Tempat Menyantap Kuliner Legendaris di Salatiga yang Wajib Dicoba, Sayang Kalau Terlewat!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Kuliner legendaris di Salatiga. Kuliner legendaris di Salatiga.

Terletak di provinsi Jawa Tengah, Salatiga merupakan kota dengan berbagai macam kuliner lezat. Beberapa tempat bahkan telah ada sejak dulu dan masih bertahan hingga kini. Tidak sedikit juga tempat makan baru yang kekinian. Namun, jangan sampai melewatkan sajian tradisionalnya. Ini dia beberapa tempat kuliner legendaris di Salatiga yang kelezatannya masih terjaga hingga kini. Penasaran apa saja?

Pecel Madya

Pecel Madya
Pecel Madya via Instagram/gunarsokurniaji

Tempat pertama yang wajib dikunjungi ketika berada di Salatiga adalah Pecel Madya Mbah Mul. Walaupun memiliki lokasi yang terpencil yaitu berada dalam gang kecil di Jl. Sukowati No. 397, sajian pecelnya dapat membuat ketagihan. Mbah Mul telah berjualan pecel sejak tahun 1973. Pertama ia menjajakan di sekitar rumahnya, namun di tahun 84 ia berpindah. Banyak yang menjadi pelanggan setianya, sang pemilik tetap konsisten terhadap racikannya dari pertama berjualan hingga sekarang.

Selain pecel, Teman Traveler bisa menemukan berbagai sajian lain seperti soto, opor, krecek, dan beberapa lauk seperti perkedel, onclang (telur dadar dengan irisan daun bawang), babat, dan lain-lain. Tidak perlu takut akan harganya, karena satu porsi diberi harga mulai dari Rp6.000, murah kan.

Soto Kesambi

Soto Kesambi
Soto Kesambi via Instagram/ingzstory

Tempat kuliner yang nggak kalah terkenal adalah Soto Kesambi yang berada di Jl. Gladangan No. 682. Pelanggan yang datang tidak hanya berasal dari Salatiga, melainkan wisatawan dari Magelang, Solo, Jogja, dan Jakarta pun sering datang ke sini. Dalam satu porsi, pelanggan mendapatkan nasi putih dengan suwiran ayam, taoge, seledri, daun bawang, serta kuah yang bening.

Hal yang membuat istimewa adalah adanya rongkong, yaitu daging bagian dada ayam yang masih utuh dengan bakal telurnya dan ini disantap bersamaan dengan soto. Telah berdiri sejak tahun 1970-an, rumah makan ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00 pagi hingga sajian ludes terjual.

Es Kesambi 4

Es Kesambi 4
Es Kesambi 4 via Instagram/rajamakann

Jika tadi membahas makanan berat, selanjutnya bisa berburu minuman di Es Kesambi 4 yang terletak di Jl. Kesambi, No. 4, Kalicacing, Sidomukti. Tempat satu ini merupakan kuliner legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1948 yaitu 3 tahun setelah Indonesia merdeka. Resep dari kedai es ini telah diturunkan dari generasi ke generasi sehingga kelezatannya masih terjaga.

Dalam satu porsinya, Teman Traveler akan mendapatkan serutan es yang berukuran cukup tinggi, buah-buahan, susu, dan agar-agar. Tentu sangat pas jika disantap pada saat cuaca yang terik. Tidak hanya itu, Es Kesambi juga menjual minuman lain seperti es dawet, es kacang ijo, soda gembira, dan masih banyak lagi. Pelanggan cukup mengeluarkan kocek mulai dari Rp8.000 saja.

Sate Sapi Suruh & Bakso

Sate Sapi Suruh & Bakso
Sate Sapi Suruh & Bakso via Instagram/masgembuldotcom

Kuliner legendaris Salatiga lainnya yang sayang kalau terlewat adalah sate sapi suruh & bakso yang terletak di Ruko Blok F. No.1 Jl. Jend. Sudirman. Sekilas, sate yang disajikan tidak berbeda dengan lainnya. Namun, hidangan ini terasa istimewa ketika sudah dicicipi. Daging sate yang lembut dibalut dengan bumbu yang rasanya manis dan gurih ini menjadi idola bagi masyarakat lokal dan luar kota.

Sang pemilik tidak sembarangan dalam memasak dan memilih bahan, daging sapi yang digunakan harus dalam keadaan baik dan segar, serta lebih memilih bagian lulur atau pinggang sapi. Untuk satu porsi daging sapinya, dikenai harga sebesar Rp28.000. Telah berdagang sejak tahun 1987, Sate Sapi Suruh buka setiap hari mulai jam 09.30 hingga pukul 21.30 malam.

Itulah sekian tempat berburu kuliner legendaris di Salatiga. Wah, sudah tergiur akan kelezatannya? Jangan lupa mampir jika berkunjung ke sini ya!