Nikmatnya Empal Gepuk, Kuliner Paling Populer di Tanah Sunda

Advertisement

Jawa Barat memang kaya dengan suguhan wisata alam dan kulinernya. Tak heran bila banyak traveler lokal hingga mancanegara selalu mengunjungi tanah Sunda. Terlebih urusan kulinernya, tak jarang siapaun pendatang bahkan rela mengantri demi mendapatkan sajian masakan yang digemarinya. Salah satunya adalah Empal Gepuk, olahan dari daging sapi ini kaya akan rempah-rempah khas nusantara.

Empal gepuk menjadi sajian kuliner populer tanah Jawa Barat
Empal gepuk menjadi sajian kuliner populer tanah Jawa Barat. Foto via sweetripindonesia.com

Pemilihan dagingnya pun tak sembarangan yaitu memakai daging paha sapi dimana tekstur daging lebih berserat sehingga dapat kamu suwir-suwir ketika ingin menyantapnya. Empal gepuk ini menjadi kuliner terkenal dan paling ramai diburu banyak traveler. Kamu bisa mendapatkan menu makanan ini diwarung-warung pinggir jalanan hingga kelas restoran. Empal gepuk ini biasa disajikan dengan parutan kelapa yang diberi bumbu, banyak masyarakat Jawa menyebutnya dengan serundeng yang berbwarna cokelat. Untuk aromanya jangan ditanya, sangat harum, gurih, dan pastinya memiliki rasa memikat dimulut.

Empal Gepuk Khas tanah Sunda memiliki tekstur berserat namun tetap lembut
Empal Gepuk Khas tanah Sunda memiliki tekstur berserat namun tetap lembut, Foto via fimela.com

Dalam prosesnya, empal gepuk ini melalui proses yang cukup panjang. Mulai dari proses marinasi hingga merebusnya bersamaan dengan bumbu, kemudian percampuran dengan bumbu rempah-rempah hingga bumbu meresap kedalam daging. Tak lupa direbus bersamaan dengan bumbu dan santan kental untuk menambah rasa lebih gurih. Ini membutuhkan waktu berjam-jam hingga daging lebih lunak dan lembut. Selanjutnya daging ini digoreng hingga kematangan sesuai selera.

proses pembuatan empal gepuk melalui proses panjang, mulai dari marinasi, perebusan, hingga penggorengan
proses pembuatan empal gepuk melalui proses panjang, mulai dari marinasi, perebusan, hingga penggorengan. Foto via grid.id

Bedanya, empal gepuk tanah Sunda ini memiliki rasa lebih manis dibanding empal gepuk daerah lainnya. Makanan ini merupakan sajian turun temurun yang biasa disajikan setiap jamuan untuk tamu dan pada acara tertentu seperti selamatan, acara keagamaan, dan upacara adat. Namun kini dapat kamu nikmati disetiap saat, baik untuk makan siang ataupun makan malam. Paling nikmat disajikan dengan nasi hangat ataupun nasi uduk ditambah dengan sambal. Dan terakhir jangan lupa taburkan bawang goreng agar aroma lebih sedap dan terasa mantap.

Sajian empal gepuk dengan nasi hangat dan beberapa lalapan serta sambal
Sajian empal gepuk dengan nasi hangat dan beberapa lalapan serta sambal. Foto via uemkaem.com

Pada penamaan gepuk sendiri didapat dari pengolahan yang dilakukan pemukulan secara berulang-ulang hingga menghasilkan tekstur daging lebih terasa empuk. Namun beberapa warung bahkan restoran tengah mengembangkan sajian empal gepuk tak hanya berbahan dasar daging sapi. Kamu dapat menikmatinya berupa daging ayam, daging kambing hingga tempe bisa dijadikan olahan gepuk.

Advertisement
Tags
kuliner jawa barat Kuliner Nusantara kuliner sunda kuliner tradisional Wisata Kuliner Wisata kuliner Indonesia
Share