Lombok Tengah Surganya Kuliner Tradisonal

Advertisement

Menjelajah Lombok Tengah tak hanya ada kawasan Mandalika yang terkenal dengan deretan pantai indah dan pulau-pulau kecil yang mempesona, tapi juga kulinernya. Kuliner lokal yang kental dengan kandungan rempah juga menjadi salah satu daya tarik. Selain cita rasa nusantara, traveler juga dapat menemukan berbagai macam menu mancanegara. Beberapa tempat makan ini bisa menjadi opsi untuk berwisata kuliner ketika plesir ke Lombok Tengah.

Ayam Taliwang, Kearifan Lokal dari Kaki Lima Hingga Bintang Lima

Porsi komplit ayam taliwang
Porsi komplit ayam taliwang [Hangga Prayudi Travelingyuk.com]

Bagi penggemar kuliner pedas, Lombok adalah surganya. Ayam taliwang terdiri dari satu ekor ayam bakar, plecing kangkung, dan sambal taliwang itu sendiri. Sebenarnya Taliwang adalah nama yang diadaptasi dari tempat lahir kuliner ini, Karang Taliwang. Tidak akan susah untuk mencari menu tradisional ini. Kamu bisa menemukannya di pedagang kaki lima bahkan hotel-hotel berbintang.

Nasi Balap Inaq Esun yang Legendaris

Telur asin bakar sebagai topping pelengkap
Telur asin bakar sebagai topping pelengkap [Hangga Prayudi Travelingyuk.com]

Walaupun menunya sederhana, Nasi Balap Inaq Esun adalah salah satu kuliner legendaris di Lombok Tengah. Apalagi bagi penggemar kuliner pedas. Satu porsi nasi balap terdiri dari ayam suwir, tumis ayam pedas, kacang kedelai goreng, dan nasi. Pengunjung juga bisa menambahkan telor asin yang dibakar.

Satu porsi nasi balap
Satu porsi nasi balap [Hangga Prayudi Travelingyuk.com]

Nikmatnya Plecing Kangkung Dengan Terasi Khas Lombok

Kacang kedelai pelengkap plecing kangkung
Kacang kedelai pelengkap plecing kangkung [image source]

Kangkung adalah sayur yang familiar dengan lidah masyarakat indonesia, begitu pula di Lombok. Plecing kangkung adalah salah satu kuliner yang jangan sampai terlewat untuk dicoba. Kangkung rebus disajikan dengan sambel tomat yang menggunakan terasi khas Lombok. Bersama kedelai dan tauge. Yang membuat lebih khas lagi adalah kangkung yang digunakan, meski telah direbus namun tetap renyah.

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung [Dyan Saryani Travelingyuk.com]

Sambal Beberuk Pedas Namun Segar

Cincangan kacang pancang untuk campuran beberuk
Cincangan kacang pancang untuk campuran beberuk [image source]

Beberuk biasa ditemukan satu paket dengan ayam taliwang bersama sambal tomat. Terdiri dari irisan terong dan kacang panjang mentah serta sambal segar. Rasanya tidak  pedas. Bahkan rasa cabainya tidak terlalu menusuk lidah, karena lebih didominasi oleh rasa segar yang muncul dari tomat.

sambal tomat dengan jeruk limau
sambal tomat dengan jeruk limau [image source]

Ada rencana untuk datang ke Lombok Tengah dalam waktu dekat? Jangan lupa untuk mencoba beberapa rekomendasi kuliner di atas.

Advertisement
Tags
kuliner Lombok Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat
Share