Kuliner Legendaris di Batu, Lawan Hawa Dingin dengan Makanan

Wisata Batu sangat beragam. Bahkan, setiap waktu ada wisata baru yang siap menghibur para wisawatan yang datang. Pokoknya anti bosan. Ditambah lagi dengan kondisi alam Batu yang sejuk, makin betahlah para wisatawan. Satu hal lagi, ada beberapa kuliner legendaris di Batu yang bisa banget untuk dicoba. Nah, ini dia daftar makanan wajib coba saat berkunjung ke Batu. Catat, ya.

Warung Rawon Jami’ah – 1950

Warung Rawon Jami’ah, via Instagram/dapurbekal
Warung Rawon Jami’ah, via Instagram/dapurbekal

Warung Rawon Jami’ah merupakan masakan kuah hitam yang wajib coba. Kuliner legendaris di Batu satu ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Dengan demikian, sudah hampir 7 dekade memuaskan para kelana rasa, terutama rawon. Ada juga krengsengan, soto daging, dan juga nasi campur yang bisa dicoba.

Warung Rawon Jami’ah berada di Jl. Pangliman Sudirman No. 62, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Jam operasionalnya mulai dari 06:00 hingga pukul 15:30 WIB. Sementara itu untuk harga seporsi rawonnya dibandrol Rp25.000, per November 2018.

Pos Ketan Legenda – 1967

Pos Ketan Legenda, via Instagram/nakamakan__
Pos Ketan Legenda, via Instagram/nakamakan__

Kemudian ada Pos Ketan Legenda yang masuk ke dalam kuliner legendaris di Batu. Ketan ini sudah dijual sejak 1967 dan dirintis oleh seorang bernama Siami. Penambahan nama Pos Ketan ini sendiri diberikan lantaran dahulunya berjualan di depan pos dan penambahan kata ‘legenda’ lantaran memang sudah melegenda dan memiliki pelanggan setia.

Pos Ketan Legenda berada di Jl. Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Sirir, Kecamatan Batu. Jam bukanya mulai dari 09:00 hingga 02:00 WIB. Untuk harganya sangat terjangkau, begitu murah meriah. Mulai dari Rp9.000 kamu sudah mendapatkan ketan keju meses.

Rumah Susu Ganesha Batu – 1986

Rumah Susu Ganesha, via Instagram/amazingindonesiafood
Rumah Susu Ganesha, via Instagram/amazingindonesiafood

Lalu ada Rumah Susu Ganesha yang sudah ada sejak tahun 1986. Di sini menyuguhkan susu segar yang diambil langsung dari peternakan sapi yang berada di kawasan kota Batu. Susu dijual dalam kondisi yang hangat dan juga dingin. Buat yang tidak suka susu murni, ada menu susu madu, susu jahe, susu telur dan lain-lain.

Buat kamu yang ingin mencicipi susu di sini, bisa langsung datang saja ke Jl. Kartini No. 1, Batu. Buka mulai dari 06:00 hingga 21:00 WIB. Harganya dipatok mulai dari Rp5.000 untuk susu botol ukuran kecil dan Rp27.000 untuk botol dengan ukuran satu liter. Cukup terjangkau untuk ukuran kuliner legendaris bukan?

Resto Sate Hotplet Batu – 1989

Sate Hotplet Batu, via Instagram/audleynathanael
Sate Hotplet Batu, via Instagram/audleynathanael

Kota Batu yang dingin memang sangat enak menikmati yang hangat-hangat. Karena itulah tempat makan seperti halnya Resto Sate Hotplate bertahan lama. Kuliner legendaris di Batu ini bahkan sudah ada sejak 1989 dan masih memiliki banyak penggemar hingga kini. Seperti namanya, menu utama yang ditawarkan di sini adalah sate dengan hot plate-nya.

Alamat Warung Sate Hotplet ini berada di Jl. Patimura No. 40, Temas, Kecamatan Batu. Buka setiap hari dari 09:00 hingga 21:00 WIB. Satu porsi sate ayam dibandrol Rp27.000. Ada juga sate kambing seharga Rp49.000 untuk 10 tusuknya.

Itu tadi beberapa daftar kuliner legendaris di Batu yang bisa banget untuk dicicipi kenikmatannya. Jangan segan untuk mampir jika sedang traveling ke Batu ya Teman Traveler.

Tags
Batu Indonesia Jawa Timur Kuliner Batu kuliner legendaris di Batu
Share