lainnya seperti angsle, kacang kuah, dan roti goreng. Semuanya pun tak kalah enak. Seporsi aneka minuman hangat dibanderol dengan harga mulai Rp7.000,- sedangkan roti goreng dijual Rp3.000,- per bijinya.

Sajian Wedang Ronde istimewa di Warung Titoni [via]
Nama : Ronde Titoni

Alamat : Jl. Zainal Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Telp : (0341) 808292

Buka : 18.00-00.00

2. Mie Gajah Mada

Pangsit Mie Gadjah Mada Malang [via]

Merupakan salah satu kedai legendaris di Kota Malang. Hingga kini masih berdiri dan tak pernah sepi pembeli. Menunya pun masih sama seperti dahulu kala. Salah satu menu favorit di kedai ini adalah Pangsit Mie Ayam Jamur.  Disajikan dengan daun selada sebagai alas, kemudian diletakkan pangsit rebus diatasnya, disusul dengan mie, dan yang terakhir ditaburi dengan potongan ayam serta jeroan yang dimasak kecap, tak lupa irisan bawang goreng dan daun bawang sebagai pelengkap. Kuahnya dibuat terpisah agar pembeli bisa menambahkannya sesuai selera.

Pangsit mie legendaris di Kota Malang [via]
Nama : Mie Gajah Mada

Alamat : Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Telp : (0341) 362171

Buka : 09.00–14.30 & 17.00–21.00

3. Depot Rawon Nguling

Sajian spesial di Depot Rawon Nguling [via]

Kedai yang menyajikan menu spesial rawon dengan rasa yang begitu khas. Kuah kental kaya akan rempah dipadu dengan daging sapi empuk yang bumbunya meresap hingga ke dalam membuat siapa saja yang sudah mencoba selalu ingin kembali lagi kesana. Maka tak heran jika hidangan di depot ini digadang-gadang sebagai rawon terenak se Malang Raya. Tergolong salah satu kedai legendaris di Kota Malang, karena sudah dikenal sejak tahun 1942 silam. Sedangkan cabang pertamanya berada di Tongas, Probolinggo, Jawa Timur.

Nikmatnya hidangan di Depot Rawon Nguling bikin ketagihan [via]
Nama : Depot Rawon Nguling

Alamat : Jl. Zainul Arifin No.62, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang

Telp : (0341) 324684

Buka : 07.00-15.30

4. Depot Gang Djangkrik

Beberapa menu yang disajikan di Depot Gang Djangkrik Malang [via]

Telah berdiri sejak sekitar tahun 1960, Depot Gang Djangkrik bisa dibilang salah satu pelopor munculnya Chinese Food di Kota Malang. Hidangan spesial sekaligus favorit di kedai ini adalah Cwie Mie dengan resep turun temurun yang tak pernah berubah sejak zaman dahulu kala. Setiap hari lokasinya selalu ramai dipadati pengunjung. Karena berkembang sangat pesat, kini Depot Gang Djangkrik telah membuka cabang di Jalan Soekarno-Hatta No. 4-B (Ruko Soekarno-Hatta Business Center) dengan hidangan yang dijamin 100% halal.

Hidangan di Depot Gang Djangkrik yang menggoda selera [via]
Nama : Depot Gang Djangkrik

Alamat : Jl. Letjen Sutoyo No. 136, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65111

Telp : (0341) 480431

Buka : 08.00-21.00

5. Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong Lonceng legendaris di Malang [via]

Juga dikenal dengan sebutan Tahu Lontong Lonceng Panca Budhi karena kedainya terletak tepat di sebelah Gedung Persemayaman Panca Budhi. Telah berdiri sejak tahun 1935 silam, depot yang terbilang sederhana ini hanya menyajikan 3 macam menu makanan, yaitu tahu telor lontong, tahu telor nasi, dan tahu lontong biasa. Yang membuatnya berbeda adalah rasa bumbu kacang yang khas dan tak bisa ditemukan di tempat lain. Cukup dengan Rp9.000,- saja, kamu sudah bisa menikmati seporsi hidangan istimewa di depot ini.

Tahu lontong dengan bumbu spesial [via]
Nama : Tahu Lontong Lonceng

Alamat : Jl. R.E. Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang

Telp : (0341) 4444117

Buka : 08.00-20.00

6. Pecel Kawi

Pecel Kawi Malang yang tersohor hingga keluar kota [via]

Pecel merupakan salah satu hidangan yang cocok disantap untuk sarapan pagi. Makanan khas Indonesia ini tergolong sehat karena berisi begitu banyak sayuran yang disiram dengan bumbu kacang dan biasa disajikan bersama peyek. Salah satu yang terkenal di Kota Malang adalah Pecel Kawi. Kedai yang berdiri sejak tahun 1975 ini, telah memiliki banyak pelanggan dan tak pernah sepi. Namanya bahkan tersohor sampai ke luar kota. Menu lain yang disajikan di warung ini adalah bali telor dan daging, empal, rawon, dan masih banyak lagi.

Menu selain pecel yang tersedia di Depot Pecel Kawi [via]
Nama : Pecel Kawi

Alamat : Jl. Kawi Atas No. 43 B, Bareng, Klojen, Kota Malang

Telp : (0341) 5022005

Buka : 06.00-20.00

7. Depot Hok Lay

Pangsit Cwimie, salah satu menu favorit di Depot Hok Lay Malang [via]

Bertempat di sebuah rumah kuno berdesain klasik yang seakan membawa kita ke masa lalu saat masuk ke dalamnya. Interiornya pun serba lawas menghadirkan suasana yang khas. Dibuka sejak tahun 1946 silam, Depot Hok Lay selalu berhasil mencuri hati pembeli dengan hidangan turun temurunnya. Cuimie, Lumpia Semarang, dan Fosco menjadi menu yang wajib dicoba saat berkunjung kemari. Soal rasa, dijamin enak! Harganya pun bersahabat di kantong sehingga sangat direkomendasikan untuk makan disini saat kamu berkunjung ke Kota Malang.

Depot Hoklay yang legendaris di Malang [via]
Nama : Depot Hok Lay

Alamat : Jl.K.H.Ahmad Dahlan 10 Malang

Telp : 0341-364513

Buka : 09.00 – 13.30 dan 17.00 – 20.30

8. Soto Ayam Lombok

Depot Soto Lombok [via]

Didirikan pada tahun 1955 silam oleh pemiliknya yang asli Madura. Soto di kedai ini memiliki rasa yang khas karena kuah kental berwarna kecokelatan kaya akan bumbu serta taburan koya yang melimpah menjadikannya berbeda dengan yang lain. Isinya terdiri dari potongan kentang rebus, telur bebek rebus, mie bihun, irisan kubis, taoge, dan potongan daging ayam. Pengunjung bisa memilih antara nasi atau lontong sembagai pendamping. Rasanya akan semakin lengkap jika disantap bersama kerupuk berukuran raksasa yang telah tersedia di setiap meja. Meski harus merogoh kocek agak dalam untuk menikmati hidangan ini, tapi rasa dijamin berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

Seporsi soto di warung Soto Lombok Malang yang menggoda selera [via]
Nama : Soto Ayam Lombok

Alamat : Jl. Sulawesi No.14A, Kasin, Klojen, Kota Malang

Telp : (0341) 367595

Buka : 08.00-20.00

9. Puthu Lanang Celaket

Kue purhu yang legendaris di kedai Puthu Lanang Celaket [via]

Putu merupakan jajanan manis khas Indonesia. Terbuat dari tepung beras biasanya berwarna hijau atau putih yang diisi gula merah kemudian dikukus serta dihidangkan dengan taburan parutan kelapa. Rasanya empuk, manis, dan gurih sangat sedap jika disantap saat masih hangat. Di Malang kamu dapat menemukannya di kedai Puthu Lanang yang berada di kawasan Celaket. Telah berdiri sejak tahun 1935 dan menjadi salah satu jajanan legendaris di Kota Malang. Hidangan lainnya yang juga disajikan di kedai ini yaitu, cenil, lupis, dan getuk yang tak kalah menggoda. Bisa disantap ditempat atau dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Puthu lanang campur [via]
Nama : Puthu Lanang

Alamat : Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT.03, Samaan, Klojen, Kota Malang

Telp : 0817-530-365

Buka : 16.30-22.00

10. Sate Bunul H. Paino

Sate Bunul H. Paino yang legendaris [via]

Jika kamu mengaku pecinta sate, maka kedai legendaris yang satu ini tak boleh sampai terlewat. Berdiri sejak tahun 1973 silam, hingga kini selalu ramai pembeli terutama saat akhir pekan. Citarasanya yang khas membuat siapa saja yang pernah mencoba selalu ingin kembali lagi. Selain sate kambing dan ayam juga tersedia menu lainnya seperti Kambing Guling, Gule, serta Krengsengan yang kaya bumbu. Tak perlu khawatir soal harga, karena meski rasa bintang lima, harga tetap versi kaki lima.

Aneka menu yang ada di depot Sate Bunul H. Paino [via]
Nama : Sate Bunul H. Paino

Alamat : Jl. Hamid Rusdi Timur Gg. IV No. 313 Malang

Telp : 0341 364047

Inilah 10 kuliner Malang  lawas yang patut kamu coba. Jika ada saran kedai lawas lainnya yang kamu tahu, isi di kolom komentar ya!

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Malang mie rawon Tahu Lontong
Share