Kuliner Khas Lebaran di Lampung yang Enaknya Bikin Mabuk Kepayang

Lampung merupakan salah satu provinsi yang tak jauh dari ibukota. Selain menempuh perjalanan udara yang cukup singkat, kamu juga bisa menaiki kapal laut untuk bisa sampai di sini. Nah, kamu yang berencana jelajah provinsi ini saat lebaran tiba, jangan lupa jajal makanan khasnya. Juga Kuliner Khas Lebaran di Lampung yang tak kalah nendang. Apa saja? Yuk, intip daftarnya berikut.

1. Lapis Legit

Lapis Legit
Lapis Legit via instagram/@ikurniawan05

Sesuai dengan namanya, kue satu ini memiliki cita rasa manis. Biasanya, sajian tersebut hadir saat lebaran tiba. Tak jarang saat acara hajatan dan pesta-pesta tertentu hadir. Kue yang terbuat dari tepung terigu, kuning telur, susu kental, serta mentega ini tergolong makanan mewah. Harganya juga terbilang lumayan. Namun, kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya kuliner khas lebaran di Lampung.

2. Segubal

Segubal
Segubal via instagram/@infolampung

Selain lapis legit, segubal menjadi salah satu kuliner yang selalu tersedia saat lebaran datang. Sajian ini terbuat dari beras ketan dan santan yang proses memasaknya membutuhkan waktu hingga 10 jam. Sekilas, bentuknya menyerupai lepet. Namun, sajian tersebut biasa disantap dengan opor ayam, rendang, hingga sayuran. Beberapa orang membuatnya dengan cara dikukus. Namun, tidak sedikit yang merebus bahkan membakarnya.

3. Kue Mistar

Ilustrasi Kue Nastar
Ilustrasi Kue Nastar via instagram/@d14n4_agustina

Menyajikan kue-kue kering saat lebaran sudah menjadi tradisi yang bertahan hingga saat ini. Begitu pula di Lampung. Kamu dengan mudah menemukan aneka sajian saat mampir ke rumah warga. Salah satu dari banyaknya kue yang tak lupa disajikan adalah kue mistar. Kue ini mirip nastar yang memiliki diameter 5 cm dengan selai nanas di tengahnya. Hanya berbeda ukuran saja, bukan?

4. Lempok Durian

Lempok Durian
Lempok Durian via insagram/@tjhiuwong

Kue lebaran berikutnya yang biasa disajikan oleh penghuni rumah untuk tamunya di Lampung adalah lempok durian. Beberapa orang mengenalnya dengan nama dodol durian. Sajian tersebut terbuat dari daging durian yang dicampur dengan gula merah. Adonan tersebut dikemas menyerupai dodol dengan warna kecokelatan. Selain untuk lebaran, lempok durian kini menjadi salah satu oleh-oleh khas Lampung yang terkenal. Saat liburan ke sini, kamu wajib coba, ya.

Nah, itulah kuliner khas lebaran di Lampung yang bisa kamu coba. Rasanya tidak hanya nendang, tapi juga bikin ketagihan. Jadi, sudah siap mudik tipis-tipis ke Lampung bukan?

Tags
Indonesia Kue Lampung Kuliner Lampung Lampung
Share