Kuliner Kota Wisata Batu yang Nikmat dan Wajib Kamu Coba

febri rama

febri rama

On Indonesia

Kota Batu saat ini menjadi tujuan wisata yang mentereng di Jawa Timur. Layaknya kawasan Puncak Bogor, udara yang sejuk dan pemandangan alam adalah daya tarik yang mengundang banyak wisatawan. Kalau datang ke sini, sempatkan juga untuk menikmati kuliner khasnya. Apa saja sih? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Ayam Bakar Oyot

Ayam Bakar Oyot
Ayam Bakar Oyot [image source]
Makanan yang dijual di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji ini terbilang unik karena namanya. Namun, yang membuatnya termasuk dalam sajian khas Batu adalah rempah-rempah yang digunakan. Kamu akan mendapatkan menu ayam bakar yang lezat apalagi dinikmati dengan sambal dan aneka sayur pelengkap. Harga per porsinya adalah Rp20.000.

2. Kampoeng Setan

Ceker di Kampoeng Setan
Ceker di Kampoeng Setan [image source]
Nama tempat makan ini cukup unik. Disebut begitu bukan karena di dalamnya ada begitu banyak setan, tapi sebagian menunya memang pedas parah. Sebut saja ceker setan, di gigitan pertama akan langsung memberikan sensasi yang spesial. Cabainya begitu terasa tapi masih tetap bisa dinikmati. Lokasi Kampoeng Setan berada di sekitar Alun-alun Kota Batu.

3. Kikil Sapi Aryo Samba

Kikil Sapi Aryo Samba
Kikil Sapi Aryo Samba [image source]
Lokasinya berada di Jalan Panglima Sudirman, tepat di depan Karaoke Samba. Sudah sejak dulu, kuliner ini menjadi favorit terutama bagi warga Malang Raya. Sajian lontong yang disantap dengan olahan kikil adalah menu andalan. Jika tidak ingin kehabisan, jangan datang sore. Biasanya sekitar jam 13.00 Kikil Aryo sudah habis terjual.

4. Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda
Pos Ketan Legenda [image source]
Berkunjung ke Batu rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba ketan. Penjual yang paling terkenal dan legendaris berada di Alun-alun Batu. Namanya adalah Pos Ketan Legenda 1967. Di sini kamu bisa mencoba berbagai macam hidangan. Contohnya adalah ketan dengan durian melimpah. Ada juga yang ditaburi keju atau berkuah lezat.

Itulah beberapa kuliner khas di Kota Wisata Batu yang bisa kamu coba. Masih banyak pilihan lain yang belum disebutkan. Jika kamu punya rekomendasi sendiri, silakan bagikan di kolom komentar ya!