7 Kuliner Lontong di Pandaan dan Sekitarnya, Rasanya Endes!

Lontong merupakan kuliner alternatif bagi yang bosan makan nasi. Bahkan deretan kuliner lontong di Pandaan ini juga tak kalah favoritnya. Ada banyak pilihan masakan yang cocok disajikan dengan lontong. Berikut ini deretan makanan yang bisa dicoba.

Lontong Sayur

img_20190829_095535_bWN.jpg
Sayur Lodeh via Instagram/@infokulinerpandaan

Lontong sayur biasanya berisi labu siam, rebung, kacang panjang, tewel (nangka muda), tempe, tahu, ceker, maupun potongan daging ayam. Namun berbeda di tiap daerah, biasanya lontong akan ditambahkan makanan khas daerah seperti Lontong Cap Gomeh yang dipadukan sayur lodeh, pindang telur, dan koya.

Lontong Sayur ini sangat cocok dijadikan menu sarapan karena porsinya cukup mengenyangkan. Rasanya pun sangat nikmat dan gurih karena berbahan santan dan bumbu rempah-rempah. Di Pandaan, kamu bisa menemukannya di Jl. Pahlawan Sunaryo, Pandaan dan Prasmanan Bu Pur, Foodland, Pandaan.

Lontong Mie

img_20190829_093835_e7z.jpg
Lontong Mie (Prasmanan Bu Pur) via Instagram/@infokulinerpandaan

Lontong Balap adalah makanan khas Jawa Timur yang memakai petis dan berkuah. Isiannya ada tauge, tahu dan lontong. Lontong mie hampir sama dengan lontong balap, bedanya hanya ditambahkan mie kuning serata ada tambahan udang dan lentho.

Rasanya pun gurih karena bumbu utamanya adalah petis. Lontong balap dan lontong mie di Pandaan tersedia di Foodland Pandaan tepatnya di stand Kuliner Suroboyo. Harganya Rp 10 ribu saja.

Lontong Kupang 

kuliner lontong di pandaan
Lontong Kupang di Pandaan via instagram/@jakulpandaan

Kupang merupakan hewan laut semacam kerang yang berukuran kecil. Hewan ini diyakini banyak mengandung manfaat yang baik bagi tubuh manusia karena mengandung asam amino, zat besi dan zinc.

Warung lontong kupang di Pandaan bisa banyak ditemui di pinggir jalan. Salah satunya adalah warung Lontong Kupang Pak Sama’i. Lokasinya berada di Jl. R. A. Kartini. Harga seporsi lontong kupang ini adalah Rp 10 ribu, sedangkan sate kerang per tusuk dikenakan seribu rupiah.

Tahu Campur

img_20190903_101503_17R.jpg
Tahu Campur Cak Ali Tretes via Instagram/@tahucampur.cak_ali.tretes

Olahan lontong ini memakai daging sapi sebagai isiannya sehingga rasa kuahnya lebih kuat dan mantap. Satu porsi tahu campur ini berisi lontong, tahu, selada air, tauge, perkedel singkong, dan tetelan sapi dicampur dengan petis dan bawang goreng.

Di Pandaan, warung yang menjual tahu campur biasanya ada di pinggir jalan. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp 10 ribu. Salah satu warung yang menjual tahu campur di Pandaan ada di Jl. Pesantren, namanya Tahu Campur Cak Rom.

Rujak

kuliner lontong di pandaan
Rujak Cingur (Kedai Mbak Tik, Suwayuwo)via Instagram/@jakulpandaan

Rujak juga termasuk makanan populer khas Jawa Timur. Rujak ini terdiri dari beberapa macam sayur rebus, tahu, tempe, menjes dan lontong yang diguyur dengan bumbu kacang. Ciri khas rujak di Pandaan cenderung memakai banyak petis. 

Salah satu warung rujak yang enak dan murah bernama Kedai Mbak Tik. Lokasinya di dalam gang yang berada di kanan jalan kalau dari arah pandaan. Tepatnya sebelum Kedai Duren 138. Harga seporsi rujak cingur dibanderol Rp 9 ribu.

Gado-gado

img_20190901_153035_28F.jpg
Gado-Gado Kang Eben via Instagram/@jakulpandaan

Hampir sama seperti rujak, gado-gado juga memakai bumbu kacang dalam sajiannya. Namun bedanya gado-gado tidak memakai petis melainkan santan. Selain itu gado-gado biasanya berisi selada, kol, wortel, dan tauge.

Gado-gado di Pandaan bisa ditemukan di Gado-Gado Kang Eben, Jl. A. Yani (gerobak sebelah gerbang parkir Sardo Swalayan). Harganya Rp 10 ribu.

Tahu Telur

kuliner lontong di pandaan
Tahu Telur di Pandaan via Instagram/@jakulpandaan

Kuliner berbumbu kacang memang sangat cocok dimakan bersama lontong. Selain rujak dan gado-gado, ada tahu telur yang tak kalah enak. Salah satu warung di Pandaan yang menjual tahu telur adalah Lontong Tahu Telor “Gajah Gundul”.

Lokasinya di Petungasri, gang sebelah Puskesmas Pandaan. Harganya cukup Rp 10 ribu per porsi. Warung ini buka mulai sore hari sampai habis.

Bila Teman Traveler sedang keliling wisata Pasuruan dan sekitarnya, sempatkan untuk menyantap kuliner lontong di Pandaan, ya. Selamat mencoba, Teman Traveler.

Tags
Indonesia kontributor kuliner Kuliner Lontong di Pandaan kuliner pandaan lontong Travelingyuk
Share