Ragam Kuliner Khas Oman yang Bisa Jadi Inspirasi untuk Lebaran, Nggak Hanya Opor Ayam

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Kuliner
Kuliner Khas Oman Kuliner Khas Oman

Oman merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Uni Emirat Arab dan juga Yaman. Karena hal itulah, kulinernya juga tidak jauh berbeda dengan negara-negara di Timur Tengah. Bisa banget menjadi inspirasi untuk santapan saat Idul Fitri tiba. Sesekali menyajikan kuliner yang berbeda ya, masak terus menerus opor ayam, lama-lama bosan kan? Yuk simak kuliner khas Oman yang bisa jadi inspirasi untuk lebaran.

Majboos Rice

Majboos Rice, via Instagram/happpy.tummmy
Majboos Rice, via Instagram/happpy.tummmy

Kuliner pertama yang bisa banget jadi inspirasi namanya adalah Majboos atau kabsa yang banyak sekali ditemukan di Oman. Olahan ini berbahan dasar beras basmati, sayuran, daging dan tentunya tak ketinggalan berbagai rempah khas Timur Tengah. Untuk penyajiannya, biasanya ditambah dengan irisan lemon, saus tomat, ataupun juga yogurt. Rasanya? Mantap sekali!

Harees

Harees, via Instagram/tragaldabaspro
Harees, via Instagram/tragaldabaspro

Harees masuk ke jajaran kuliner unik yang dimiliki oleh Oman. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah daging yang dicampur dengan gandum. Bisanya, dipadu padankan dengan saus spesial yang nikmat. Tekstur dari Harees ini mirip seperti bubur dan biasanya dihindangkan menggunakan mangkuk kecil. Cocok jadi hidangan pagi setelah melaksanakan shalat Idul Fitri.

Halwa

Halwa, via Instagram/the.floralplate
Halwa, via Instagram/the.floralplate

Halwa memang dikenal sebagai kuliner khas Oman yang pantas dicoba kenikmatannya. Ini merupakan pencuci mulut yang sangat populer saat Ramadan dan Idul Fitri. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat halwa mulai dari tepung tapioka, air, gula, dan juga pewarna makanan.

Halwa dahulu cenderung memiliki citarasa yang manis. Namun belakangan sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga rasanya, ada yang bebas gula juga.

Shuwa

Shuwa, via Instagram/dinewithdina
Shuwa, via Instagram/dinewithdina

Selanjutnya ada yang namanya Shuwa, ini merupakan kuliner yang biasanya memang disuguhkan untuk para tamu pada perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Pembatan Shuwa ini cukup memakan waktu, karena hal itulah biasanya orang-orang Oman akan mengonsumsinya pada lebaran hari kedua ataupun ketiga.

Shuwa ini adalah olahan daging yang dimarinasi terlebih dahulu menggunakan rempah-rempah, lalu dibungkus dan dikubur dalam oven pasir dibiarkan matang selama dua hari, sampai benar-benar meresap ke daging.

Itulah inspirasi hidangan lebaran dari berbagai kuliner khas Oman. Apakah ada salah satu yang pernah kamu coba sebelumnya?