Kuliner Lebaran Khas Afrika, Mulai Dari Roti Sampai Daging Domba

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Kuliner

Orang-orang Muslim di Afrika segera merayakan Idul Fitri dan tentunya kuliner khas lebaran akan dihidangkan di atas meja. Mulai dari roti yang mirip pancake, sup tomat, sampai daging domba. Teman Traveler yang baca artikel berikut, siap-siap pengin cobain, loh. Jadi ada makanan apa saja saat lebaran di Afrika?

Cambaabur, Somalia-Afrika Timur

Cambaabur, Somalia-Afrika Timur via Instagram @creativegan
Cambaabur, Somalia-Afrika Timur via Instagram @creativegan

Cambaabur adalah kuliner lebaran khas Afrika Timur, tepatnya Somalia. Roti ini sekilas bentuknya seperti crepes namun punya tekstur empuk. Terbuat dari tepung gandum dicampur bawang putih, bombai, dan kunyit. Adonan tersebut kemudian dituang ke atas telfon, setelah matang dibentuk segitiga. Cambaabur biasanya diberi taburan sedikit gula atau ditambah yoghurt.

Tajine, Afrika Utara

Kuliner Lebaran Khas Afrika
Lamb Tajine, Afrika Utara via Shutterstock

Kuliner lebaran khas Afrika selanjutnya adalah tajine yang biasanya disantap di negara bagian utara seperti Moroko dan Algeria. Bahan utama makanan ini adalah daging domba atau sapi, dimasak dengan cara slow-cooked. Sehingga bumbu bisa meresap maksimal, menghasilkan sajian lezat.

Alat yang digunakan untuk membuatnya bernama tajine pot, yang bagian tutupnya terdapat lubang. Dari lubang itulah, berbagai bahan ditambahkan di tengah proses memasak, seperti sayuran maupun kaldu tambahannya. Selain sayur, biasanya ditambahkan juga buah seperti plum dan aprikot.

Doro Wat, Ethiopia

Doro Wat dan Roti Injera, Afrika Selatan via Shutterstock
Doro Wat dan Roti Injera, Afrika Selatan via Shutterstock

Doro wat adalah kuliner lebaran khas Afrika tepatnya Etiopia, yang berbahan dasar ayam. Jika dilihat-lihat penampakannya mirip dengan kari. Doro wat juga dimasak dengan cara slow-cooked, dicampur rempah-rempah.

Hasil akhirnya adalah makanan yang punya konsistensi kental. Doro wat umumnya disantap dengan injera, roti yang bentuknya seperti pancake tipis dengan ukuran cukup lebar, yang biasanya digulung.

Tomato Bredie, Afrika Selatan

Kuliner Lebaran Khas Afrika
Tomato Bredie, Afrika Selatan via Shutterstock

Tomato bredie adalah kuliner yang cukup populer di Afrika Selatan. Bahan utamanya adalah tomat dan domba. Keunikan dari tomato bredie adalah ia tidak menggunakan air, kuah yang ada berasal dari tomat dan lemak domba yang dimasak cukup lama.

Sehingga teksturnya jadi kental, dengan rasa yang begitu kaya. Tidak jarang, beberapa sayuran seperti wortel juga ditambahkan ke dalam tomato bredie. Bagaimana, terbayang enaknya?

Itulah 4 makanan khas Afrika yang dihidangkan saat perayaan lebaran. Jadi pengin nyobain? Apa kuliner yang biasanya Teman Traveler santap ketika Idut Fitri?