Liburan ke Lampung, Jangan Lupa Bawa Pulang 5 Oleh-oleh Ini

Lampung merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga ibu kota. Bukan hanya soal jarak yang dekat, keindahan provinsi ini juga mengagumkan. Menariknya, kuliner Lampung juga bikin ketagihan. Begitu pula dengan buah tangannya. Nah, kamu yang berniat untuk liburan ke sini, ada rekomendasi oleh-oleh Lampung yang bisa bawa pulang. Jangan lupa dicatat ya!

1. Kemplang

Kemplang dengan sambal
Kemplang dengan sambal via instagram/@snacks_bdl

Oleh-oleh Lampung yang bisa kamu bawa pulang dengan praktis adalah kemplang. Jajanan ini berupa kerupuk yang terbuat dari ikan dengan campuran tepung tapioka. Bentuknya bulat pipih dan berwarna putih. Biasanya kemplang disajikan dengan sambal petis. Buah tangan ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh. Kemasannya juga sudah rapi, dalam wadah plastik.

Kemplang, oleh-oleh Lampung yang praktis
Kemplang, oleh-oleh Lampung yang praktis via instagram/@jualoleholehkhaslampung

2. Kopi Robusta Lampung

Kopi Bubuk Sinar Baru, Lampung
Kopi Bubuk Sinar Baru, Lampung via instagram/@buahtanganlampung

Kamu pecinta kopi? Buah tangan yang paling pas untuk dibawa pulang adalah kopi robusta. Tak berbeda dengan jenis kopi Sumatera lain, robusta Lampung memiliki aroma yang khas. Tekstur lembutnya, sementara rasa pahitnya sangat sempurna. Salah satu merek kopi yang terkenal di sini adalah Kopi Bubuk Sinar Baru cap Bola Dunia. Dikemas rapi yang bisa dibawa pulang tanpa ribet.

Kopi Bubuk Sinar Baru
Kopi Bubuk Sinar Baru via instagram/@arierhobby

3. Lampung Banana Foster

Banana Foster, kuliner Lampung yang bisa dijadikan oleh-oleh
Banana Foster, kuliner Lampung yang bisa dijadikan oleh-oleh via instagram/@bananafosterlampung

Tak hanya Malang, Surabaya, dan Bandung, ternyata di Lampung juga ada kue kekinian yang dikelola oleh artis ibu kota. Salah satunya adalah Lampung Banana Foster milik Hengky Kurniawan. Oleh-oleh Lampung yang kekinian ini menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Pilihan rasa yang ditawarkan juga menarik, seperti karamel, keju, cokelat, kacang, hingga nutella. Nah, kamu yang tertarik bisa langsung mampir ke gerainya di Jalan Wolter Mongosidi N0. 115.

Lampung Banana Foster rasa Cokelat
Lampung Banana Foster rasa Cokelat via instagram/@bananafosterlampung

4. Lampung Bona Cake

Bona Cake di Lampung
Bona Cake di Lampung via instagram/@lampungbonacake

Kuliner Lampung ini bukan milik artis, tapi kepopulreannya tak diragukan lagi. Bona cake ini merupakan kue dengan bentuk bundar yang menyerupai japanese cheesecake. Jajanan yang dijual di Jalan Raden Intan No. 99 ini memiliki banyak varian rasa, mulai dari cheese delight hingga fresh lemon. Meski keju menjadi bahan yang mendominasi, tapi rasanya tak bikin enek. Apalagi varian rasa buah yang disantap dalam kondisi dingin.

Lampung Bona Cake
Lampung Bona Cake via instagram/@lampungbonacake

5. Gading Cake

Gading Cake Lampung
Gading Cake Lampung via instagram/@gadingcakelampung

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh ini diproduksi oleh Gading Marten. Kue kekinian ini memiliki bentuk persegi panjang dengan tiga lapisan unik, yaitu dua sponge cake dan pastry renyah. Ketiga lapisan ini dipisahkan filling cream yang meleleh di mulut. Menariknya lagi, ada banyak varian rasa seperti banana bedana, tapis tiramisu, hingga cheese siger. Penasaran kan?

Gading Cake Lampung, Rasa Cokelat
Gading Cake Lampung, Rasa Cokelat via instagram/@gadingcakelampung

Itulah dia oleh-oleh Lampung yang bisa dibawa pulang tanpa ribet. Kemasannya juga rapi dan praktis. Selain berburu buah tangan, jangan lupa pula mencicipi kuliner Lampung yang legendaris. Seperti pindang baung, contohnya.

Tags
Bandar Lampung Indonesia Kuliner Oleh oleh Lampung
Share