Kuliner Lebaran Khas Kosovo, Negara Eropa dengan Populasi Muslim Terbanyak

Terdapat sebuah negara kecil di Eropa yang populasinya banyak menganut Islam yaitu Kosovo. Mereka merayakan Idul Fitri atau Bajram dengan makan besar layaknya di Indonesia. Terdapat beberapa kuliner lebaran khas Kosovo yang disajikan saat selebrasi tersebut. Seperti roti, cake, nasi ayam, dan salad.

Kosovo sendiri merupakan kawasan ramah Muslim, ia dulunya pernah diperintah oleh Kekaisaran Ottoman. Sehingga tidak heran, kalau makanannya juga dipengaruhi oleh budaya Ottoman.

Byrjan Me Mish

Kuliner Lebaran Khas Kosovo
Ilustrasi Byrjan Me Mish via Shutterstock

Byrjan me mish alias nasi biryani adalah kuliner lebaran khas Kosovo, yang berbahan dasar beras basmati dan ayam. Nasi biasanya ditumis dengan mentega dan minyak, barulah ditambah bumbu, tomat panggang, dan potongan ayam plus air.

Byrjan me mish berwarna kecoklatan akibat dari sari-sari daging ayam yang keluar ketika proses memasak. Makanan ini biasanya disantap barengan dengan salad timun dan tomat, roti, maupun sayur bakar.

Baklava

Baklava Cake via Shutterstock
Baklava Cake via Shutterstock

Baklava juga menjadi salah satu kuliner lebaran khas Kosovo. Makanan satu ini terbuat dari lapisan pastry yang disebut filo. Ditumpuk tumpuk, sedangkan sela-selanya diberi kacang walnut atau pistache yang telah dicacah dan diberi pemanis berupa sirup atau madu. Baklava juga dapat ditemukan di Turki dan negara-negara bekas kekuasaan Kekaisaran Ottoman lainnya.

Leqenik

Cornbread via Shutterstock
Cornbread via Shutterstock

Sebenarnya ada banyak jenis roti yang ada di Kosovo, salah satunya leqenik alias cornbread. Sesuai dengan namanya, jajanan ini terbuat dari tepung maizena alias tepung jagung, yang warnanya kuning pucat.

Adonan leqenik biasanya juga ditambah bayam cincang atau serutan keju. Sehingga makan leqenik saja bisa bikin perut kenyang. Tapi tentunya sajian kuliner Kosovo lainnya tidak dapat ditolak dan harus diicip.

Shopska Salad

Shopska Salad via Shutterstock
Shopska Salad via Shutterstock

Selanjutnya ada shopska salad yang biasanya dimakan bareng dengan nasi biryani khas Kosovo. Isiannya sangat sederhana, yaitu tomat, timun, bawang bombai, dan diberi taburan keju. Timun dan tomat dipotong kotak-kotak, lalu boleh ditambah sedikit garam atau potongan daun seledri.

Masih ada lagi jenis salad lainnya di Kosovo, seperti tarator yang terbuat dari timun, bawang, dan yoghurt. Umumnya disantap saat musim panas.

Seperti itulah gambaran 4 kuliner yang akan Teman Traveler temukan saat berada di Kosovo. Makanan tersebut juga akan ikut menyemarakkan perayaan lebaran di negara Eropa dengan banyak penduduk Muslim tersebut. Kalau berkesempatan ke sana, Teman Traveler pengin cobain yang mana?

Tags
Eropa Kosovo kuliner kuliner lebaran Kuliner Lebaran Khas Kosovo Luar negeri
Share