Kuliner Madura Paling Dirindukan

Isti

Isti

On Kuliner

Madura bukan hanya terkenal akan pantai-pantainya. Tapi, kulinernya berupa sate sangat legendaris banget. Buktinya, Sate Madura bukan hanya dikenal di tempatnya saja tapi juga di beberapa kota di pulau Jawa. Selain sate ternyata beberapa kuliner mewah di Madura juga sangat terkenal. Sayangnya, makanan mewah satu ini hanya dijual di pulau garam ini. Wah, lalu apa saja kuliner mewah Madura rasa bintang lima harga pinggiran ini? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini!

1. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay, Madura
Bebek Sinjay, Madura [image source]
Bagi pencinta bebek pasti kenal betul dengan rasanya Bebek Sinjay. Sayangnya, menu mewah yang benar-benar asli rasanya hanya ada di Madura. Jadi, banyak sekali para pecinta kuliner memutuskan untuk menyeberang Suramadu dan berburu kuliner di Madura. Bebek Sinjay yang paling terkenal di Madura sendiri berada di Jl. Raya Ketengen No 45, Bangkalan. Menu satu ini bakalan menggoyang lidah dengan nasi yang masih hangat serta sambel pencit (mangga muda) yang bakalan menggugah selera.

Bebek Sinjay
Bebek Sinjay [image source]

2. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot, Madura
Kaldu Kokot, Madura [image source]
Biasanya sop terdiri dari kuah segar dan berisi sayuran serta daging. Namun, sop yang ada di Madura ini sedikit berbeda dan pastinya bakal membuat para pecinta kuliner ketagihan. Ialah Kaldu Kokot, menu surgawi yang terbuat dari kacang hijau. Kuah satu ini dimasak dengan bumbu rempah serta disajikan dengan potongan kikil. Menu Kaldu kokot ini biasanya disajikan dengan tambahan bumbu petis dan kacang ulek. Jika kamu sudah ngiler untuk menikmati menu surgawi satu ini, coba saja kunjungi warung makan yang terletak di Jl. Sultan Abdurahman Sumenep.

Kaldu Kokot
Kaldu Kokot [image source]

3. Tajin Sobih Bangkalan

Tajin Sobih Bangkalan
Tajin Sobih Bangkalan [image source]
Sudah pernah dengar makanan dengan nama Tajin Sobih Bangkalan? Ya, makanan satu ini tentu saka hanya ada di Bangkalan Madura. Tajin Sobih sebenarnya sedikit mirip dengan bubur. Bedanya, bubur di Tajin Sobih ini disajikan dengan berbagai rasa yang enak dengan dominan rasa manis. Nah, untuk mencicipi makanan satu ini, kamu dapat berkunjung ke Jl. RE. Martadinata 24, Bangkalan ketika berada di Madura.

Tajin Sobih
Tajin Sobih [image source]

4. Topak Ladeh Bangkalan

Topak Ladeh Madura
Topak Ladeh Madura [image source]
Madura memang rajanya membuat racikan yahud yang manjakan lidah. Salah satunya adalah Topak Ladeh. Menu makanan satu ini disajikan dengan kuah santan kental. Tentu saja rasa dari Topak Ladeh ini enak betul dengan sensasi gurih yang lezat. Biasanya Topak Ladeh ini disajikan dengan ditemani lontong atau ketupat yang sudah dipotong. Sementara itu, Topak Ladeh terenak dari hingga kini masih diburu oleh pemburu kuliner ada di daerah Pasar Senen Bangkalan.

Topak Ladeh
Topak Ladeh [image source]

5. Soto Selingkuh

Soto Selingkuh
Soto Selingkuh [image source]
Nama menu makanan satu ini benar-benar unik kan? Bisa jadi, tak ada lagi nama menu satu ini selain di Sumenep. Soto Selingkuh ini merupakan menu yang soto yang dicampur dengan rujak kacang. Sementara isi dari soto selingkuh ini terdapat potongan buah dan lontong. Selain itu, Soto selingkuh juga dicampur dengan singkong yang terlebih dahulu ditumbuk lalu dikukus serta dipotong-potong kecil. Dijamin kelezatan dari Soto Selingkuh ini tak ada duanya. Untuk satu porsi soto selingkuh, terbilang sangat banyak atau bisa disebut sebagai porsi kuli. harganya pun sangat murah meriah. Hanya 13 ribu saja untuk mendapatkan kenikmatan surgawi dari kuliner Madura satu ini.

Soto Selingkuh [image source]

6. Campur Lorjuk/Soto Lorjuk

Campur Lorjuk Madura
Campur Lorjuk Madura [image source]
Bukan hanya Soto Selingkuh, ada satu lagi menu yang ternyata menjadi makanan favorit banyak orang ketika berkunjung ke Madura. Ialah Campur Lorjuk, atau kalau orang sumenep biasanya menyebut Soto Lorjuk. Masakan satu ini sendiri sudah terkenal banget di Madura. Rasanya yang manis dan gurih dinilai sangat pas saat berpadu di lidah. Campur Lorjuk pun makin lezat jika dimakan dengan sambal serta ditemani teh hangat. Untuk harga Campur Lorjuk pun terbilang sangat murah. Cukup hanya mengeluarkan uang dari 5 ribu sampai 7 ribu, seporsi campur Lorjuk dan dinikmati.

Campur Lorjuk
Campur Lorjuk [image source]

7. Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi Madura
Soto Mata Sapi Madura [image source]
Nah, jika suka dengan kuliner yang ekstrem, kamu wajib mencoba Soto Mata Sapi yang terkenal banget di Bangkalan. Soto ini menggunakan mata sapi utuh yang masih terbalut tulang dicampur dengan bumbu rempah rahasia. Soto satu ini makin lengkap dengan irisan daging sapi. Kendati aneh, soto ini terbilang sangat lezat. Pasnya lagi, soto ini dimakan ketika masih hangat dengan dilengkapi sambal yang pedas. Nah, kamu yang suka jalan-jalan ke Madura, jangan sampai kelewatan untuk mencoba menu masakan satu ini.

Soto Mata Sapi
Soto Mata Sapi [image source]

8. Nasi Serpang Bangkalan

Nasi Serpang Bangkalan Madura
Nasi Serpang Bangkalan Madura [image source]
Menu berikutnya yang pastinya bakal nendang di lidah adalah Nasi Serpang Bangkalan. Nasi Serpang satu ini merupakan makanan terenak yang dimasak dengan paduan rempah lengkap sehingga rasanya Indonesia banget. Nasi Serpang ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan laut hingga daging. Nasi Serpang pun makin lezat dengan kriuk-kriuk dari Kerupuk Rambak dan Bumbu Rujak yang sudah menjadi pelengkap dari Nasi satu ini. Nah, untuk mendapatkan nasi Serpang Bangkalan, ternyata banyak sekali kedai yang menjual menu masakan tradisional ini, loh.

Nasi Serpang Bangkalan
Nasi Serpang Bangkalan [image source]
Nah, itulah sekian kuliner khas yang pastinya bakalan menggoyang lidah dan menambah daya tarik sebagai pesona objek wisata Madura. Jika kamu berkesmpatan untuk berkunjung ke pulau garam, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat makan di atas ya!