Air Terjun Lepo Dlingo, ‘Surga’ Tersembunyi di Mangunan yang Manjakan Mata

Advertisement
Advertisement

Siapa yang tak tahu Mangunan? Kawasan perbukitan dengan hamparan pinus ini menjadi spot wisata menarik bagi wisatawan yang tengah liburan ke Bantul, Jogja. Wisata primadona tersebut menghadirkan keindahan alam dari berbagai sudut, mulai dari sunset, sunrise, hingga udara sejuk khas pegunungan. Menariknya, di dalamnya juga ada Air Terjun Lepo Dlingo. Seperti apa pesonanya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Wisata Air di Kawasan Perbukitan Bantul

Serunya berenang disini
Serunya berenang disini (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Liburan ke Bantul, Teman Traveler tak hanya menemukan gardu pandang Mangunan saja. Namun, ada Air Terjun Lepo Dlingo yang siap memanjakan mata. Kawasan wisata ini berada di tengah kampung dengan keunikan tiga aliran air dari atas tebing. Sementara kubangannya berjumlah empat kolam dengan air jernih. Siapa pun yang datang, pasti akan tergoda untuk bermain air yang bersumber dari perbukitan.

Nah, dari pintu masuk Teman Traveler harus melewati jalan setapak terlebih dahulu. Kira-kira waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit.

Kolam Alami yang Menawan

Tidak pernah habis saat musim kemarau
Tidak pernah habis saat musim kemarau (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Kolam-kolam di air terjun ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Di kolam pertama memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter, biasanya digunakan oleh orang dewasa untuk berenang. Sementara kolam kedua, memiliki kedalaman sebatas pinggang orang dewasa. Di sini, Teman Traveler akan disuguhkan dengan bebatuan yang tersusun secara alami. Kolam ketiga yang paling dangkal karena tertutup endapan kapur.

Fasilitas Pendukung di Sekitar Air Terjun

Bisa digunakan untuk camping
Bisa digunakan untuk camping (c) Rikzy Nusantara/Travelingyuk

Teman Traveler tidak perlu takut kelaparan karena di Air Terjun Lepon Dlingo terdapat beberapa warung. Selain itu, ada fasilitas berupa aula besar yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan acara. Aula ini memang dibuat sangat sederhana. Di sini juga tersedia penyewaan pelampung yang dibanderol dengan harga Rp10.000. Adapula tikar yang juga disewa dengan harga Rp10.000.

Akses Menuju Air Terjun

Debit air yang tidak terlalu deras
Debit air yang tidak terlalu deras (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Air Terjun Lepo Dlingo ini tersembunyi di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Rute menuju ke sana tidaklah sulit. Teman Traveler hanya butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Arahkan kendaraan menuju ke daerah Imogiri hingga mencapai di kantor Kecamatan Dlingo. Dari sini, ikuti saja jalur menuju ke lokasi wisata. Ada juga papan penunjuk yang akan mengarah ke air terjun. Bila masih bingung, Teman Traveler bisa langsung bertanya kepada warga sekitar.

Harga tiket masuk tempat wisata ini adalah Rp5.000. Sementara parkirnya Rp3.000/motor dan Rp5000/mobil. Disarankan Teman Traveler yang ingin berkunjung ke sini lebih baik menggunakan motor. Alasannya karena air terjun ini berada di tengah kampung dengan jalan sempit.

Nah, itulah ulasan tentang Air Terjun Lepo Dlingo yag sejuk, damai, dan bisa digunakan untuk menikmati suasana hutan yang asri. Teman Traveler juga bisa sekalian jelajah tempat lain seperti Air Terjun Sri Gethuk dan Air Terjun Randusari yang bisa ditempuh maksimal 30 menit. Menarik bukan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja Travelingyuk Wisata Yogyakarta
Share